Better You

Catat! 11 Superfood Yang Akan Populer di Tahun 2021

  by: Givania Diwiya Citta       22/1/2021
  • Sama seperti semua orang lainnya di planet ini, Cosmo juga gembira saat pergantian tahun terjadi. Dengan vaksin virus Corona yang mulai didistribusikan, sepertinya 2021 menunjukkan harapan baru mulai muncul.


    Adakah hal lain yang bisa membuat kita semakin bersemangat di tahun yang baru? Jawabannya ada dari hasil laporan tren nutrisi oleh Pollock Communications dan Today’s Dietician, bahwa ada sederet superfood favorit kita yang akan jadi super populer untuk 12 bulan ke depan. Artinya, kita akhirnya bisa makan roti panggang alpukat tanpa takut dihakimi.




    Tapi sebelum kita masuk ke daftar prediksi apa saja yang akan ~trendy~ di 2021, mari mulai pahami hal-hal yang mendasar. Seperti, apakah kamu tahu apa yang disebut superfood? Mungkin Cosmo pun butuh membaca definisinya lagi. Dilansir dari Miriam-Webster Dictionary, superfood adalah “makanan (seperti salmon, brokoli, blueberry) yang kaya akan compounds (seperti antioksidan, serat, dan asam lemak) yang menguntungkan bagi kesehatan seseorang.” Dengan kata lain, superfood = makanan yang punya banyak nutrisi dan manfaat kesehatan.



    Sekarang karena kita sudah lebih mengerti, mari mulai kenali 11 superfood yang kepopulerannya akan sama seperti level roti pisang tahun lalu.


    1. Makanan fermentasi



    Suka makan kombucha, semangkuk yoghurt, atau acar langsung dari toples? Maka artinya kamu sudah familier dengan makanan fermentasi. Pada dasarnya, ini adalah makanan yang mengandung bakteri baik, alias probiotik. Kimchi adalah salah satu contoh lain yang bagus.


    Makanan yang difermentasi membantu menyehatkan pencernaan, yang berarti, bisa membantu kesehatan imun, jelas Samina Kalloo, RDN, CDN, national communications lead untuk Pollock Communications. Dan sudah jelas, sistem imun kita adalah prioritas utama di era sekarang.


    Cara menyantap: Semangkuk yoghurt yang diberi topping buah atau kacang adalah cara mudah dan lezat untuk mengonsumsi makanan fermentasi saat sarapan. Kamu juga bisa menyantap kimchi dan mengombinasikannya pada sandwich atau pada sup, saran Kalloo.


    2. Blueberry



    Kalau blueberry belum masuk ke kulkas kamu, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk mengisinya. Blueberry tinggi akan antioksidan, yang bagus untuk kesehatan internal, jelas Kalloo. Oh, dan blueberry juga punya banyak serat, lho.


    Cara menyantap: Tambahkan beberapa blueberry ke menu oatmeal atau smoothie kamu saat sarapan. Atau coba simpan di freezer dan keluarkan di mangkuk sebagai camilan yang menyegarkan, ujar Kalloo.


    3. Biji-bijian



    Biji-bijian – terutama biji chia – sedang populer, dan akan terus jadi tren di tahun 2021. “Biji-bijian adalah tambahan makanan yang baik untuk mendapatkan protein dan serat pada semua yang Anda makan,” jelas Kalloo.


    Cara menyantap: Kombinasikan biji chia dan susu almon, ditambah sedikit vanilla dan kayu manis, lalu simpan di kulkas selama beberapa jam, lalu voila, kamu bisa menikmati puding chia yang lezat. Atau mau cara yang lebih mudah? Taburi saja ke roti panggang alpukat kamu, ujar Kalloo.


    4. Buah eksotis



    Ya, semangkuk acai akan tetap populer di tahun ini. Bahkan akan lebih jadi tren sekarang, karena kini kita lebih mudah menemukan acai di toko swalayan, ujar Kalloo. Maqui berry dan pitaya akan ikut jadi tren di tahun ini, tambah Kelly Landrieu, koordinator global untuk merek-merek lokal di Whole Foods Market. Jadiii mengapa buah-buahan eksotis ini baik untuk tubuh? Buah eksotis adalah sumber antioksidan, potasium, dan serat, jelas Kalloo.


    Cara menyantap: Campurkan acai dan pitaya untuk membuat semangkuk smoothie yang cantik. Lalu unggah ke Insta Story, tentunya.


