Celebrity

Penasaran Seberapa Besar Kekayaan BTS? Intip!

  by: Alvin Yoga       4/1/2022
  • Perlukah kita mengubah nama BTS menjadi BT$ karena Bangtan Boys kesayangan kita sepertinya mampu mendirikan bank mereka sendiri? Sejak Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook menciptakan musik bersama-sama mulai 2013, mereka berhasil menumpuk banyak harta kekayaan. Dan ya, sebagai anggota ARMY, kita pasti penasaran: Seberapa banyak uang yang berhasil dikumpulkan oleh para pria favorit kita ini? Well, kekayaan BTS tentu sebanyak yang kita pikirkan, atau mungkin lebih banyak lagi—semua berkat musik, kolaborasi, berbagai proyek, dan pernak-pernik yang mereka tawarkan. Mari kita jabarkan satu per satu, sudah siap?


    Tur dan penjualan album menjadi pendapatan utama mereka

    Jelas sekali bahwa musik—menulisnya, memproduserinya, dan menampilkannya—menjadi alasan utama dari kekayaan BTS. Menurut Celebrity Net Worth, BTS berhasil mendapatkan US$170 juta dari tur mereka di tahun 2019, yang tentu saja bukan sebuah kejutan besar, mengingat Love Yourself World Tour terjual habis hampir seketika ketika pengumuman tur itu meluas pada tahun 2018 silam. Berkat tur tersebut, BTS memperoleh pendapatan bersih sekitar US$50 juta antara Juni 2019 hingga Juni 2020, atau sekitar US$7 juta per anggota.



    Dan walaupun mereka harus membatalkan tur mereka di tahun 2020 karena...yah, kamu tahu mengapa, mereka kemudian merilis album studio kesembilan, "BE", pada November 2020, termasuk lagu all-English pertama mereka, "Dynamite" (yang mendapatkan nominasi Grammy), serta EP terakhir mereka, "Butter". Daaan mereka juga mengadakan dua acara konser virtual: Map of the Soul ON:E dan Permission to Dance On Stage. Hasilnya? Para penggemar gembira dan banyaaakk sekali $$ untuk para pria tampan tersebut.




    Mereka juga punya BANYAK perjanjian endorsement

    BTS tak hanya dicintai oleh para penggemarnya—mereka juga dicintai oleh berbagai merek. Bangtan Boys telah menjadi brand ambassador untuk Samsonite, Seoul Tourism, Louis Vuitton, Formula E, Puma, FILA, Coway, LG, Hyundai, dan Samsung, dan tentu saja banyaaakk lainnya. Menurut The Korea Times, BTS bisa mendapatkan hingga $4.5 juta untuk setiap merek Korea yang mereka endorse—dan bayaran tersebut merangkak semakin tinggi ketika mereka mendapatkan global endorsement. (Masih ingat promosi BTS Meal di McDonalds yang sempat terkenal kemarin? Yeah, produk tersebut berhasil membuat mereka mendapatkan lebih dari US$8.5 juta) Namun melihat mereka dikabarkan berhasil membawa lebih dari US$5 miliar pada ekonomi Korea Selatan setiap tahunnya, saya rasa mereka pantas mendapatkan bayaran sebesar itu. Setuju?

    Dan jangan lupakan beberapa kolaborasi mereka dengan beberapa brand. BTS telah merilis berbagai kerjasama bersama Baskin Robbins, LeSportsac, Sketchers, Mattel, CASETiFY, Tamagotchi, VT Cosmetics, dan Jamie Wander, dan ini hanya sebagian kecilnya. Plus, mereka juga punya tokoh kartun sendiri BT21 Line Friends collection. 


    Jangan lupakan juga, film-film mereka

    ICYMI, kembali di tahun 2018, BTS merilis delapan episode dokumenter spesial di YouTube Premium, berdasarkan cuplikan behind-the-scenes dari tur Wings mereka. Mereka juga merilis versi film dari hasil dokumenter mereka berjudul "Burn the Stage: The Movie" di bioskop, yang dilaporkan berhasil mendapatkan hampir US$14 juta dari penjualan tiket di seluruh dunia, hanya pada opening weekend saja.

    Film ini kemudian diikuti dengan "Bring the Soul: The Movie" pada 2019, yang sekali lagi memberikan jutaan dolar dan memecahkan rekor box office, serta "Break the Silence: The Movie" pada 2020. Well, cuplikan tur BTS + distribusi film = gunungan emas.





    Dan juga saham Big Hit

    Salah satu sumber pendapatan terbesar BTS adalah sesuatu yang mungkin tidak kamu perkirakan sebelumnya. Sebulan sebelum agensi BTS, Big Hit Entertainment, menjadi publik dan debut di pasar saham Korea Selatan pada Oktober 2020, masing-masing anggota grup tersebut diberikan saham. Pada akhir hari pertama perdagangan saham, saham tersebut masing-masing bernilai US$7.9 juta. Tidak terlalu buruk! Hmm, kira-kira, berapa ya, harga saham mereka sekarang?


    Jadi...berapa besar kekayaan BTS??

    Menurut The Wealth Record, kekayaan bersih BTS pada tahun 2021 diduga sebesar US$100 juta. Dan karena mereka berenang dalam lautan uang, BTS pun membuat prioritas untuk membalas kebaikan tersebut, yang membuat kita semakin mencintai mereka. (Ingat ketika BTS mendonasikan US$1 juta untuk Black Lives Matter pada Juni 2020??) Enjoy that wealth, boys.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)