Celebrity

Semua yang Perlu Kamu Tahu Tentang Doug Emhoff, Suami Kamala Harris

  by: Alvin Yoga       22/1/2021
  • Joe Biden resmi menjadi presiden Amerika Serikat ke-46, dan Kamala Harris menulis sejarah dengan menjadi perempuan Kulit Hitam sekaligus keturunan Asia-Amerika pertama yang terpilih menjadi wakil presiden Amerika Serikat. Dan ia tak sendirian—suaminya, Doug Emhoff, juga patut menjadi perhatian.

    Dengan kemenangan Joe dan Kamala, Doug mendapatkan titel baru sebagai Second Gentleman of the United States. Jika kamu bertanya-tanya apa sebenernya titel tersebut dan ingin mengetahui selengkapnya mengenai suami Kamala Harris, tenang, Cosmo telah mengumpulkan fakta mengenai semua yang perlu kamu tahu tentang Doug Emhoff.




    Jadi...apa sebenarnya pekerjaan Doug Emhoff?

    Di samping mendukung kegiatan Kamala 24/7, Doug adalah seorang lulusan hukum dari University of California. Doug sebelumnya bekerja sebagai seorang pengacara litigator dan juga seorang partner dengan spesialisasi di bidang hiburan dan hukum kekayaan intelektual di firma DLA Piper Law. Beberapa dari hasil kerja kerasnya adalah "merepresentasikan pemilik sah dari karakter animasi terkenal dalam perselisihan mengenai hak cipta dan merek dagang," serta membantu seorang "mantan atlit NFL dan Olimpiade terkemuka dalam sebuah aksi sipil oleh SEC."

    Setelah Kamala dan Joe memenangkan pemilu, Doug mengatakan bahwa ia akan meninggalkan kantor tersebut agar ia bisa memberikan waktu sepenuhnya sebagai Second Gentleman di White House. Agar sesuai dengan titel tersebut, Doug juga membuat akun Twitter baru @SecondGentleman, dengan bio politis yang paling menggemaskan: "Future Second Gentleman Douglas Emhoff. Seorang ayah. Suami dari Wakil Presiden-terpilih Harris."




    Doug juga akan mengikuti jejak Dr. Jill Biden dan akan mulai bekerja di Pusat Hukum Georgetown University sebagai seorang profesor untuk kelas dua-kredit sesuai dengan kemampuannya: perselisihan hukum di dunia hiburan. "Sudah lama sekali saya ingin mengajar dan membantu generasi berikutnya dari para pengacara muda," ujar Doug dalam sebuah pernyataan pada universitas. "Saya sangat bersemangat untuk bisa bergabung dengan komunitas Georgetown."


    Bagaimana Doug dan Kamala bisa bertemu?

    Tak ada campur tangan Tinder atau Bumble, y'all. Alih-alih menggunakan aplikasi kencan untuk membangun hubungan, Doug dan Kamala bertemu dengan cara tradisional—dikenalkan oleh seorang teman dekat! Keduanya dijadwalkan untuk bertemu dalam sebuah kencan buta oleh teman baik Kamala, seorang konsultan PR, Chrisette Hudlin.

    Menurut Chrisette, Doug "mengatakan sesuatu yang berarti, 'ia benar-benar keren,'" ujarnya pada Marie Claire. "Ia terus menerus memuji Kamala, dan juga mengagumi sosoknya, dan saya menyukai hal tersebut." Dan keesokan pagi setelah mereka berkencan, Doug mengirim email pada Kamala dan berkata, "Saya benar-benar menyukaimu." (Di sisi lain, saya sudah menunggu selama 168 jam untuk mendapatkan balasan dari sang gebetan, hiks)



    Setahun setelah Doug dan Kamala membangun hubungan, pria tersebut melamar Kamala—San Francisco Chronicle melaporkan berita mengenai pertunangan mereka pada 27 Maret 2014. Doug berusaha tetap terlihat sederhana dengan bertanya pada Kamala untuk menikahinya di apartemen Kamala, sambil saling berargumen soal makanan pesan-antar apa yang harus mereka pesan (oh, so cute!). Kesederhanaan dari pertunangan tersebut tetap mereka bawa sampai hari pernikahan!


    Berapa lama Kamala dan Doug telah menikah?

    Setelah empat bulan bertunangan, Kamala dan Doug menikah dalam sebuah perayaan yang intim di gedung pengadilan. Kenapa cepat sekali? Well, Kamala memberitahu The Chronicle dengan jujur bahwa ia tidak "percaya pada proses pertunangan yang lama dan memakan waktu," jadi...well.

    Meski demikian, pernikahan Doug dan Kamala terdengar imut—saudari Kamala, Maya, meresmikan pernikahan tersebut, dengan seorang pemain selo di dalam ruangan. Doug dan Kamala menulis sendiri janji mereka, dan keponakan Kamala Meena membacakan puisi Maya Angelou, "Touched by an Angel", yang berakhir dengan kalimat yang akan membuatmu berlinang air mata, "Suddenly we see/ that love costs all we are/ and will ever be./ Yet it is only love/ which sets us free."

    Kamala juga menghormati budaya Yahudi yang diyakini Doug dengan memecahkan sebuah gelas, dan Doug menghormati budaya Kamala dengan mengenakan untaian bunga di lehernya sepanjang perayaan pernikahan mereka.

    Inilah penampilan mereka berdua pada hari pernikahan mereka, awwwww:





    Seperti apa ~ramalan bintang~ mengenai hubungan mereka?

    Doug dan Kamala sama-sama berumur 56 tahun dan percaya atau tidak, ulang tahun mereka hanya berjarak satu minggu saja! Ulang tahun Doug adalah 13 Oktober, sedangkan ulang tahun Kamala 20 Oktober...sehingga mereka berdua adalah Libra! Kepribadian utama dari Libra—mereka tidak suka dengan ketidakadilan dan diplomat yang luar biasa—bisa kamu lihat dengan jelas. (Lihat juga: pilihan karier mereka.)


    Apakah mereka memiliki anak?

    Sebelum menikahi Kamala, Doug sempat berpasangan dengan Kerstin Emhoff (cofounder dan chief executive dari perusahaan produksi Prettybird), dan dikaruniai dua orang anak—Cole dan Ella Emhoff.

    Menurut Vogue, putra Doug, Cole, lulus dari Colorado College sedangkan putrinya Ella sedang mengambil studi di Parson School of Design di New York. Cole dan Ella sangat menyukai Kamala dan memberinya nama panggilan "Momala." Kamu juga mungkin akan memanggilnya dengan nama tersebut kalau ia membawakanmu kue ketika kalian pertama kali bertemu (sambil mengenakan sneakers Converse favoritnya, tentu saja).



    Untuk kamu semua yang sedang mencari ~drama~ dalam keluarga tersebut, hey, maaf sekali, namun tak ada drama yang bisa kamu cari—Kamala merupakan "seorang teman yang baik" bagi Kerstin dan pernah berkata "keluarga modern kita hampir terlalu banyak berfungsi di sana-sini." Dalam sebuah esai personal yang ditulis untuk Elle, Kamala bicara mengenai hubungan dalam keluarga mereka secara detail dan berkata:

    "Mereka adalah sumber cinta yang tiada-henti bagi saya dan menjadi sumber kebahagiaan yang murni. Saya sangat bersyukur pada Doug, pada Kerstin, dan yang terpenting, pada Ella dan Cole. Dan selagi keluarga kami berjalan bersama dalam kisah yang baru ini—mereka telah membawa saya ke South Carolina, Iowa, New Hampshire, Ohio, Nevada, dan Michigan dalam beberapa minggu terakhir ini—saya bisa mengatakan satu hal dengan yakin, hati saya tidak akan sempurna, dan hidup saya tak akan lengkap, tanpa kehadiran mereka."


    Apakah Doug memiliki hobi tertentu?

    Kamu bisa melihat Doug bermain di lapangan golf ketika ia tidak sedang sibuk mengajar atau menyelesaikan tugasnya sebagai Second Gentleman. Doug suka bermain golf dan juga memiliki tim football fantasi dengan nama Nirvana, LOL. Ia juga tidak begitu buruk di dapur. Bicara mengenai Kamala yang tampil dalam Vogue, Doug berkata, "Kamala menghabiskan waktu berhari-hari berpikir soal menu, menggiling ladanya sendiri, mengelilingi kota hanya untuk mendapatkan satu bumbu masakan yang kita butuhkan...Saya menjadi cukup pandai di dapur sebagai sous-chef-nya."



    BOTTOM LINE: Doug siap mendukung Kamala seluruhnya.

    "Hubungan kami dan cara saya menjalani hidup, seluruh hidup saya telah saya berikan untuk mendukung orang-orang yang saya cintai segenap hati, dan mereka juga mendukung saya," Doug memberitahu Marie Claire. "Seluruh hal tersebut didasarkan pada keinginan untuk tetap seimbang dan rasa hormat satu sama lain." Awww.



    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)