Love & Sex

Please, Jangan Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Mantan! Ini Alasannya!

  by: Giovani Untari       30/1/2021
  • Jika kamu penasaran apakah boleh memberi ucapan selamat ulang tahun kepada mantan melalui pesan? Maka Cosmo beri tahu jawaban sesungguhnya: tentu saja tidak!

    Alasan sebenarnya memang cukup panjang dan complicated, babes! Bahkan para pakar kencan dan hubungan juga bolak balik berpikir tentang pertanyaan yang akan kamu tanyakan paling tidak sekali dalam setahun ini.




    Beberapa pakar ada yang menyetujui hal ini:

    • “Bila hubungan berakhir dengan cara baik-baik, tentu saja tidak masalah melakukan hal ini,” ujar recovery coach sekaligus founder dari Narcissistic Abuse Rehab, Manya Wakefield.
    • “Jika kalian berdua berakhir dengan menjadi teman dan masih cukup sering berhubungan, tentu saja Anda bisa dan harus mengucapkan selamat ulang tahun kepada mantan Anda,” tukas relationship and dating coach, Ashley Harris.
    • “Jika ucapan ‘happy birthday’ yang Anda berikan kepada sang mantan benar-benar bermakna ‘happy birthday’, maka hal ini menjadi sesuatu yang bisa diterima saat Anda mengiriminya pesan,” tutur dating coach, Tennesha Wood.


    Tetapi, para pakar lainnya juga memberi nasihat tersendiri mengapa kamu sebaiknya TIDAK mengirimkan mantan pesan ucapan selamat ulang tahun:

    • “Jika hubungan yang pernah dijalani bersama si mantan membuat Anda merasa down, jalan terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhinya. Kesimpulannya: investasikan waktu Anda kepada orang-orang yang bisa membuat Anda bahagia,” ujar Wakefield.
    • “Anda mengakhiri apa yang telah terjadi di antara kalian. Dan kalian berdua harus move one,” ujar relationship dan dating expert Amy Olson. “Sebuah pesan ucapan selamat ulang tahun yang tiba-tiba bisa memberi tanda bahwa Anda masih belum bisa move on darinya dan ingin agar kalian kembali bersama.”



    Tapi izinkan Cosmo memberi opini personal untuk pertanyaan membingungkan ini: Jika kamu berpikir bahwa memberi ucapan “selamat ulang tahun!” kepada mantan mungkin bukan terlihat sebagai sesuatu hal yang buruk dan mengganggu, tapi kamu bisa saja salah!

    Terkadang sebagai manusia, kita ingin melakukan sesuatu yang dianggap “baik”. Tetapi tak jarang sebagian dari kita juga buruk dalam hal membuktikan kebaikan tersebut, bukan? 

    Ucapan selamat ulang tahun yang dikirimkan terkadang bukan tentang mengharapkan kebahagiaan kepada sang mantan, tetapi juga bisa soal membangun alasan dan bukti emosional setelah kalian berpisah. Makna terselubung dari setiap pesan selamat ulang tahun dari mantan bisa saja berisi: “Hey lihat saya sekarang, saya sudah berhasil move on dari Anda. Sekarang saya bisa dengan mudah mengucapkan selamat kepada Anda -wahai mantanku- dan ini sungguh luar biasa!”




    Rasanya memberi ucapan “selamat ulang tahun!” menjadi dilema tersendiri saat kamu harus kembali menghubungi mantan. Karena kebanyakan dari kita tidak benar-benar bisa mengucapkan “happy birthday!” secara sungguhan dan akan langsung bersikap acuh seolah tidak terjadi apapun setelah pesan itu dikirimkan.

    Sebuah balasan dari ucapan ulang tahun kamu kepada mantan dapat berlanjut dan memunculkan pesan lainnya yang mengerikan, seperti: “....saya berharap kamu baik-baik saja, (TAMBAHKAN NAMA KAMU DI SINI)”, atau, “rasanya sudah lama sekali kita tidak mengobrol ya dan...”




