Lifestyle

Daftar Buku Dan Novel Yang Bercerita Kekuatan Perempuan

  by: Givania Diwiya Citta       12/1/2021
  • Kali ini, daftar bacaan Cosmo penuh dengan cerita tentang kekuatan perempuan. Kumpulkan squad untuk mendiskusikan buku-buku ini (secara virtual, oke), dan mari saling berbagi kekuatan untuk menyambut the new dawn!


    Small Fry 

    oleh Lisa Brennan-Jobs 




    Who’ll love it?


    Pencinta memoar yang mendamba kisah hidup menyentuh!

    What’s it about?

    Sebagai putri dari seniman Chrisann Brennan dan seorang inventor Steve Jobs, Lisa Brennan-Jobs memiliki masa kecil yang non konvensional. Dengan latar Silicon Valley yang secara progresif terus bertransformasi, Lisa pun memiliki ‘rumah’ dengan dua dunia yang luar biasa berbeda. Semasa kecil, Lisa hanya mengenal sosok sang ayah sebagai figur mistis yang kehadirannya jarang dirasa dalam kehidupannya. Namun setelah Lisa masuk SMA dan tumbuh jauh dari sang ibu, Lisa kembali mengunjungi dunia sang ayah dan mulai mengenal definisi mansion, liburan mewah, dan kehidupan sekolah swasta, hingga memberikan kesempatan pada Steve agar berperan menjadi sosok orangtua yang sebenarnya ingin dilakoninya. Memoar Lisa memberi sudut pandang baru tentang kebesaran hati seorang anak yang berdamai dengan masa lalunya, dan menarasikan surat cinta untuk keluarganya, untuk California, dan untuk era ’70an dan ’80an yang tak tergantikan. 

    (Mizanstore.com, harga: Rp99.000,-.) 


    Sunny Everywhere 

    oleh Sunny Dahye 


    Who’ll love it?

    Para pembaca yang menyukai ilustrasi eye-pleasing dan tulisan ringan yang memuat nilai hidup.

    What’s it about?

    Sunny Dahye memaparkan dua lini waktu dalam hidupnya: Masa lalu dan masa kini. Jika sekarang ia dikenal lekat dengan menu sarapan mewah, menginap di hotel luks, dan menjelajah negeri lintas benua, ia justru menerangkan sisi manusia biasa miliknya yang juga diisi keraguan, kegagalan, penyesalan, dan semua yang tak tampak indah dari kehidupan di layar ponsel penontonnya. Secara personal, ia memaparkan tentang dirinya dan latar belakang keluarganya, serta perjuangannya untuk mengelola hidup lewat berbagai pembelajaran dalam kehidupan.

    (Gramedia.com, harga: Rp102.000,-.) 


    Frankly in Love 

    oleh David Yoon 


    Who’ll love it?

    Penyuka cerita cinta young-adult penuh twist kebudayaan dan humor khas Amerika.

    What’s it about?



    Ini adalah cerita dua anak SMA bernama Frank Li dan Joy Song yang merupakan Limbo – sebutan untuk anak-anak berdarah Korea-Amerika di California. Dalam keluarga mereka masing-masing, masih terdapat peraturan ketat untuk mengencani sesama darah Korea saja. Padahal, keduanya jatuh cinta dengan crush Amerika mereka masing-masing. Akhirnya, keduanya membuat skenario menjadi sepasang kekasih di hadapan keluarga, namun hubungan palsu ini malah menjadi manuver bagi keduanya untuk benar-benar mempertanyakan arti cinta, hingga mencari jati diri. Konflik tradisi budaya dalam keluarga yang rasanya terkadang relatable pun menjadi segar berkat diulik lewat sudut pandang generasi selanjutnya dari para perantau.

    (Gramedia.com, harga: Rp99.000,-.) 


    Little Women

    oleh Louisa May Alcott


    Who’ll love it?

    Literally. Everyone.

    What’s it about?

    Novel klasik ini tak pernah lekang waktu dan tak akan kehilangan pamornya hingga generasi demi generasi mendatang. Ah… inilah cerita tentang Meg, Jo, Beth, Amy bersaudara yang bersama-sama mengarungi petualangan hidup dengan latar pasca Perang Sipil Concord, Massachusetts. Novel yang disebut sebagai karya paling realistis di antara karya literatur abad ke-19 lainnya ini sukses memberi potret empat karakter perempuan kuat yang tak hanya memberi kita kehangatan, namun juga menggerakkan kita akan konsep meraih mimpi dan idealisme. Tak ada salahnya untuk berinvestasi dengan novel tentang kekuatan perempuan ini, apalagi kini dengan sampul dari film pemenang Oscar arahan Greta Gerwig, untuk diwariskan pada perempuan kuat selanjutnya.

    (Mizanstore.com, harga: Rp79.000,-.) 


    Suri 

    oleh Anis Kurniasih 


    Who’ll love it?

    Penggemar dongeng yang dikemas dalam prosa puitis dan ilustrasi yang bewitching.

    What’s it about?

    Inilah sekumpulan cerita, mitos, bahkan tabu yang kerap diwariskan dari generasi ke generasi, khususnya di tanah Jawa yang mengedepankan ajaran tentang etika serta perilaku dalam menjalani hidup. Digarap oleh Anis, seniman kontemporer muda dari kota Solo, buku artistik ini memaparkan semua dongeng dan cerita yang dituturkan langsung oleh neneknya yang hidup hingga 102 tahun. Women power transcends over generations, indeed!

    (Afterhoursbookshop.com, harga: Rp500.000,-.) 


    (Givania Diwiya / FT / Images: Dok. Mizan Publishing, Dok. Gramedia Pustaka Utama, Dok. Afterhours Book / Layout: Rhani Shakurani)