Better You

Seru! 4 Tren Olahraga Yang Wajib Dicoba Tahun 2021 Ini

  by: Givania Diwiya Citta       26/1/2021
  • Hal terbaik dari pergantian tahun adalah bahwa ini momen yang sempurna untuk memulai hal-hal baru. Terutama setelah hal-hal tak terduga yang terjadi di tahun 2020, kita semua layak untuk mengambil waktu dalam memprioritaskan kesehatan dan perawatan untuk diri sendiri. Selain kamu bisa memanjakan diri berendam dengan bath bombs, lalu melanjutkan pakai masker wajah yang memanjakan kulit, sekarang coba juga beberapa hal seru untuk rutinitas olahraga kamu. Berikut adalah empat tren olahraga paling menyenangkan yang layak dicoba selama tahun 2021. Siapa tahu ada satu olahraga yang bikin kamu ketagihan?


    Roller Skate

    Saat kamu membaca judul roller skate, mungkin kamu langsung mengilas balik ke masa kanak-kanak, saat memakai sepatu roda setiap akhir pekan bersama teman-teman adalah kegiatan yang trendi. Begitu juga sekarang, kita bisa lihat bahwa para influencer mulai mengunggah video dirinya bermain roller skate. Mereka pada dasarnya menyalurkan jiwa SMP kita semua – belum lagi karena kita bisa berkesempatan tampil modis dari kepala sampai kaki.





    Tentu saja sepatu roda tampak keren, tapi ternyata ajang bermain sepatu roda juga merupakan olahraga yang menyehatkan, lho. Menurut Roller Skating Association International, olahraga ini menggunakan semua otot di tubuh kita – tak hanya bagian kaki saja. Ditambah, karena bersepatu roda itu akan menyusuri jalanan – bukan melompat di antaranya – maka olahraga ini punya dampak risiko yang rendah. Dengan kata lain, kamu bisa berolahraga secara chic namun dengan jumlah keringat yang memuaskan.


    Run Toward Carbs

    Tidak semua dari kita punya peralatan kardio di rumah. Jadi di tahun 2020, banyak yang memilih berlari di luar rumah sebagai bentuk terapi gratis dan istirahat sejenak dari, begitulah, semua hal. Menurut Year In Sport Report dari Strava di tahun 2020, pelari di Amerika Serikat telah berlari hingga 387 juta mil, meningkat dari 248,3 juta mil di tahun 2019.



    Tapi terkadang, keluar dari rumah bisa terasa berat juga. Oleh karenanya, 2021 hadir memahami motivasi orang-orang yang tetap ingin berlari. Jika kamu tipe pelari yang terdorong berkat perlombaan, maka coba mendaftarkan diri ke ajang virtual fun run (karena banyak perlombaan IRL dibatalkan). Atau kamu lebih termotivasi dengan hadiah instan? Siapkan camilan pasca-olahraga untuk kamu nikmati setelah selesai olahraga lari. Karena jujur saja, semua keringat dari berlari itu akan terasa memuaskan jika ada karbo di garis finish.


    Trampoline

    Tak perlu bosan di rumah. Coba melompat saja! Rebounder – atau trampoline kecil – sudah cukup populer. Tak hanya karena alat ini muat di ruangan yang sempit, tapi juga bermanfaat bagi tubuh karena bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengasah keseimbangan. Manfaat ekstra: Selain menjadi olahraga yang menyenangkan, rebounding juga bisa membantu meningkatkan komposisi tubuh dan massa otot.





    Bonus: Siapkan juga daftar putar seru dan baru untuk memberi vibe saat kamu akan melompat-lompat selayaknya sedang berada di suatu konser favorit.


    Stop, Drop, Flow

    Busana WFH yang tepat adalah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan yoga flow di tengah hari. Menemukan zen itu cukup vital di era sekarang, dan melakukan savasana bisa membantu kamu mengurangi pikiran cemas, dan gerakan lain seperti extended triangle pose juga bisa meningkatkan fleksibilitas, dan membantu melawan rasa pegal setelah berlama-lama kerja di depan laptop selama berjam-jam.



    Temukan beberapa keseruan dalam latihan yoga kamu dengan janji video call bersama teman untuk olahraga bersama, seperti menyetel suatu video yoga yang jadi favorit kalian. Yang penting, pahamilah bahwa tak apa jika kamu belum bisa 100% menirukan arm balance yang effortless dari video. Latihan akan membuat gerakanmu sempurna!


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Cottonbro from Pexels / Emily Abbate)