Better You

Sedang PMS? Ini 6 Makanan yang Efektif untuk Mengatasinya!

  by: Giovani Untari       8/1/2022
  • Bagi sebagian dari kita, PMS adalah waktu bulanan di mana kita merasa tidak nyaman, bersikap di luar kendali, tidak bisa menolerasi apapun, dan yang kita diinginkan hanyalah bersantai sembari makan cokelat sepuasnya. 

    Fase-fase inilah yang membuat tubuh seolah MEMBUTUHKAN gula, gula, dan lebih banyak gula agar kita tidak kembali ke mode mengerikan dan bad mood. Well yeah... meski sebenarnya kita pun sadar bahwa mengonsumsi cookies lezat atau minuman boba manis itu sebenarnya hanya akan membuat kondisi PMS semakin bertambah buruk.




    Tapi tentu saja ada sejumlah makanan yang dapat membantu mendukung hormon kita bahkan ikut mengatasi PMS. Jadi sebelum kamu impulsif mengambil sekotak es krim, yuk coba makanan berikut ini:



    1. Bayam

    Kaya akan magnesium, yang mana zat ini berperan penting untuk mengatur keseimbangan hormon perempuan. Studi menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami PMS umumnya memiliki kadar magnesium yang rendah di darahnya dibanding mereka yang tidak menunjukkan gejala apapun. Cukup mengonsumsi satu cup dari bayam, maka sayuran ini sudah memenuhi 40% kebutuhan dari magnesium harianmu. Bagi kamu yang tidak suka sayuran, kamu bisa menambahkannya pada menu salad, omelet, dan smoothies. 


    2. Salmon

    Tinggi kandungan anti-inflamasi dan lemak omega-3, yang mana keduanya berfunsi untuk meredakan kram dan nyeri menjelang serta saat menstruasi. Salmon juga mengandung sumber zat gizi terbaik seperti vitamin D yang dapat mengatasi gejala PMS. Selain lewat salmon, saat musim hujan kamu juga tetap bisa mendapat asupan vitamin D melalui suplemen.




    3. Brown Rice

    Bahan makanan satu ini mengandung magnesium, vitamin B6, dan zat mangan yang bekerja secara ampuh untuk meredakan gejala PMS. Kadar mangan dalam tubuh perempuan sering kali naik turun saat siklus menstruasi. Jadi meningkatkan jumlahnya dalam tubuh bisa membantu mengurangi rasa tegang dan mood swings. Makanan lainnya yang juga tinggi zat mangan adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan whole grains.


    4. Sweet potato

    Sweet potato atau ubi jalar adalah salah satu sumber vitamin B6 terbesar yang bisa meredakan sejumlah gejala PMS termasuk depresi, mood swings, dan rasa ingin marah. Vitamin B6 juga memegang peranan penting bagi otak dalam menghasilkan dopamine dan serotonin yang merupakan hormon “bahagia”. Cobalah mengonsumsi keripik ubi jalar sebagai camilan comfort food kamu.




    5. Yogurt

    Sebuah studi menunjukkan bahwa produk dairy yang tinggi kalsium berpotensi menurunkan risiko PMS sebanyak 40%. Woah! Kalau kamu tidak terlalu menyukai produk dairy, maka bisa kok menggantinya dengan kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau (seperti brokoli, bayam, dan kale) yang juga tinggi kalsium.




    6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

    Waktunya memilih kedua makanan ini sebagai snack saat kamu menstruasi, babes! Kandungan protein, serat, dan berbagai nutrisi lainnya menjadi sumber energi yang dirilis tubuh secara perlahan, menjaga kadar gula darah tetap seimbang, dan meningkatkan hormon serotonin. Pilihlah almond dan pumpkin seed yang merupakan sumber vitamin E tinggi yang bisa mengatasi nyeri payudara dan kram menstruasi.





    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Daniela Constantini from Pexels, Any Lane from Pexels, Kübra Doğu from Pexels).