Beauty

8 Cara Untuk Hilangkan Puffiness Di Bawah Mata Secara Instan

  by: Astriana Gemiati       12/1/2021
  • Mata yang terlihat puffy, baggy, dan lelah adalah hal biasa bagi mereka yang tidak dapat tidur nyenyak. Namun, selain sulit tidur, kantung mata dapat dikaitkan dengan berbagai penyebab yang bahkan tidak pernah kamu pikirkan! Dari kerentanan genetik yang mendasari hingga konsumsi garam dan stres yang berlebihan, kamu akan terkejut menemukan keseluruhan alasan tentang masalah kecantikan ini.

    Untuk mencegah masalah kulit yang umum dan tidak menarik ini atau menanganinya setelah muncul, Cosmo akan berikan solusi SOS hingga jalur DIY untuk membantu kamu. Berikut cara mencegah dan menghilangkan kantung mata akibat gangguan sulit tidur di malam hari.




    Teknik Pencegahan

    1. Kurangi asupan alkohol dan kafein

    Membatasi konsumsi kafein dan alkohol setidaknya enam jam sebelum tidur. Dehidrasi adalah penyebab utama mata terlihat bengkak. Oleh karena itu asupan air dalam jumlah optimal, bersama dengan pembatasan kafein dan alkohol secara sadar akan bantu mencegah kulit yang tampak bengkak di pagi hari. Jadi, hidrasi adalah kunci untuk memulihkan kulit yang lelah dan semakin terhidrasi dengan baik, semakin kecil kemungkinan retensi air di bawah mata.



    2. Tidur berkualitas

    Tujuh sampai delapan jam tidur di malam hari sangatlah ideal. Jadi, tidurlah tepat waktu! Sebaiknya, tidur terlentang atau taruh beberapa bantal di bawah kepala untuk menghindari penumpukan cairan di sekitar area mata dan penyempitan pembuluh darah di wajah kamu.


    3. Makan dengan benar dan sertakan serum dalam rutinitas skincare kamu

    Fokus pada konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan K untuk bantu menjaga kulit di bawah mata tetap terlihat halus dan awet muda. Selain itu, menghindari garam berlebih dalam makanan kamu juga akan membantu. Dan, jika kamu belum melakukannya, mungkin inilah saat untuk berinvestasi pada krim mata dan serum yang diperkaya dengan mineral penting yang bisa mengirimkan nutrisi yang dibutuhkan ke bagian bawah mata untuk mengurangi kemungkinan bengkak.


    Perawatan Untuk Kantung Bawah Mata

    1. Kompres dengan mentimun dingin

    Gunakan potongan mentimun dingin pada mata kamu dan diamkan selama 10 menit. Flavonoid, vitamin C, dan antioksidan yang ada dalam mentimun akan bantu menyegarkan mata dan mengurangi bengkak. 


    2. Gunakan sendok bersuhu dingin

    Jika tidak ada lagi yang tersedia, cukup letakkan sendok di freezer pada malam sebelumnya, lalu oleskan pada mata kamu keesokan harinya. Rasa sejuk yang akan ditransfer dari sendok ke kulit bawah mata kamu akan bantu mengencangkan kulit dan mengurangi bengkak secara instan.


    3. Oleskan parutan kentang

    Parut kentang dan bungkus ke dalam kantong serut kain muslin (muslin bag). Biarkan kantong tersebut menutupi mata kamu selama 10 menit dan lihat kentangnya akan bekerja!




    4. Mencoba untuk tenang dan rileks

    Mungkin ini patut dicoba (dan, tentu saja solusi termudah), serta paling penting dari semuanya. Lebih tenang dan bekerja untuk mengelola stres kamu secara efektif. Lebih sering daripada tidak, stres kita muncul di wajah dalam bentuk berbagai masalah kecantikan, termasuk yang satu ini! Jadi, luangkan waktu, hanya 30 menit untuk bermeditasi sepanjang hari.


    5. Perawatan skincare secara spesifik

    Jika intervensi yang disebutkan di atas tampaknya tidak bekerja dengan baik untuk kamu, konsultasikan dengan dokter kulit kamu dan siapkan jadwal untuk kemungkinan perawatan lainnya, seperti laser, dermal fillers, dan face facials, yang di mana hanya boleh dilakukan oleh profesional. Laser dan filler akan membantu mengencangkan kulit, memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan memperlancar aliran darah, sehingga mengurangi bengkak, serta mencerahkan kulit. Jika kamu menderita pigmentasi di bawah mata, beberapa sesi laser pengurangan pigmen dan atau filler di bawah mata dapat mengatasi masalah tersebut. Beberapa sesi peels di bawah mata atau mesoterapi juga terbukti cukup untuk mengatasi masalah ini.


    Kombinasi perawatan sains modern dan home remedies akan membantu kamu keluar sebagai pemenang dalam pertempuran melawan bengkak di bawah mata ini. Dengan pengamatan yang cermat dan pengetahuan tentang kondisi kamu, dokter kamu akan menentukan perawatan yang diperlukan dalam kasus kamu, jika ada.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: GIPHY.com, [email protected] )