Beauty

5 Cara Merawat Kuku Di Rumah Agar Tetap Terlihat Sehat & Kuat!

  by: Astriana Gemiati       3/1/2022
  • Upaya untuk membangun rutinitas selfcare yang menyeluruh tidak akan pernah lengkap tanpa memasukkan beberapa perawatan kuku (yang sangat dibutuhkan). Bayangkan saja, membuka sebotol wine dan memamerkan kuku yang tidak terawat serta terkelupas—No. no. babe! "Dalam hal merawat kuku, orang sering menganggap prosesnya rumit dan mahal. Namun, beberapa tips sederhana dan home-friendly bisa jadi solusi untuk kamu yang pemalas dan tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu—atau uang—tentang perawatan kuku," jelas Sneha Bhagwat, Pendiri, Nailbox Bengaluru.


    Untuk kuku yang kuat dan kokoh serta kutikula yang lembut, serta lentur, kamu harus memberikan perhatian dan kasih sayang. Ladies, ucapkan selamat tinggal pada kerapuhan dengan tips perawatan kuku yang disetujui para ahli ini:



    Oleskan cuticle oil

    Sebelum kita menangani kuku, mari kita mengalihkan fokus ke kutikula. "Pastikan kamu mengoleskan minyak kutikula dan tidak memotong kuku terlalu banyak. Selain memangkas, mengoleskan kuku dengan rapi juga akan membantu menjaganya tetap segar dan sehat. Jaga kutikula kamu dari tanda-tanda kemerahan, bengkak, atau peradangan. Pertimbangkan untuk menggunakan buff lembut pada kuku untuk menghindari tepi kasar dan scarring," saran Sneha.



     

    Gunakan base dan top coat

    "Tambahkan base coat untuk perlindungan dan lapisan atas untuk kesan kilau. Top coat juga mengurangi kemungkinan terkelupas," menginformasikan Sneha. "Gunakan base coat dan hardener untuk melindungi kuku yang rusak. Juga, bawalah nail growing kit sebisa mungkin," tambah Pooja Malhotra, Makeup Artist, Kiko Milano.


    Kunci kelembapan dengan nail oil

    Ketika merawat kuku, orang sering bingung antara mencuci dengan pelembap. Sneha mengemukakan, "Air membersihkan minyak alami dari kuku dan kulit kamu, serta dapat membuatnya kering. Oleh karena itu, penting untuk mengunci kelembapan dengan nail oil. Minyak kutikula mengandung bahan-bahan yang membantu melembapkan, memperbaiki, dan memperkuat kuku, plus membantu mempercepat pertumbuhan kuku. Pijat minyak ke kuku dan area kutikula setelah mencuci atau membersihkan tangan kamu."


    Konsultasikan dengan profesional

    Pooja menyarankan untuk menghindari—atau setidaknya mengurangi—perawatan kuku yang keras seperti extension dan gel, serta cat kuku akrilik. Jika kamu memilih untuk menggunakan salah satu layanan ini, pastikan untuk menjaga kualitas kuku kamu. "Jika kamu mendapatkan extensions atau overlay, kunjungi studio kuku secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan salon. Jangan mencabut extensions atau mengikis cat sendiri. Produk yang diformulasikan secara khusus ini memerlukan perawatan dan solusi khusus untuk diterapkan atau hapus. Dengan mengambil tindakan sendiri (secara harfiah), kemungkinan besar kamu akan merusak lapisan atas kuku. Dan, sekali kuku kamu rusak, bisa memakan waktu hingga tiga bulan untuk kembali normal," ungkap Sneha. "Selain itu, jika seseorang menawarkan nail extensions dengan harga yang tidak normal lebih rendah dari harga pasar biasanya, berhati-hatilah. Kemungkinan produk yang ditawarkan berkualitas buruk. Edukasi diri kamu tentang merek yang tersedia di pasar dan konsultasikan dengan ahli untuk berjaga-jaga jika kamu memiliki pertanyaan," tambahnya.




    Diet Sehat Berhasil

    Kami telah mengatakannya sebelumnya, dan akan mengatakannya lagi: mengikuti diet yang seimbang dan bergizi adalah yang terpenting untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan tubuh kamu secara keseluruhan. Menurut Sneha, tidak salah jika mereka mengatakan "kamu adalah apa yang kamu makan". Dia berkata, "Apa yang kamu makan memiliki dampak nyata pada kesehatan kuku dan kulit kamu. Jadi, konsistensi adalah kuncinya." Mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan juga akan membantu merangsang pertumbuhan kuku.




    ( Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. GIPHY.com, [email protected] )