Lifestyle

Wajib Baca! Daftar Novel Laris dari Lokal dan Internasional

  by: Givania Diwiya Citta       10/1/2021
  • Selamat, kita sudah memasuki tahun yang baru! Tak ada salahnya untuk mengapresiasi semua roller coaster selama setahun ke belakang, karena, hei, jangan lupakan bahwa tahun lalu pun kita dianugerahi sederet karya hebat yang mewarnai hidup serta dunia literatur, lho. Jadi mari rayakan buku major hits dari para penulis laris perempuan lokal serta internasional, sebagai bekal inspirasi, motivasi, dan harapan kekuatan untuk masa mendatang. Simak daftarnya berikut ini!


    Misteri Terakhir 

    oleh S. Mara Gd. 




    Who’s the big hitter?


    Penulis novel detektif kriminal dan drama sejak tahun 1984 yang awalnya bekerja untuk menerjemahkan novel karya Agatha Cristie, dan kini ia pun telah merilis lebih dari 70 karya cerita misteri dan thriller!

    What’s the plot?

    Sebagai kisah pamungkas dari serial rangkaian misteri yang diusut karakter Kapten Polisi Kosasih dan Gozali, Misteri Terakhir yang dirilis dalam tiga buku trilogi ini menjadi penutup catatan prestasi pasangan duo penegak hukum tersebut. Lewat kasus pembunuhan di kamar 408 Hotel Mirah Delima, apakah keduanya bisa mengungkap keadilan dan kebenaran seperti yang selalu mereka dedikasikan selama ini? Read it to get the thrill.

    (Gramedia.com, harga: Rp98.000,-.) 


    Shine 

    oleh Jessica Jung 


    Who’s the big hitter?

    Jessica. Jessica yang merupakan mantan personil SNSD itu. Jessica sang bintang K-Pop. Jessica, idola para perempuan di berbagai belahan dunia itu (!!!).

    What’s the plot?

    Inilah debut perdana Jessica dalam dunia literatur setelah ia mengundurkan diri dari grup idola K-Pop yang membesarkan namanya. Shine adalah novel young adult (yang dilansir para penggemar bahwa ini sekaligus buku semi-biografi Jessica) yang mengisahkan seorang perempuan muda saat mengarungi industri hiburan K-Pop, dan apa yang sebenarnya terjadi pada hidup sang “idola”. Ehm, karakter dalam Shine bahkan sedikit banyak merefleksikan Jessica, lho, jadi bacalah untuk lebih memahami dunianya!

    (Gramedia.com, harga: Rp130.000,-.) 


    Midnight Sun 

    oleh Stephenie Meyer 


    Who’s the big hitter?

    Apakah Cosmo *benar-benar* harus menjelaskan siapa sang penulis ini? OKE, ia adalah pencipta lamunan kamu semasa remaja, yang bikin kamu ingin punya romansa dengan vampir bak dongeng.

    What’s the plot?



    Sebagai lanjutan dari saga Twilight, novel ini mengambil perspektif Edward Cullen dalam menceritakan narasi kehidupannya yang mulai berubah sejak mengenal Bella Swan. Jika kita telah mengenal karakter Edward yang sangat berhati-hati namun lembut, tapi sekaligus penuh afeksi, maka lewat novel ini, kita akan dibawa menyelami segala pemikiran complicated namun indah milik Edward. Bersiap untuk mendapatkan sensasi emosi (tawa, tangis, tegang, tersipu) seperti menaiki roller coaster saat membaca pikiran bukunya!

    (Periplus.com, harga: Rp295.000,-.) 


    Ganjil Genap 

    oleh Almira Bastari 


    Who’s the big hitter?

    Penulis karya Metropop laris di Indonesia, seperti Resign! dan Melbourne Wedding Marathon. You know you knew her.

    What’s the plot?

    Berlatar di Jakarta, karakter bernama Gala sedang kelabakan mencari jodoh karena ia baru saja putus dari hubungan selama 13 tahun, dan karena adiknya akan melangkahinya untuk menikah. Dibantu sedikit sahabatnya, ia pun mencari-cari sang the one lewat berbagai cara, mulai dari aplikasi kencan sampai perpanjangan mutual friends (yang justru semakin menantang berkat lingkaran pertemanan yang tak seluas ibukota Jakarta itu). Namun yang lebih mengesankan, novel ini mengemas makna menjadi perempuan yang berdaya di era modern, di mana stigma yang cenderung ‘negatif’ pada perempuan lajang masih kerap menempel di masyarakat.

    (Gramedia.com, harga: Rp95.000,-.) 


    Uncanny Valley 

    oleh Anna Wiener 


    Who’s the big hitter?

    Seorang anggota generasi milenial yang – seperti kita semua – mencari makna kehidupan sebagai perempuan dan individu di era digital ini.

    What’s the plot?

    Inilah memoar Anna yang menceritakan perjalanannya dalam bertahan hidup di Silicon Valley, setelah ia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan di penerbitan buku demi mengejar idealisme industri ekonomi digital yang menjanjikan. Selama beberapa tahun tinggal di San Francisco dan bekerja di sebuah startup yang mengolah big-data, Anna menjalani gagasan gaya hidup tipikal: Kemewahan, kesuksesan, ambisi penuh, hingga yang jarang terekspos, dominasi dalam seksisme dan kekuasaan politis. Lewat narasinya, kita dibawa mengarungi perjalanan coming-of-age Anna (yang kerap kali relatable), sekaligus menyaksikan kultur masif yang terjadi di jantung The Valley.

    (Periplus.com, harga: Rp249.000,-.) 


    (Givania Diwiya / FT / Images: Goodreads.com / Layout: Rhani Shakurani)