Lifestyle

Menurut Ahli Interior, Ini Cara Styling Kamar Tidur Ukuran Kecil

  by: Kezia Calesta       23/1/2021
    • Ahli interior memberikan Cosmo tips untuk styling kamar tidur berukuran kecil.
    • Mulai dari trik untuk membuat ruangan terasa lebih besar, hingga item yang worth it untuk dibeli.


    Apakah kamu pernah merasa cemburu saat browsing interior rumah di Pinterest atau Instagram? Ugh, it's like every house is Kardashian-worthy, lengkap dengan ruang mewah dan luas. But hey, meskipun tempat tinggalmu lebih kecil, kamu tetap bisa mendekorasi ruang sendiri agar tampak lebih aesthetic.





    Menurut Natasha Bradley, seorang interior designer dan colour expert dari Lick Home, kamu masih bisa membuat kamarmu tampak stylish dan chic meskipun ukurannya lebih kecil. Berikut tips darinya yang wajib kamu simak.


    1. Pilih warna favorit secara efisien

    Jika kamu bisa memilih warna cat dinding, pastikan bahwa semua sisi dinding memiliki warna yang sama. "Warna yang seragam akan membuat ruang terasa lebih luas, dan mengalihkan fokus dari satu pojokan saja."

    Ini tidak berarti kamu harus memilih warna putih - kamu bisa mencari opsi yang lebih berani! "Alternatif lain yang lembut dan netral adalah soft pink. Warna ini sempurna untuk ruang kecil, karena tone ini membuat ruang terasa lebih hangat dan juga membuat cahaya memantul secara indah."


    2. Less is more

    "Bila kamu memiliki kamar kecil, ingat bahwa less is more. Biarkan interior bernafas dan jangan memenuhi ruanganmu." Triknya, gunakan rak atau penyimpanan barang di bawah kasur. "Saya juga merekomendasikan kamu untuk memilih satu style saja - jangan mencoba banyak tema berbeda dalam satu kamar. Dengan itu, kamarmu akan terasa lebih kalem dan sinkron."




    3. Kaca adalah sahabat terbaikmu

    Penempatan kaca dalam kamar sangat berguna untuk memantulkan cahaya ke dalam kamar, juga membantu mencegah perasaan sesak atau sempit dalam kamar. "Kaca dapat menipu mata dan membuatnya percaya bahwa ruangan tersebut lebih besar dan luas dari ukuran aslinya." Semakin besar kacanya, semakin baik! (Plus, kamu jadi memiliki kaca untuk foto OOTD, kan?)


    4. Terangi kamar dengan baik

    Setelah kaca, kini kamu perlu menambahkan sumber cahaya. "Pastikan bahwa kamarmu mendapatkan cahaya yang cukup. Hindari tirai yang berat atau tebal - pilihlah roller blinds yang lebih tipis untuk menutup jendela."


    5. Gunakan aksesori kecil untuk dekorasi

    Mau membuat kamar tidur semakin nyaman? "It's all about the senses - touch, smell and sight." Jika kamu tidak bisa mendekorasi seluruh kamar, berikut hal kecil yang dapat kamu ubah:

    • Seprai dan selimut yang cantik, tidak bercorak, dan berkualitas.

    • Pilih cahaya lampu yang hangat (seperti warna kuning).

    • Gunakan lilin aromaterapi atau reed diffuser dengan wangi favorit.

    • Tambahkan pot tanaman di dalam kamar untuk membuat kamar terasa lebih cerah. (Tidak ingin merawat tanaman? Well, kamu bisa membeli tanaman palsu - it still gives the same fresh effect!)

    • Gunakan cat untuk menggambar kotak di dinding belakang headboard atau area kepala ranjang. Efek ini akan membuat area ranjangmu menjadi focal point atau pusat perhatian.


    (Image: doc. Instagram @designcodestyle / Artikel ini disadurkan dari Cosmopolitan.com. Perubahan minor telah dilakukan oleh editor.)