Beauty

Skinimalism: Makeup Dewy & Simpel yang Jadi Tren Beauty 2021

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/1/2021
  • Mungkin disebabkan oleh pandemi yang membuat kita lebih jarang memakai makeup—kita lebih sering di rumah, ada pula yang malas memakai riasan wajah di bawah masker, dan cukup banyak orang mulai mengalami maskne—tapi apa pun alasannya, salah satu tren kecantikan yang diprediksi akan populerpada tahun 2021 adalah skinimalism.

    Sesuai tebakanmu, skinimalism adalah gabungan dari ‘skin’ (kulit) dan ‘minimalism’ (minimalisme). Menurut data dari situs media sosial Pinterest, di tahun ini semakin banyak orang akan beralih ke gaya makeup yang lebih minim, fokus pada penampilan yang simpel, effortless, dan lebih memamerkan tekstur kulit asli. Punya jerawat, bintik-bintik, kemerahan pada kulit, atau "ketidaksempurnaan" kulit lainnya? Show them all! Justru gaya makeup ini mendorong kamu untuk lebih nyaman dengan kondisi, warna, dan tekstur kulitmu. Pinterest sendiri mengungkapkan bahwa pencarian ‘natural everyday makeup’ selama setahun terakhir meningkat sebanyak 180%. Wow…

    Namun ini bukan berarti makeup tidak akan dibutuhkan. Kemungkinan kamu butuh lip balm, lip gloss, maskara alis, dan highlighter untuk menciptakan hasil akhir dewy dan bersinar, bukan full coverage dengan hasil akhir matte seperti tren beberapa tahun terakhir ini. 



    Selain itu, tampaknya gaya makeup minimalis dan natural ini sudah terbukti populer di runway Spring/Summer 2021 yang digelar pada akhir tahun lalu. Jadi kalau kamu ingin mencoba tren kecantikan terbaru ini, sekarang adalah waktu yang tepat. Intip inspirasi gaya skinimalism dari berikut ini.


    Bare It All

    Di runway Spring/Summer 2021, para model Sportmax tampil dengan gaya makeup yang suuuper natural—bisa dibilang terlihat seakan-akan tidak memakai makeup sama sekali! Untuk meniru penampilan mereka tanpa terlihat pucat, kamu bisa memulaskan sedikit bronzer pada pipi dan memberi sedikit corak pink muda pada bibir.


    Less Is In

    Runway Alberta Ferretti pada Spring/Summer 2021 lalu juga menampilkan model dengan makeup minimalis. Sedikit warna coral pada bibir, serta sedikit eyeshadow cokelat di sudut mata bagian luar saja sudah cukup!



    Fresh from the Ocean

    Versace memilih tema 'mermaid' untuk Spring/Summer 2021, jadi wajar saja jika semua modelnya tampil dengan wet look yang membuat kulit mereka tampak sungguh segar dan bersinar.



    Low-maintenance

    Terlambat bangun sehingga tidak sempat merias wajah? Atau mungkin sedang tidak mood menggunakan riasan wajah yang tebal? Cukup sisir alis, gunakan lip balm, dan bubuhkan sedikit blush on pada pipi. No, tak perlu membuat eye makeup yang ribet. Manfaatkan kacamata berwarna ala Blumarine Spring/Summer 2021!



    All Over Shine 

    Kalau merias wajah dengan berbagai produk sudah menjadi rutinitas sehari-hari yang sulit dilepaskan (karena sejujurnya kamu menganggap rutiitas tersebut terapeutik, benar?), coba tiru tampilan makeup yang satu ini. Kamu masih bisa memakai semua produk yang kamu miliki, mulai dari foundation hingga highlighter, tapi pastikan hasil akhirnya dewy! Hindari produk yang akan menciptakan hasil akhir matte.

    Baca juga: Dolphin Skin, Tren Makeup Baru untuk Tampilan Super Glowing





    Don't Hide It

    Mungkin beberapa orang memang gemar memakai produk complexion seperti foundation dan concealer. Tapi kalau kamu bukan tipe orang yang seperti itu, melewatkan produk-produk tersebut bukan masalah. Tidak peduli berapa banyak freckles yang kamu miliki, atau seberapa besar freckles pada kulit wajahmu, tunjukkan pada dunia bahwa, hey, bercak ini adalah bagian dari dirimu! 



    Seriously, Don't Hide It!

    Hal yang sama berlaku untuk jerawat. Just let it breathe! Kalau ingin jerawat bebas dari gangguan makeup, cukup gunakan maskara dan face mist saja agar wajah tampak segar dan ready



    Glow, Baby, Glow

    Red lips + coral cheeks + champagne highlighter = yang kamu butuhkan untuk tampil bersinar dengan sentuhan flirty ala Sarah Ayu!



    Makeup? What Makeup?

    Sekilas kamu tak akan mengira bahwa model Evelina Lauren memakai makeup di foto ini. Tapi coba perhatikan baik-baik, ia menggunakan sedikiiiit bronzer dan blush on bercorak coral pada pipi, dan menebalkan garis bulu mata secara halus dengan eyeshadow cokelat muda. 



    Sun-kissed

    Memakai highlighter dan lip gloss di hari yang cerah adalah pilihan yang tepat. You'll glooooow!




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Rhani Shakurani / Instagram/sportmax, Instagram/irinashayk, Instagram/annahstasia)