Better You

Jangan Mendiagnosa Sendiri Kesehatan Mental, Ini Bahayanya!

  by: Redaksi       4/1/2022
  • Seiring dengan banyaknya orang yang semakin peduli mengenai kesehatan mental, tren memahami kesehatan mental pribadi pun semakin luas. Dengan mengandalkan pengetahuan mengenai kesehatan mental yang beredar luas di internet, banyak orang melakukan diagnosa pribadi atau mengidentifikasi kondisi kesehatan mental diri sendiri. 

    Padahal, mendiagnosa sendiri kesehatan mental yang dialami berdasarkan asumsi pribadi adalah hal yang tidak dibenarkan. Perlu adanya ahli di bidang kesehatan mental yang lebih mengerti mengenai masalah ini. Ingin tahu mengapa kita tidak boleh mendiagnosa sendiri perihal kesehatan mental? Simak ulasannya.




    Salah Diagnosis

    Tidak semua informasi di internet bisa diterima mentah-mentah, begitu pun informasi mengenai kesehatan mental. Saling mengaitkan antara deskripsi di internet dengan apa yang kamu alami bisa jadi berujung pada kesalahan dalam diagnosis, dan hal ini akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Yang paling bahaya: mendiagnosa aritmia jantung sebagai penyakit mental, apalagi kedua penyakit ini memiliki gejala yang hampir sama. Dari yang seharusnya mendapatkan pengobatan untuk jantung, kamu justru berusaha memahami penyakit mental yang kamu hadapi. Inilah sebabnya, lebih baik mengunjungi ahli dibanding membuat diagnosa sendiri.



    Perawatan yang Keliru

    Setiap penyakit memiliki langkah pengobatan dan penanganannya sendiri. Ini juga berlaku pada penyakit mental. Mereka yang berada dalam kondisi penyakit mental ringan pasti memiliki perawatan yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kondisi penyakit mental berat. Mengira-ngira sendiri perawatan yang dibutuhkan bisa jadi akan memperparah kondisi penyakit yang sudah kamu alami.


    Stres Berlebihan

    Salah satu hal yang sering terjadi ketika terlalu banyak membaca berita negatif di internet: stres. Menelan banyak informasi mengenai penyakit mental untuk membuat diagnosa pribadi bisa jadi membuatmu semakin stres dan justru tidak menemukan solusi yang dibutuhkan. Tak mengagetkan jika pada akhirnya kamu membuat diri sendiri menjadi bingung serta mengalami kekhawatiran mengenai penyakit yang kamu alami. Cara terbaik menghindari hal ini? Berbicara dengan ahli untuk membuang segala kecemasan yang berkecamuk di dalam hati.




    Menganggap Remeh Kesehatan

    Kamu mungkin tidak menyadarinya, namun mendiagnosa sendiri keadaan mentalmu sebenarnya berarti kamu menganggap remeh hal tersebut. Kamu mungkin berpikir bahwa kamu bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus mengunjungi ahli. Padahal hal ini justru bisa memperburuk keadaan, apalagi jika penyakit mental yang kamu alami bukanlah gejala ringan. Percayalah, menceritakan masalahmu pada teman alih-alih pada ahli kesehatan mental tidak akan banyak membantu.


    So, jalan terbaik untuk mencari tahu mengenai keadaan mental kita adalah dengan berkonsultasi pada ahli kesehatan mental. Hal ini akan membuat kamu terhindar dari salah diagnosis, menghindari risiko pengobatan yang keliru serta lebih bisa mengontrol diri.

    (Rifqi Fadhillah / Image: Dok. Anthony Tran on Unsplash)


    )