Beauty

10 Alasan Untuk Mulai Gunakan Shea Butter Sekarang!

  by: Astriana Gemiati       10/1/2021
    • Selain bermanfaat untuk tetap menjaga agar kulit tetap lembap, shea butter juga memiliki banyak khasiat lainnya, lho!
    • Ini dia 10 alasan untuk mulai gunakan shea butter sekarang.


    Selain wangi dan melembapkan, shea butter adalah tambahan yang baik untuk rutinitas skincare dan haircare kamu. Pakar kecantikan, kesehatan, dan anti-penuaan, Dr Geeta akan menjelaskan bagaimana tepatnya kamu dapat melakukan hal itu. Untuk tahu manfaat shea butter dan rekomendasi produk favorit Cosmoklik, di sini! 




    Ini dia 10 alasan untuk mulai menggunakan shea butter dalam perawatan kulit kamu!



    1. Shea butter untuk kesehatan

    Shea butter sangat bermanfaat untuk kesehatan selain kulit dan rambut. Ini biasanya digunakan dalam berbagai kosmetik dan medicinal formulas. Shea butter sebenarnya keajaiban alam bagi orang-orang dan sangat cocok digunakan di berbagai cuaca.


    2. Untuk mencegah stretch mark

    Shea butter memiliki kualitas terapeutik (terapi) dan sangat efektif untuk menyembuhkan banyak masalah kulit seperti ruam kulit, tanning, stretch mark, luka bakar, kutu air, dan kelelahan otot. Ini memiliki potensi penyembuhan yang besar untuk kulit. Shea butter dianggap bisa sebagai obat utama untuk semua jenis masalah kulit.


    3. Untuk penyembuhan (healing)

    Shea butter terdiri dari asam lemak yang membantu kulit untuk menjaga kelembapan dan merevitalisasi sel kulit. Ini akan memberikan kelembapan penting pada kulit dan membuatnya terasa lembut seperti kulit bayi tanpa ruam. Ini juga dapat membantu menjaga kulit kamu terlihat muda dan lembap. Shea butter dianggap sebagai superfood untuk kulit. Sangat cocok untuk kulit sensitif dan bekas luka, serta juga mempercepat pembaruan sel. Shea butter telah digunakan sejak jaman dahulu untuk perawatan kulit dan perawatan bayi, dan dapat memelihara kulit dari dalam dan melindunginya dari kekeringan.


    4. Melindungi dari sinar UV

    Shea butter terdiri dari banyak antioksidan seperti vitamin A dan E. Kedua vitamin ini bantu melindungi sel dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan. Hasilnya, membuat kulit terasa tetap lembap dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya, serta kerusakan sehari-hari dari cuaca yang ekstrim, dingin, sekaligus polusi.


    5. Untuk kulit sensitif

    Shea butter juga memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa. Ini sering digunakan sebagai bahan dasar salep obat karena sifat penyembuhannya. Shea butter juga membantu dalam memperbaiki perubahan warna kulit, bibir pecah-pecah, stretch mark, dan bintik hitam. Karena kandungan vitamin A yang tinggi, sangat bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan dan desinfeksi, serta bantu menenangkan alergi kulit dan gigitan serangga. Seseorang bisa mendapatkan hasil yang efektif dalam 10 hari. Sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif.


    6. Manfaat anti penuaan

    Shea butter terdiri dari sifat anti penuaan dan pelembap untuk kulit, serta bantu meremajakan produksi kolagen. Berkhasiat membuat kulit tampak lebih kenyal, bergizi, dan tampak bercahaya, sekaligus bantu mencegah keriput dan penuaan dini. Sifat shea butter yang mudah meresap ke dalam kulit tanpa menyumbat pori-pori, sangat efektif untuk kulit kering.


    7. Perawatan bibir

    Kamu bisa menggunakan lip balm dengan kandungan shea butter. Selain mudah menyerap dan memberikan kelembapan ekstra yang dibutuhkan selama musim hujan atau dalam kondisi cuaca yang kering. Dengan demikian, shea butter akan bertindak sebagai lip balm yang sempurna dan efektif untuk merawat bibir kering dan terasa pecah-pecah.




    8. Sebagai perawatan rambut

    Shea butter dapat melakukan keajaiban untuk rambut yang telah rusak karena pewarnaan, pengeringan rambut, dan polusi. Ini sama efektifnya dalam menenangkan kulit kepala kering yang gatal atau ketombe. Shea butter juga membantu dalam memulihkan kelembapan dan vitalitas rambut yang telah rusak akibat cuaca, angin, polusi, dan kekeringan yang ekstrim. Selain itu, shea butter juga bantu melindungi rambut dari garam dan klorin saat diterapkan sebelum berenang.


    9. Sebagai kondisioner rambut

    Karena shea butter pada dasarnya tidak berminyak, dan sangat bagus untuk melembutkan rambut yang kering, rusak, serta rapuh. Seseorang bisa mendapatkan rambut yang lembut dan halus dengan memijat rambut dengan banyak shea butter yang dioleskan dua kali seminggu untuk pertumbuhan, memperbaiki tekstur, serta melembapkan rambut. 


    10. Olahan makanan

    Shea butter bisa digunakan untuk persiapan makanan. Keuntungan dari menambahkan shea butter ke dalam diet adalah mampu bantu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ekstrak shea butter dalam minyak untuk memasak. Kandungan lemak sehat, antioksidan, senyawa anti-inflamasi menjadikannya pilihan yang baik. Atau, jadikan juga shea butter menjadi mentega untuk olesan roti hingga makanan berat kamu. Hmm.. yummy!






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )