Better You

Penting! 15 Jenis Kristal Yang Bisa Mengurangi Stres

  by: Givania Diwiya Citta       25/1/2021
  • Apakah kamu merasa sedang sangat stres? Lelah secara emosi dan kehilangan energi? LOL, sama, terkadang Cosmo pun begitu. Saat sudah kewalahan dengan perasaan tersebut, Cosmo pun akan menggenggam kristal. Tak hanya cantik dan sebagai dekorasi yang mengilap saja, batu permata juga punya kekuatan menyembuhkan yang bisa meningkatkan wellbeing kita, seperti salah satunya dalam konteks ketenangan dan ketentraman.


    Kamu bisa menggunakan kristal dalam banyak macam cara: Kamu bisa menyusunnya dalam formasi grid di altar, atau sebarkan di seluruh penjuru rumah, atau bahkan hanya menaruhnya pada beberapa titik di tubuh ketika kamu meditasi. Kamu pun bisa meningkatkan latihan mindfulness dengan kristal, dan ritualnya akan membantu kamu untuk fokus dan memberi struktur gambaran saat segala hal sedang terasa jauh di luar kendali.




    Kalau kamu ingin mulai mendalami kristal, cara terbaik untuk memilihnya adalah saat mata memandangi semua pilihan batu, dan menemukan satu yang paling membuat kamu bergetar. Intuisi bisa tahu apa yang kamu butuhkan, lho! Kalau kamu masih belum yakin menentukannya, baca beberapa pilihannya dari daftar berikut ini, dan coba cari yang paling mewakili kebutuhan energi kamu. (Catatan penting: Lakukan riset kecil sebelum membeli, karena sangat penting untuk tahu dari mana asal kristal yang kamu beli, dan bagaimana cara mereka ditambang. Kita akan menjajal sebuah energi, girls, jadi kita tetap harus etis!)


    1. Rose Quartz



    Batu permata berwarna pink yang indah ini menenangkan hati dan akan membawa energi lembut untuk melakukan self-care.


    2. Amethyst



    Amethyst membantu kita menemukan akar dari stres kita, dengan membawa kejernihan dari suatu situasi. Energinya yang membuat kita relaks juga akan meningkatkan kualitas tidur kita, jadi coba tempatkan kristal ini dekat kasur!


    3. Selenite



    Penjernih yang hebat ini akan membersihkan semua jeratan energi buruk hingga bisa membuat kamu mendalami sebuah situasi, melonggarkan fleksibilitas mental kamu, dan membangun kesadaran yang lebih hebat akan self-awareness.


    4. Citrine



    Batu permata berwarna terang ini akan mencerahkan hari kamu yang mendung lewat menyeimbangkan emosi, meningkatkan self-esteem, dan mendorong rasa optimis.


    5. Clear Quartz



    Clear quartz akan menjernihkan pikiran, menyaring distraksi, dan membuat kamu tetap fokus.


    6. Smokey Quartz



    Kristal ini menghilangkan kecemasan lewat menaklukkan ketakutan dan menegaskan kekuatan dari dalam diri.


    7. Lepidolite



    Kristal ini akan menghubungkan kamu dengan diri kamu versi yang lebih tinggi, dengan meningkatkan keseimbangan emosi dan menenangkan pikiran yang terlalu aktif. Kristal ini adalah sahabat bagi orang-orang yang sulit tidur.


    8. Sodalite





    Kristal yang memancarkan energi nyaman ini akan meringankan kecemasan dan meningkatkan kedamaian dalam diri, sambil memicu kepercayaan diri dan ekspresi diri. Gunakanlah sodalite kalau kamu butuh bantuan dalam mengomunikasikan emosi dan gagasan secara jujur.


    9. Shungite



    Permata yang bersifat melindungi ini akan meringankan kecemasan dan insomnia sambil meningkatkan rasa tentram dan damai. Cobalah simpan di dekat peralatan berteknologi, apalagi kalau kamu sedang merasa tertantang untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan.


    10. Fluorite



    Batu permata ini membawa kebahagiaan sambil meningkatkan rasa stabil dan kemampuan berpikir rasional.


    11. Moonstone



    Mampu meningkatkan intuisi dan memercik inspirasi, batu permata berwarna cantik ini akan membantu menerangi jalanmu ketika kamu merasa tersesat.


    12. Blue Lace Agate



    Batu permata ini meringankan ketegangan dengan melembutkan suatu miskomunikasi.


    13. Celestite



    Batu permata berwarna biru terang ini akan membuat kamu bernapas lega berkat kemampuannya dalam memberi kejernihan dan ketentraman yang mendalam. Bawa si cantik ini ke mana pun kalau kamu ingin mengingat kembali semua detail dari mimpi-mimpi kamu.


    14. Black Tourmaline



    Batu permata yang bersifat melindungi ini akan membersihkan energi negatif sambil membangun batasan-batasan baik untuk kamu.


    15. Howlite



    Kamu sulit tidur? Batu permata yang menenangkan ini akan meningkatkan kualitas tidur kamu lewat mereduksi stres dan melembutkan pikiran yang terlalu aktif. Pilih kristal ini kalau kamu butuh meningkatkan rasa damai.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Freepik / Sarah Potter)