Beauty

5 Kandungan Yang Harus Diperhatikan Dalam Produk Skincare

  by: Astriana Gemiati       8/1/2021
  • Mulai dari hyaluronic acid yang melembapkan agar kulit tetap terasa lembut dan kenyal, hingga vitamin C yang bantu mencerahkan, dan retinoid untuk mengatasi anti-penuaan, coba cek segera bahan-bahan produk skincare kamu  apakah sudah memiliki campuran yang tepat!


    Berikut 5 kandungan yang harus diperhatikan dalam produk skincare kamu:




    1. Hyaluronic acid

    via GIPHY


    Hyaluronic Acid atau HA adalah molekul ajaib untuk hidrasi. Ini bantu menahan air ribuan kali beratnya sendiri untuk membuat kulit wajah terlihat lebih kenyal dan terkesan plump. Dan, disarankan untuk digunakan setiap hari di pagi hari agar mendapatkan manfaat penuhnya. HA adalah keharusan setelah prosedur seperti chemical peels dan derma roller karena dapat menembus lebih dalam dan meningkatkan hasil perwatan ini serta mempercepat pemulihan.


    2. Sunscreen (SPF)

    Tabir surya adalah satu-satunya hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kulit kamu. Menerapkan tabir surya setiap hari berarti menunda photo ageing dan mengurangi risiko kanker kulit. Mengoleskan tabir surya juga dapat mencegah pigmentasi tidak merata pada wajah.


    3. Salicylic acid

    Salicylic acid adalah asam beta hidroksi yang memiliki afinitas tinggi terhadap sebum. Ini dapat membersihkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih sehingga mencegah munculnya jerawat dan meminimalkan ukuran pori-pori. Ini bagus sebagai pengelupasan kecil di rumah. Jenis salicylic tersedia dalam bentuk cleansers, toners, dan gel.


    4. Retinoids

    via GIPHY



    Molekul anti penuaan paling akhir. Ini bantu meningkatkan pergantian sel, memastikan warna kulit lebih merata, tekstur lebih halus, dan mengurangi fine lines. Ada baiknya ini digunakan setelah memasuki usia 30an dan harus digunakan sebagai molekul perbaikan di malam hari. Namun, kulit juga membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan molukel ini. Dan, Cosmo menyarankan agar menggunakannya secara perlahan-lahan dengan tingkatan waktu pada saat aplikasi. Cara lain yang baik untuk mengalahkan sensitivitas adalah dengan menggunakan metode yang dikenal sebagai “Retinoid sandwich”, yang berarti oleskan pelembap terlebih dahulu lalu diikuti dengan retinoid, dan kemudian gunakan pelembap kembali.


    5. Vitamin C

    Antioksidan yang sangat kuat. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi, serta mencerahkan kulit. Harus diaplikasikan sebagai lapisan pertama setelah mencuci muka di pagi hari.





    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected], [email protected] / Layout: S. Dewantara )