Lifestyle

Wajib Tonton! Daftar Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa

  by: Givania Diwiya Citta       11/1/2021
  • Saat kamu mencari film untuk kabur sejenak dari kenyataan, tak ada yang lebih baik selain menonton genre fantasi. Coba saja bayangkan masuk ke dunia di mana kamu seolah bisa ikut menggunakan tongkat sihir dan jubah bertudung, rasanya seperti hidup di dunia fantasi terbaik – bahkan film-film fantasi banyak yang populer dari era klasik ’80an, bahkan dijadikan franchise besar-besaran, atau juga jadi permata tersembunyi yang memukau saat ditonton. Apalagi jika filmnya melibatkan naga, dan sebagainya.


    Bagi kamu, fantasi apa yang sempurna? Apakah cerita tentang putri dan pangeran, atau para kaum penyihir? Apakah melibatkan perang pedang, atau justru romansa yang sangat mengharukan? Apakah harus ada karakter yang quirky, atau yang epos seperti perang melawan kejahatan? Semua yang kamu butuhkan ada di film-film fantasi, yang dunia nyata ini tak miliki.




    Banyak orang yang mengklaim bahwa Star Wars adalah termasuk film fantasi, bukan fiksi ilmiah… tapi rasanya tak selamanya salah juga, kok. Jadi, film fantasi adalah yang memiliki serpihan magis, baik sedikit atau banyak. Bajak laut dan vampir juga bisa jadi fantasi meski mereka tak meminum ramuan apapun atau membunuh naga. Siap-siap untuk menyimpan artikel ini, karena berikut adalah film fantasi terbaik yang tak akan bisa kamu debat – sama sekali.



    Labyrinth (1986)


    Ada the muppets di sini, tapi ada juga performa menghipnotis dari David Bowie.


    The Wizard of Oz (1939)


    Film klasik ini tetap bertahan jadi salah satu cerita petualangan penuh fantasi sepanjang masa, lengkap dengan dunia fantasi yang memukau.


    The Lord of the Rings: The Two Towers (2002)


    Mengapa harus yang satu ini dan bukan Fellowship of the Ring atau Return of the King? Sederhana! Karena film ini berada di tengah-tengah petualangan dan tak punya 10 akhiran. Ada sihir, pedang, DAN para kuda!


    Harry Potter and the Order of the Phoenix (2007)


    Mengapa harus yang ini dan bukan...tujuh film lainnya? Karena di akhir cerita, Harry Potter adalah keseluruhan cerita tentang anak-anak yang melawan kejahatan, dan apa yang lebih menghibur ketimbang tentara Dumbledore yang melawan Dolores Umbridge? Inilah saat Harry benar-benar jadi seorang pahlawan bagi teman-temannya.


    Kiki’s Delivery Service (1989)


    Ada banyak film animasi fantasi sempurna dari Studio Ghibli, dan cerita yang mengagumkan satu ini adalah tentang penyihir muda yang sedang mencari tempatnya di dunia. Film ini juga menceritakan tentang side hustle, jadi Cosmo respek.


    The Princess Bride (1987)


    Cosmo jelas menyukai hal-hal lucu. Dan masih sedikit film fantasi yang bisa selucu dan seromantis ini, jadi ini adalah sepaket dari tiga hal bagus.


    Mary Poppins (1964)


    Yang pertama yang dibutuhkan film fantasi adalah keajaiban, dan masih sedikit karakter fiksi yang belum seajaib Mary Poppins.


    The Hunger Games: Catching Fire (2013)


    Sejauh ini, film fantasi yang berlatar dunia setelah kiamat adalah serial kedua dari The Hunger Games, yang mampu menceritakan tentang pembangunan dunia. Tak seperti Oz, Neverland, dan Narnia, Panem bukanlah dunia fantasi yang kita ingin kunjungi (karena agak sedikit terasa nyata), tapi tetap saja film ini sukses bikin kita berimajinasi.


    Twilight (2008)


    Tak ada sekuel Twilight Saga lain yang punya kesenangan mendasar: Baseball. Jika kamu menyukai film-film dari Twilight Saga, maka kamu tak butuh diyakinkan lagi untuk menonton. Tapi jika kamu kurang menyukainya, Cosmo rekomendasikan untuk menonton ulang. Karena film ini nyatanya lucu dan bagus, kok.




    A Wrinkle in Time (2018)


    Adaptasi Ava DuVernay dari buku favorit era masa SMP ini akan terasa sangat aneh tapi sangat jarang dibicarakan populer. Padahal film ini mengangkat pesan feminisme, lalu juga ada Chris Pine yang sukses memerankan seorang ayah yang bersedih hati.


    Thor (2011)


    Kalau kamu mau melabeli semua film Marvel itu fantasi, maka yang terbaik dari daftar itu adalah Thor, karena ia punya kombinasi Shakespeare yang bertemu dengan nuansa Game of Thrones. Para pahlawan super sangat sibuk di era modern ini, jadi kamu pasti akan menikmati cerita yang mengungkapkan asal-usul mereka.


    Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971)


    Tak hanya ini adalah salah satu film fantasi terbaik sepanjang masa, tapi film ini juga membuat kita mengapresiasi betapa kesungguhan itu dibutuhkan untuk menghadapi dan mengajari anak-anak. Film ini memang tampak kacau, sih, tapi berhasil bikin kita kagum.


    Jupiter Ascending (2015)


    Film ini punya sedikit fiksi ilmiah tapi juga unsur fantasi, karena mereka pergi ke luar angkasa, tapi juga sebenarnya menceritakan kisah sederhana tentang pangeran, putri-putri, dan penyihir. Film ini tak memiliki kapal luar angkasa dan pedang laser, kok.


    Coco (2017)


    Cosmo tak bisa panjang-panjang menjelaskan film animasi fantasi indah dari Disney ini karena Cosmo sibuk menangis menontonnya.


    Beauty and the Beast (1991)


    Cosmo tak akan membahas versi live-action remake apapun. Tonton saja yang klasik.


    Matilda (1996)


    Film ini akan seperti Carrie kalau semua hal berlangsung benar.


    Stardust (2007)


    Apakah ada yang ingat dengan film ini???? Film ini sangat bagus, lho, tentang petualangan romantis dan tentu saja hal-hal ajaib.


    Pan’s Labyrinth (2006)


    Guillermo del Toro sangat hebat dalam membuat film fantasi, dan yang satu ini adalah karya agungnya.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Outnow.com / Leah Marilla Thomas)



    tags: film fantasi