Better You

Lakukan 4 Pose Yoga Ini untuk Tidur Lebih Nyenyak

  by: Kezia Calesta       26/1/2021
  • Yes, yoga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, juga membantu melepaskan stres. Nah, apakah kamu tahu bahwa aktivitas yoga juga dapat melancarkan tidur? Menurut Sleep Foundation, yoga mendukung tidur yang lebih nyenyak lewat berbagai cara:




    • Saat melakukan yoga, kamu menerapkan olahraga pernapasan dan teknik deep breathing yang mendukung relaksasi serta tidur nyenyak.

    • Melakukan yoga secara reguler merupakan olahraga, dan olahraga dapat meningkatkan sleep hygiene dan melancarkan kebiasaan tidur.

    • Meskipun yoga bukan salah satu olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori, olahraga ini tetap membantu menurunkan berat badan sedikit demi sedikit. Nah, penurunan berat badan juga akan berdampak baik terhadap kebiasaan tidur, serta mengeliminasi masalah tidur seperti sleep apnea.


    Apa saja pose yoga mudah yang bisa kamu lakukan sebelum tidur?


    1. Standing forward bend (uttanasana)

    Mulai dari posisi berdiri tegak, lalu tekuk torso (batang tubuh) ke depan secara perlahan sampai kepalamu menghadap bagian lutut. Letakkan tangan di belakang kaki atau di lantai.


    2. Wide-knee child's pose (balasana)

    Berlututlah di lantai dan pertemukan kedua jempol kakimu. Tempatkan posisi lutut secara lebih terbuka, kemudian tekuk batang tubuh hingga kepala menyentuh lantai. Letakkan kedua tangan di sisi tubuh.




    3. Reclined butterfly (supta baddha konasana)

    Mulai dari posisi terlentang, pertemukan kedua mata kaki dengan satu sama lain kemudian buka lutut sehingga membentuk belah ketupat. Letakkan kedua tangan di sisi tubuh atau di atas kepala.


    4. Legs up the wall (viparita karani)

    Mulai dari posisi terlentang, tempatkan kedua kaki sejajar dengan dinding agar tubuh membentuk "L". Letakkan kedua tangan di sisi tubuh.


    Selamat mencoba!


    (Image: @conscious_design via Unsplash)