COSMOPOLITAN PLAYLIST20:00 - 23:59    
NOW PLAYING

Mengenal Lebih Dalam Soal Flurona dan Bahayanya

BY GIOVANI UNTARI 12 Jan 2022
Mengenal Lebih Dalam Soal Flurona dan Bahayanya

Sejak pandemi dimulai dua tahun lalu, ada begitu banyak istilah medis dan kata baru yang mengisi topik percakapan harian kita semua.

Mulai social distancing sampai Omicron, karantina, bahkan Pfizer, ini semua adalah contoh istilah-istilah yang kita pelajari terkait dengan situasi pandemi saat ini. Dan istilah terbaru ada di-list kita yaitu ‘flurona’ di mana kasus pertamanya baru saja dilaporkan.


Tetapi, apa sih sebenarnya flurona? Apakah kita harus khawatir akan hal ini?

“Istilah flurona pertama kali digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang terkena COVID-19 dan infeksi influenza (flu) di saat yang bersamaan,” ujar Dr Rachel Warnd, seorang dokter yang juga sering hadir di program BBC Breakfast kepada Cosmopolitan UK

“Dengan tingginya angka kasus COVID ditambah kita yang kini tengah memasuki musim flu, diperkirakan akan ada banyak pasien yang terserang dua penyakit ini sekaligus.”




Terkait dengan prediksi kasus flurona yang akan bertambah terutama saat musim hujan, Dr Ward mengatakan bahwa kita tidak perlu panik sebab beberapa riset terkait infeksi ini masih terus dilakukan.

Tetapi bukan berarti kita harus melonggarkan segala protokol kesehatan ya, dear! Yang ada kita justru harus terus menaati beberapa aturan seperti tetap memakai masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer dan memberikan perhatian ekstra agar terhindar dari penyakit satu ini.


“Kami masih memerlukan waktu terhadap kasus COVID dan infeksi flu yang ada saat ini untuk memahami dampak dari Flurona,” terangnya.

“Tetapi yang menjadi kekhawatiran adalah saat seseorang terserang gejala dari infeksi kedua penyakit ini maka ia akan merasa lebih sakit dibanding yang hanya terserang satu infeksi. Ada kekhawatiran pula saat menjelang musim flu, akan semakin banyak pasien yang masuk rumah sakit karena masalah ini. Sementara kita pun saat ini sedang kewalahan menghadapi kasus COVID yang terus bertambah setiap harinya.”



Jadi, bagaimana cara terbaik untuk melindungi diri kita sendiri dari Flurona?

“Seseorang yang telah mendapat vaksin flu dan COVID-19 lebih kecil kemungkinannya untuk terserang Flurona. Inilah alasan mengapa kami sangat menyarankan agar orang-orang di luar sana mendapat kedua vaksin tersebut,” tukas Dr Ward. 

“Saat ini cara terbaik melindungi diri kita sendiri adalah dengan menerima dosis vaksin flu dan vaksin COVID secara lengkap untuk mengurangi kemungkinan Anda terserang salah satu penyakit ini dan juga meminimalisir gejala yang ditimbulkan apabila Anda terserang Flurona.”





(Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Pavel Danilyuk from Pexels, Anna Shvets from Pexels, Andrea Piacquadio from Pexels).


0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE