Beauty

Wajib Coba! 3 Tahap Simpel Perawatan Kulit Untuk Pejuang Jerawat

  by: Redaksi       9/1/2022
  • Sampai saat ini, rutinitas skincare untuk kulit wajah Cosmo yang berjerawat terdiri dari spironolactone (pil jerawat yang “ajaib”) dan hanya spironolactone. Pil ini adalah satu-satunya produk yang berhasil menghilangkan jerawat hormonal yang membandel setelah bertahun-tahun mencoba berbagai krim, serum, dan spot treatment yang ada. Tapi kembali pada awal bulan Maret lalu, Cosmo memilih untuk berhenti menggunakan spironolactone, untuk melihat bagaimana kulit akan bereaksi tanpa bantuan obat.


    Namun, begitu Cosmo berhenti minum obat, Cosmo menyadari sesuatu yang agak mengejutkan: skincare routine-ku sebenarnya… tidak ada? Cosmo beranggapan bahwa tidak membutuhkan rejimen perawatan kulit; karena dosis harian spiro membuat kulit wajah benar-benar bebas jerawat, bahkan jika Cosmo tidak mencucinya, mengeksfoliasinya, maupun melembapkannya. Hal ini sebenarnya dapat dikatakan sesuatu yang bagus, karena kebetulan Cosmo adalah orang yang benar-benar pemalas.




    Terlepas dari penggunaan spironolactone, tiba-tiba Cosmo harus dengan cepat berhenti menjadi orang yang pemalas. Dan, karena Cosmo tidak akan memulai 10-step routine yang intensif (maaf, tapi saya tidak akan pernah melakukannya), Cosmo menghubungi beberapa dokter kulit terpercaya dan menemukan skincare routine yang sangat sederhana—namun benar-benar efektif—untuk seseorang dengan kulit berjerawat seperti Cosmo.



    FWIW, saat ini Cosmo berada di minggu keenam dari rutinitas simpel ini, dan kulit wajah terlihat sangat clear and calm, yang mana hal ini sedikit mengejutkan mengingat saat ini kita hidup di waktu yang paling tidak tenang. Jadi, jika kamu seperti Cosmo dan cukup tidak bersemangat atau lelah bahkan stres untuk berkomitmen pada rejimen perawatan kulit yang memakan waktu lebih dari tiga menit atau melibatkan lebih dari tiga langkah, Cosmo 100% merekomendasikan kamu untuk mencoba lazy skincare routine ini.


    Langkah 1: Cuci Wajah

    Kamu sudah tahu (I hope?) bahwa mencuci muka setidaknya sekali sehari—terutama jika kamu memiliki jerawat—adalah hal yang perlu dilakukan. TAPI tahukah kamu bahwa sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan sabun pencuci wajah anti jerawat? Mengejutkan, Cosmo tahu. Tetapi kenyataannya adalah, sebagian besar pembersih jerawat terlalu keras dan membuat wajah menjadi kering. Jadi ketimbang menyembuhkan jerawat di wajah, produk tersebut hanya akan merusak pelindung kulit pada wajah, dan membuat kamu menjadi lebih rentan terhadap jerawat setelah setiap menggunakannya. Sebagai gantinya, gunakan produk pembersih wajah yang lembut dan bebas sulfat—itu akan melarutkan minyak berlebih, kotoran, dan bakteri tanpa membuat kulitmu terkelupas atau terasa kencang dan iritasi.


    Langkah 2: Melembapkan

    Dengar: Kulit berminyak dan berjerawat 100% membutuhkan kelembapan. Tanpa itu, kelenjar minyak pada wajah akan menjadi overdrive dan akhirnya memproduksi lebih banyak sebum (minyak) untuk mengimbanginya, yang kemudian menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan kulit terlalu berkilau. Jadi, kamu tahu, kebalikan dari apa yang kamu inginkan. Jaga kulit agar tetap seimbang dan terhidrasi dengan pelembap ringan bebas minyak (gunakan formula losion jika tipe kulitmu kering atau kombinasi, dan formula gel jika tipe kulit kamu berminyak) yang mengandung bahan-bahan yang hydrating, seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramide.


    Langkah 3: Pakai SPF

    Kamu tahu tanda dan bekas luka menjengkelkan yang bertahan selama berminggu-minggu—kadang berbulan-bulan—setelah berjerawat? Baiklah, paparan sinar UV dari matahari membuatnya lebih buruk (dan, reminder, mereka juga dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit). Jadi tolong, oleskan sunscreen pada wajah setiap pagi.




    Pastikan produk yang kamu gunakan memiliki formula (1) mengandung SPF 30 atau lebih, yang merupakan dosis minimum harian yang direkomendasikan oleh para dokter kulit; (2) memberikan perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA (jenis penyebab kerusakan) dan sinar UVB (jenis penyebab kanker); dan (3) noncomedogenic, artinya formulanya sudah teruji tidak menyumbat pori-pori.


    Mari kita bicara tentang hasilnya

    Bukan untuk menjadi buzzkill, tetapi rutinitas ini—atau rutinitas apa pun—tidak akan mengubah kulit kamu dalam semalam. Sebagian besar perawatan jerawat membutuhkan waktu antara empat hingga 12 minggu pada penggunaan yang konsisten sebelum memberikan hasil yang terlihat (penekanan besar terdapat pada konsistensi—menggunakan produk yang ada di sini dan di sana tidak akan membuat perbedaan). Just stick with it (kecuali kamu mendapatkan reaksi yang sangat buruk, dan dalam hal ini, hubungi dokter kulit untuk sesi telemedicine) dan Cosmo berjanji kamu akan senang dengan hasilnya.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Salsa Meilivia / AG / Image: Dok. Kevin Laminto on Unsplash).