    Lantas bagaimana jika kamu yang menerima ucapan selamat ulang tahun dari mantan? Maka yang bisa kamu lakukan adalah hadapi dan balaslah dengan sopan pesan tersebut dengan kata : “Thanks!” lalu hapus percakapan itu SELAMANYA!

    Rasanya di hari ulang tahunmu yang hanya sekali dalam setahun, tidak masalah bersikap sedikit egois dengan cara menghindar untuk mengingat masa lalu yang buruk bersama mantan.


    Cosmo juga memahami bahwa akan selalu muncul dorongan bagi kita untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada mantan, terlebih bagi kamu yang sempat menjalani hubungan secara serius dan pernah merayakan momen ulang tahun bersama si mantan. Ini seperti sebuah masalah moral! Jika kamu tidak memberi ucapan, ia akan berpikir bahwa kamu masih merasa kesal dan diam-diam berharap sebuah ulang tahun yang buruk untuknya. Lalu ada lagi, jika kamu mengucapkan selamat ulang tahun... ia bisa saja tidak membalas pesan kamu dan yang terburuk hanya meresponsnya dengan dingin melalui satu ucapan: “Thanks.”


    Akan lebih mudah jika kamu memiliki prinsip dan aturan pada situasi semacam ini, babes! Dan aturannya adalah: jangan mengirimkan pesan ucapan ulang tahun kepada mantan!!!



    Pada hari ulang tahunnya, jauhkan diri kamu dari smartphone selama 24 jam penuh jika perlu. Sebab hadiah ulang tahun terbaik yang bisa kamu berikan kepada sang mantan adalah dengan membiarkannya seorang diri. Tidak perlu ada pesan selamat ulang tahun, kiriman kue plus kartu ucapan, hadiah berupa benda koleksi favoritnya, atau apapun itu.

    Biarkan ia menikmati hari spesialnya sesuai apa yang ia inginkan – dan tentu saja tanpa kamu!



    Beberapa aturan lainnya juga bisa kamu terapkan di sini. Seperti jika kamu dan mantan kini tetap berteman dengan baik, maka tentu saja kirimkan ia ucapan selamat ulang tahun! Namun catat: hanya sebagai teman. Kategori mantan ini adalah ia yang tetap berhubungan dengan kamu selama tiga sampai empat kali dalam sebulan tanpa adanya drama di antara kalian setelah berpisah.


    (Seperti, jika ia mengirimkan pesan secara tiba-tiba di Rabu sore dan kamu tidak merasa kaget hingga perlu men-screenshot pesan tersebut lalu mengirimkannya kepada teman baikmu sambil berkomentar, “OMG, WTF, KENAPA IA MENGIRIMKAN SAYA PESAN?!!?” Kalau saat ini kamu tidak mengalami situasi seperti di atas dengan mantan kamu, atau sedang merasa kurang yakin, hmmm saran Cosmo adalah: jangan mengiriminya pesan ulang tahun! Sekali lagi jangan!).




    Kamu pasti pernah dengar pepatah: “Apabila kamu tidak bisa mengucapkan sesuatu yang baik, maka lebih baik untuk tidak mengatakan apapun,” bukan? Dan ini pun berlaku pada topik satu ini.

    Jika kamu tidak bisa mengucapkan “Selamat ulang tahun” dengan tulus ke mantan (tanpa menambahkan umpatan dalam hati semisal: “Selamat ulang tahun, selamat karena kamu sudah sukses menghancurkan hidup saya!!! Saya berharap kue ulang tahun kamu terasa seperti pasir dan juga hidup kamu selalu dipenuhi hal-hal sial!”), maka lebih baik tidak mengirim pesan apapun. 

    If you're very lucky, your garbage ex will return the same favor to you.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US,  Becca Tapert on Unsplash, Isabella and Louisa Fischer on Unsplash, Tenor.com)