Lifestyle

5 Cara Mudah Membuat Mandi Jadi Lebih Menenangkan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       9/1/2021
  • Sejujurnya, WFH membuat saya lebih jarang mandi. Yes, saya mengakuinya, dan pasti tidak sedikit dari kalian pun kini memiliki kebiasaan (buruk) yang sama, benar? Setiap ingin mandi saya bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu, “Untuk apa? Memangnya mau ke mana? Besok juga bisa, kok.” Dan tentu saja pemikiran tersebut membuat saya semakin malas, lol.

    Padahal kalau dipikir-pikir, mandi adalah kegiatan self-care paling mudah (dan aman) yang bisa dilakukan sekarang ini. Kamu tidak perlu pergi ke luar rumah. Tinggal pesan perlengkapan mandi secara online, dan kamu bisa langsung mengubah kamar mandi menjadi DIY spa yang relaxing. Ini cara mudah kamu bisa membuat rutinitas mandi menjadi lebih menenangkan:



    Pick a Playlist

    Lagu pop, suara ombak, white noise, ASMR… Mainkan lagu atau suara apa pun yang bisa melepaskan pikiran negatif dan membuatmu lebih relaks. Tips dari Cosmo: buat sebuah playlist yang berisi lagu atau suara menenangkan khusus untuk kamu mandi, jadi kamu bisa langsung putar playlist tersebut sebelum ~ritual~ dimulai. Ingat: tak perlu terburu-buru, just enjoy the sound!




    Light a Candle

    Apa yang bisa meringankan pikiran? Aroma kesukaanmu, of course. Maka dari itu, sekitar 15 hingga 30 menit sebelum kamu mandi, coba nyalakan lilin favoritmu di dalam kamar mandi agar kamu merasa lebih santai saat membersihkan diri dari ujung kepala sampai ujung kaki. Hanya dengan bantuan lilin aromaterapi, dalam sekejap kamar mandimu bisa menjadi seharum spa. Who can say no to that?

    Baca juga: Rekomendasi Lilin Aromaterapi yang Bernuansa Pantai


    Add Some Oils

    Selain bisa dioleskan pada tubuh dan di-diffuse, minya esensial alias essential oils juga bisa diteteskan ke dalam air mandi. Siapkan air untuk berendam di dalam bath tub dan teteskan enam sampai delapan tetes essential oils (atau sesuai petunjuk produk). Kamu juga bisa menggunakan diffuser agar essential oils bisa mengharumkan kamar mandi, sebagai alternatif lilin aromaterapi.




    Soak in Bath Tea

    Pernah mendengar ‘bath tea’? No, ini bukanlah minuman teh spesial untuk dikonsumsi saat mandi. Pada dasarnya, bath tea adalah kombinasi bunga serta tumbuhan yang telah dikeringkan, garam Epsom, dan minyak esensial yang dikumpulkan di dalam kantong kain—seperti teh! Cara menggunakannya pun mirip dengan teh. Kamu bisa langsung mencelupkannya ke dalam bath tub, atau bisa juga menggantungkan kantong tersebut pada keran, sehingga air yang mengalir akan tercampur dengan bath tea. Tonton video berikut ini untuk melihat cara membuatnya di rumah:



    Have Some Drink!

    Setelah mandi air hangat dengan tenang di ruangan yang wangi (thanks to candles/essential oils/bath tea), waktunya untuk rehidrasi. Siapkan infused water yang segar, atau kalau sedang mood minum sesuatu yang hangat, teh dan air jahe adalah pilihan yang tepat. A perfect way to end your routine.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: cottonbro from Pexels)