Beauty

Ini Dia Bahan Skincare Paling Populer & Yang Sering Digunakan

  by: Astriana Gemiati       21/1/2021
    • Ada banyak sekali bahan yang tersedia di dalam produk skincare.
    • Dimulai dari glycolid acid hingga tumeric, ini bahan paling populer yang sering digunakan di dalam produk skincare beberapa tahun belakangan ini.


    Seperti yang Cosmo ketahui, ada banyak sekali bahan yang tersedia dalam produk skincare di pasaran saat ini, namun hanya sedikit yang benar-benar melekat dan bersinar beberapa tahun ini. Cosmo berbicara tentang para beauty enthusiast  yang telah banyak memberikan ribuan ulasan mengenai produk kecantikan yang sedang “hype” saat ini. 

    Dengan meningkatnya masalah maskne dan keterbatasan Cosmo dalam menemui dokter kulit terpercaya kami, saat ini “Google” adalah teman terbaik Cosmo. So.. Cosmo menemukan diri untuk beralih ke mesin pencari untuk menemukan bahan-bahan skincare yang dapat membantu kita dalam memperbaiki rona kulit (kompleksi kulit).



    Berikut Cosmo mencantumkan enam bahan-bahan menarik yang hadir di dalam rutinitas skincare kita sehari hari-hari. Simak!

    1. Glycolic acid

    Jika kamu belum berpengalaman dalam dunia AHA dan BHA, glycolic acid adalah salah satu dari sedikit yang pertama harus kamu ketahui. Ini adalah jenis exfoliant AHA yang bekerja untuk melonggarkan ikatan dengan menyatukan sel-sel kulit mati. Skincare superstar ini juga bantu mendorong pergantian sel, yang membantu mengurangi perubahan warna dan menghaluskan bekas jerawat dari waktu ke waktu.


    2. Hyaluronic acid

    Ditujukan untuk “kulit bercahaya”. Jadi, masukan hyaluronic acid ke dalam rutinitas kamu untuk bantu mendapatkan kulit yang tampak bercahaya. Formula ini sangat terkenal dengan kemampuannya untuk mengikat kolagen dan kelembapan —bahkan, ia dapat menahan 1000 kali beratnya di dalam air! Selain sifat menghidrasi, ini juga terasa sangat lembut dan dapat bekerja untuk jenis kulit yang berbeda.

    3. Niacinamide

    Niacinamide bermanfaat jika kamu menangani bekas jerawat karena breakout atau dark spots yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Ia bekerja dengan bahan alami di dermis kamu untuk mengurangi bintik-bintik hitam, memperbaiki warna kulit yang tidak merata, meminimalkan garis-garis halus dan kerutan, serta memperkuat pelindung kulit. Kamu juga akan senang mengetahui bahwa ini membantu menenangkan jerawat, berkat sifat anti-inflamasi dan penyembuhannya.

    4. Retinol

    Retinol, juga dikenal sebagai vitamin A yang merupakan jenis vitamin pertama yang terbukti memiliki efek anti penuaan dengan memperkuat epidermis dan mencegah kolagen berkurang. Ia juga memiliki kemampuan untuk mengobati jerawat, karena perannya sebagai komedolitik (alias dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat).

    5. Collagen

    Ada banyak sekali bahan skincare yang terkenal di komunitas kecantikan, namun tidak satu pun yang dicari seperti kolagen. Pasar juga sangat jenuh dengannya —dari produk hingga suplemen. Ini menjanjikan untuk bantu berikan kulit kamu tampak lebih lembut, lentur, dan kenyal yang dapat menyaingi bintang K-drama favorit kamu.

    In case you didn’t know, tubuh kita sebenarnya “memproduksi” kolagen dengan sendirinya, namun ini secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Namun, menggunakan produk yang mengandung kolagen dapat mengisi tubuh kita dengan bahan yang sangat dibutuhkan ini!

    6. Turmeric



    Jika kamu bosan dengan bahan skincare penghilang noda yang biasa seperti niacinamide dan salicylic acid, Cosmo sarankan untuk menggunakan bahan nabati dan mencoba tumeric (kunyit). Yup, bumbu populer yang sering digunakan dalam bumbu masakan ini juga memiliki khasiat yang besar untuk kulit berjerawat! Bahan utamanya, kurkumin dikatakan memiliki efek antiinflamasi yang kuat hingga dapat bantu meredakan iritasi dan mengurangi ukuran jerawat secara signifikan.





    (Artikel ini disadur dari www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: freepik.com)