    5. Teh hijau



    Penjualan teh hijau sedang naik, mungkin berkat fakta bahwa teh hijau terkenal mampu membantu kesehatan imun. Minuman ini mengandung flavonoids, antioksidan kuat yang bagus bagi kesehatan menyeluruh. Ditambah, teh hijau punya fungsi anti-inflamasi, jadi bisa membantu sistem imun kamu untuk meredakan peradangan, jelas Kalloo.


    Cara menyantap: Agar mendapat manfaat penuh dari teh hijau, pastikan kamu menyeduhnya selama setidaknya tiga menit, ujar Kalloo. Kamu pun bisa meminum matcha, yang terbuat dari daun teh hijau.




    6. Alpukat



    Sepertinya bukan Cosmo saja yang terobsesi dengan roti panggang alpukat. Para ahli nutrisi dari Pollock Communications menyebutkan bahwa alpukat adalah salah satu superfood yang paling banyak disukai, dan terus akan menjadi populer di tahun ini. Kabar yang baik! Apalagi karena alpukat adalah sumber dari banyak lemak sehat.


    Cara menyantap: Kamu tak perlu makan banyak alpukat untuk mendapatkan manfaatnya. Kalloo merekomendasikan untuk mengonsumsi ¼ alpukat untuk satu lembar roti panggang, atau tambahkan alpukat ke smoothie untuk mendapatkan tekstur creamy yang ekstra.


    7. Bayam dan dedaunan hijau



    Inilah sumber penuh serat dan nutrisi, yang penting untuk kamu masukkan ke dalam menu harian kamu. Selain bayam, kategori dedaunan hijau lainnya juga meliputi kale, kubis, bok choy, dan apapun yang pada dasarnya punya daun dan berwarna hijau…


    Cara menyantap: Tambahkan dedaunan hijau pada smoothie untuk mendapat nutrisi ekstra, ujar Kalloo. Kamu juga bisa menumisnya, seperti tumis bayam, lalu tambahkan ke hidangan mangkuk sayuran kamu.


    8. Kale



    Tentu, kale secara teknis adalah dedaunan hijau, tapi kale punya spot tersendiri dalam daftar superfood karena ia sangat populer. Manfaatnya tetap sama, kok, ia menyediakan sumber serat dan nutrisi.


    Cara menyantap: Kamu selalu bisa menambahkan kale ke smoothie, tapi Kalloo juga merekomendasikan untuk membuat keripik kale. Pastikan kale sudah kering sepenuhnya, lalu taburkan garam dan merica pada daunnya, dan panggang di oven pada 350 derajat atau selama 10 hingga 15 menit.


    9. Kacang-kacangan



    Sama seperti alpukat, kacang-kacangan mengandung banyak lemak sehat yang membantu memberi energi dan membuat makanan terasa mengenyangkan. Kacang kenari adalah pilihan bagus karena mengandung asam lemak omega-3 tinggi, yang akan membantu imun dan kesehatan secara menyeluruh, ujar Kalloo.


    Cara menyantap: Tentunya, ada banyak macam cara untuk memakan kacang. (Halo, brownies kenari.) Apa saja yang paling gampang? Tambahkan saja almond atau kenari ke resep salad favorit, atau hanya kunyah saja sebagai camilan.


    10. Biji-bijian kuno



    Mungkin ini adalah kategori superfood yang belum pernah kamu dengar. Biji-bijian kuno adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan biji-bijian kaya protein, serat, potasium, seperti amaranth, milet, tef, farro, dan farik, jelas Kalloo. Anggaplah mereka seperti nasi – tapi dengan lebih banyak nutrisi.


    Cara menyantap: Cara paling umum untuk menyantap biji-bijian kuno adalah dengan merebusnya, seperti untuk memasak nasi atau quinoa. Kamu bisa memakannya sebagai hidangan sampingan, atau membuat mereka jadi bahan dasar semangkuk sayuran kamu.


    11. Salmon



    Bukan penggemar berat dari kacang kenari? Tak apa, salmon juga sumber hebat untuk asam lemak omega-3 (meski secara teknis berbeda tipe makanan). Salmon juga menyediakan banyak protein, lho. Dan kalau kamu hanya bisa menemukannya dalam versi kaleng, jangan panik. Kamu masih akan mendapatkan manfaatnya, kok, ujar Kalloo.


    Cara menyantap: Kalau kamu punya fillet salmon, Kalloo merekomendasikan untuk membakarnya atau memanggangnya, dan memasangkannya dengan gandum atau beberapa sayuran. Kalau kamu punya salmon kalengan, coba buat salad salmon – seperti salad tuna itu… tapi dengan salmon.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: BalashMirzabey on Freepik.com / Kara Cuzzone)



    tags: superfood, 2021