Lifestyle

Ini Horoskop untuk Mercury Retrograde Pertama di Tahun 2021

  by: Shamira Priyanka Natanagara       29/1/2021
  • Here we are, baru memasuki awal 2021, dan kita sudah diberi tantangan oleh alam semesta. Ya, Mercury Retrograde, transit astrologi yang paling terkenal (dan ditakuti) telah hadir! Merkurius akan berada di fase retrograde pada Aquarius dari 30 Januari hingga 20 Februari, jadi bersiaplah, karena beberapa minggu ke depan akan ada sejumlah ringtangan! Para fixed signs, Aquarius, Taurus, Leo, dan Scorpio adalah yang paling merasakan retrograde ini (boo!) sedangkan Gemini dan Libra akan melaluinya dengan lebih mudah (yay!).

    Merkurius menguasai perjalanan (travel), komunikasi, dan perdagangan (commerce), jadi ketika memasuki fase retrograde (yang berarti planet tersebut tampak seakan-akan bergerak mundur di langit dari perspektif kita di Bumi), ketiga area dalam hidup kita tersebut menjadi lebih, err, kacau. Masalah dengan jadwal, gangguan teknologi, masalah dengan transportasi, dan baaanyak miskomunikasi dikenal sebagai ciri khas Mercury Retrograde. Namun sekarang, kemungkinan drama dan ketidaksepakatan dengan orang-orang di sekitarmu akan menjadi isu yang lebih besar. Itu karena Merkurius berada di Aquarius, yakni zodiak yang identik dengan lingkaran sosial.

    Perlu juga diingat bahwa selama setahun terakhir, fase retrograde Merkurius berada di zodiak berelemen air, dan kini siklus baru Mercury Retrograde dimulai di zodiak berelemen udara (yes, elemen Aquarius adalah udara!). Ketika planet komunikasi retrograde di zodiak air, terjadi banyak drama emosional, tapi ketika berada di zodiak udara, kamu akan menghadapi masalah terkait komunikasi, fokus, dan menjadi tertata. Mercury Retrograde ini akan mengubah kecepatan dibanding retrograde sebelumnya, jadi akan terasa sediiikit lebih intens.



    Ada pula banyak hal yang terjadi di Aquarius, jadi bagian dari birth chart manapun yang dikuasai Aquarius akan menjadi fokus utama! Untuk bertahan di retrograde ini, ingat tiga hal: Pertama, pastikan kamu berkomunikasi dengan sangat jelas. Kedua, jangan beli teknologi baru apapun atau membuat investasi besar. Ketiga, jangan mulai menjalin hubungan baru, karena begitu retrograde berakhir kemungkinan hubungan tersebut juga akan berakhir, dengan cepat.

    Mungkin kedengarannya sungguh overwhelming, tapi ingat, retrograde tidak dipenuhi stres tanpa alasan! Masa ini adalah waktu untuk brhenti sejenak, melihat masa lalu, dan membuat segalanya tertata agar kamu bisa memulai proyek, pekerjaan, dan hubungan yang baru serta lebih baik setelah Mercury Retrograde berakhir.



    Baca horoskop Mercury Retrograde di Aquarius untuk Sun/Rising sign-mu:


    Aries

    Kamu mempelajari siapa saja teman sejatimu sekarang, Aries. Kelompok pertemananmu dipenuhi orang-orang yang hobi berkata buruk, tukang gosip, dan frenemies, dan retrograde ini akan menyorot semua hal yang mencurigakan! Coba untuk hindari perkelahian, dan jadilah jujur dengan dirimu. Kalau sebuah pertemanan telah melewati tanggal kedaluwarsa, let it go. Kamu akan menemukan teman yang jauh lebih baik setelah retrograde ini berakhir.


    Taurus

    Hubunganmu dalam berkarier—terutama dengan sang bos—terasa tegang sekarang, dan kamu merasakan tekanan untuk mengerjakan tugas lebih baik daripada sebelumnya. Saran dari Cosmo: Jangan mulai pekerjaan atau proyek baru. Selesaikan tugas yang sedang kamu kerjakan saat ini dan tunjukkan pada sang bos bahwa kamu bisa menyelesaikannya dengan baik. Pada akhir retrograde, kamu bisa menemukan kesempatan untuk memperoleh kenaikan gaji, bonus, atau bahkan naik pangkat!


    Gemini

    Mercury Retrograde mendorongmu untuk mempertimbangkan kembali keyakinanmu. Bukan opinimu, seperti restoran favorit, tapi keyakinan politik, spiritual, dan filosofis. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain. Pelajari perbedaan orang, tempat, dan ide. Dengan berpikir, kamu akan menyadari bahwa beberapa keyakinanmu tak lagi sesuai dengan dirimu yang sekarang. Dan juga, akan ada banyak konflik terkait penjadwalan, sorry!


    Cancer

    House kedelapan, yang menguasai utang dan keintiman, akan menjadi fokus utama retrograde ini. Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu, jika tidak masalah besar terkait keuangan dapat muncul. Retrograde ini juga mendorongmu untuk mengevaluasi hubungan terdekatmu—apakah berjalan dengan lancar? Apakah kamu dan si dia sama-sama mendukung dan membangkitkan satu sama lain? Bagaimana dengan kamu dan sang sahabat? Kamu menemukan ketidakseimbangan pada hubungan terdekat—gunakan retrograde ini untuk memperbaikinya.


    Leo

    Ini adalah retrograde yang penting bagimu, Leo! Semua hubungan ‘p’ yang kamu miliki—pertemanan, pasangan hidup, pasangan bisnis, dan permusuhan—adalah bagian-bagian terpenting dalam hidupmu sekarang ini. Tunggu sampai retrograde ini berakhir sebelum membuat perubahan besar dalam kehidupan asmaramu! Cuaca astrologi selama tiga minggu ke depan mendorongmu untuk mengevaluasi kembali situasimu dengan teman lama dan mantan. Ini bisa berarti kamu butuh block mereka, melakukan percakapan tentang keinginan untuk berteman kembali, atau bahkan memulai kembali hubungan yang baru!


    Virgo

    Meski kamu memiliki reputasi sebagai zodiak yang paling terorganisir, hidupmu sungguh tidak tertata sekarang. Gunakan beberapa minggu ke depan untuk bersih-bersih, mencari jadwal yang lebih efektif, dan coba mulai kebiasaan sehat. Eat right, stay fit, and take care of your mental health, too. Perubahan konstruktif yang kamu lakukan sekarang akan bertahan saaangat lama!




    Libra

    Lucky you, Libra! Kamu melalui retrograde ini dengan cukup mudah, karena mengaktifkan bagian dari birth chart-mu yang paling beruntung dan baik, yaitu house kelima. Kemungkinan kamu akan mengalami sedikit drama dengan mantan, atau menerima pesan flirty dari orang-orang yang pernah berhubungan denganmu di masa lalu. Di sisi positifnya, ini adalah waktu yang sangat baik untuk mengembangkan kreativitas. Bahkan jika kamu tak pernah memiliki sisi artsy sama sekali, melukis, menulis, menyanyi, dan menari bisa membantumu meringankan stres dan bersenang-senang. So jangan ragu untuk menyanyi di kamar mandi atau melatih tarian TikTok yang sedang hits.


    Scorpio

    Coba hindari berpindah atau menandatangani kontrak terkait properti selama retrograde ini—bisa menimbulkan kesalahpahaman dalam waktu dekat. Meskipun begitu, pernahkah kamu berpikir ingin merenovasi tempat tinggalmu? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menghias ulang, menata ulang, dan reconnect dengan orang-orang yang tinggal bersamamu. Tapi hati-hati terhadap kerusakan peralatan rumah tangga—Mercury Retrograde bisa berdampak pada benda-benda yang kamu miliki.


    Sagittarius

    Kamu sangat terbuka dengan pendapatmu (bahkan beberapa orang menganggap dirimu blak-blakan), tapi retrograde ini sungguh mendorongmu untuk berpikir sebelum berbicara! Kehilangan kendali akan komunikasi kerap terjadi di Mercury Retrograde, tapi selama kamu membaca ulang semua pesan/DM yang kamu kirim (dan terima!), you'll be totally fine!


    Capricorn

    Keep an eye on your bank account, Capricorn! Mercury Retrograde pada zona keuangan chart-mu berarti satu pembelian yang dilakukan secara impulsif saja bisa mengacaukan bujet untuk sebulan! Kamu tak akan bokek, tapi lakukan yang terbaik untuk menggunakan uang secara bijaksana, menabung selagi mampu, dan perhatikan pengeluaran serta pendapatanmu!


    Aquarius

    Well, well, well. Mercury Retrograde sedang berada di zodiakmu, Aquarius, jadi kamulah yang paling merasakannya! Saran dari Cosmo? Coba hilangkan sikap keras kepalamu. Sadari bahwa kata-katamu bukanlah alat hukun dan kamu tak perlu benar setiap saat. Kemungkinan beberapa orang sebenarnya lebih paham akan sesuatu daripada dirimu (jangan sok tahu!). Be less of a teacher and more of a listener, and you'll be okay!


    Pisces

    Kemungkinan besar para mantan akan kembali hadir di hidupmu, Pisces. Dan bukan hanya mantan pasangan—teman, proyek, dan pekerjaan dari masa lalu akan muncul kembali dalam hidupmu. Pada dasarnya, yang ingin disampaikan bintang-bintang di langit adalah kamu memiliki banyak sekali hal yang terjadi dalam hidup, dan inilah waktunya untuk memilih mana saja yang terbaik dan buang sisanya!



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. 周 康 from Pexels)