Beauty

Chanel Rilis Koleksi Sustainable Terbaru: N°1 De Chanel

  by: Astriana Gemiati       19/1/2022
  • Dikenal dengan produk ikonisnya yaitu Nº5, rumah mode asal Prancis, Chanel resmi merilis rangkaian produk kecantikan dan perawatan kulit berbahan alami dan berkelanjutan dengan memperkenalkan N°1 De Chanel.


    Koleksi N°1 De Chanel menawarkan pendekatan merek yang lebih skinimal terhadap kecantikan yang inovatif, global, dan berkelanjutan, yang menghadirkan konsep holistik asli dari Gabrielle Chanel. Lini baru ini mempertahankan pancaran kulit tampak muda dengan mendukung sumber vitalitas. Di jantung formula inovatifnya terletak Camellia, yang merupakan bunga simbol Gabrielle Chanel. Koleksi N°1 De Chanel sendiri terdiri dari sembilan produk, yang meliputi skincare, makeup, dan fragrance mist.




    The Inspiration

    Bagi Gabrielle Chanel, Camellia selalu menjadi bunga ikonis, menyimpan kualitas muda yang kaya dan abadi di balik kelopak merlotnya. Pada tahun 2022, Chanel telah memilih bunga spesial ini sebagai esensi dari koleksi perawatan kulit N°1 De Chanel yang baru. Garis avant-garde lahir di Gaujacq, sebuah kota di barat daya Prancis, di mana laboratorium penelitian berada dan sejumlah ahli berkomitmen melakukan metode budidaya agroekologi inovatif mereka.



    Berdasarkan penelitian lebih dari satu dekade tentang tanaman Camellia, N°1 De Chanel menampilkan koleksi produk anti-penuaan yang mengklaim dapat melindungi kulit dari agresor yang disebabkan oleh stres, sinar ultraviolet, dan polusi. Bahan utama Chanel adalah red camellias mengandung protocatechuic acid, antioksidan yang ditemukan untuk memperlambat timbulnya penuaan (penuaan biologis), mengurangi kekeringan dan kusam.




    Beauty Ahead of Time

    Salah satu prioritas Chanel adalah mengembangkan formula dengan persentase bahan baku tinggi yang ramah lingkungan dan bersumber secara berkelanjutan. Dengan pendekatan peningkatan berkelanjutan, Chanel secara sistematis mengevaluasi jejak lingkungan dari bahan-bahannya dengan menganalisis asal-usul dan proses produksinya. Formula N°1 De Chanel menghormati bahan-bahan yang berasal dari alam yang terbarukan dan telah mengurangi dampak lingkungan. Mereka mengandung hingga 97% bahan yang berasal dari alam, tanpa mengurangi efektivitas, keamanan, atau sensorialitas. Formula ini juga mencakup hingga 76% turunan Camellia, dengan kelopak, biji, dan ragi yang digunakan agar tidak menyia-nyiakan tanaman apa pun. Memang, ekstrak red Camellia memberikan sifat revitalisasi, sedangkan Camellia water yang menyegarkan, red Camellia oil, diperoleh dengan menekan biji, untuk bantu menjaga kelembapan di kulit. Dan, ekstrak ragi jenis Pichia dari mikrobiota Camellia, membantu memperkuat fungsi penghalangnya. Terakhir, cangkang biji digunakan untuk kekuatannya dalam kemasan Revitalizing Cream.



    Rangkaian kemasan N°1 De Chanel juga dirancang secara ramah lingkungan. Berat stoples dan botol telah dikurangi, melalui desain yang ramping, rata-rata minus 30% untuk seluruh lini N°1 De Chanel, dan hingga minus 50% untuk toples kaca Revitalizing Cream. Penggunaan bahan yang dapat didaur ulang dinilai: 80% produk dalam kisaran ini terbuat dari kaca. Botol krim dapat diisi ulang dan dipatenkan. Penggunaan plastik dibatasi, terutama yang sekali pakai seperti plastik. Selebaran kertas telah dihapus. Tinta yang digunakan untuk menghias botol semuanya organik. Pada tutupnya, tinta telah diganti dengan penggunaan ukiran pada cetakan produksi. Terakhir, semua tutup lini produk mengandung bahan daur ulang atau bersumber dari hayati. Selain itu, tutup Revitalizing Cream menggabungkan kulit biji Camellia.

    Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi yang dimulai pada tahun 2018 antara Chanel Fragrance and Beauty Packaging Innovation Department dan perusahaan start-up Finlandia, SULAPAC. Terdiri dari 90% bahan bersumber hayati yang berasal dari sumber daya terbarukan, serutan kayu bersertifikat FSC™5 (produk sampingan dari industri kertas) dan kulit biji kamelia, tutup generasi baru ini merupakan tantangan teknologi sejati, di setiap langkah desainnya. Setiap detail dipertimbangkan secara panjang lebar, termasuk: kualitas sensoris material, ketahanannya terhadap variasi panas, suara unik tutup stoples, bagaimana rasanya di tangan dan kedalaman botol. Hasil akhir satin matte yang diukir dengan double C yang ikonis.



    The Collection




    Rangkaian N°1 De Chanel terdiri dari Red Camellia Revitalizing Serum, Red Camellia Revitalizing Cream, Red Camellia Powder-to-Foam Cleanser, Red Camellia Revitalizing Lotion, Red Camellia Revitalizing Serum-In-Mist, Red Camellia Revitalizing Eye Cream, yang setiap produknya bekerja untuk bantu mencerahkan kulit dan melindunginya dari penuaan.



    Kulit bercahaya selalu menjadi tujuan utama dalam merias. Red Camellia Revitalizing Foundation diresapi dengan manfaat skincare yang bantu menghidrasi dan meratakan warna kulit, serta memperbaiki tampilan noda. Berkat red Camellia oil dan zat penghidrasi, foundation ini bantu mempertahankan tampilan bercahaya.



    Sedangkan Red Camellia Revitalizing Lip And Cheek Balm adalah multi-use balm yang bisa diaplikasikan pada bibir dan pipi untuk meningkatkan warna alaminya. Dengan non-oily formula yang langsung meresap ke kulit dan memberikan hidrasi instan serta hasil akhir yang berkilau


    Untuk produk wewangian, L'Eau Rouge Revitalizing Fragrance Mist dibuat oleh ahli parfum Olivier Polge dengan menggunakan Camellia water yang menyegarkan. Meskipun Camellia adalah bunga yang tidak memiliki aroma, parfum Olivier menggunakannya sebagai media untuk kabut wewangian ini. Produk wewangian ini menggabungkan rangkaian jasmine, orange blossom, rose and sparkling red fruit. Secara keseluruhan, aroma ini dirancang untuk memberikan rasa kesegaran yang bisa dipakai sendiri atau bisa kamu padukan dengan parfum lainnya.




    Seluruh koleksi N°1 De Chanel sudah tersedia di seluruh butik Chanel Fragrance and Beauty. Atau, bisa juga beli di: Chanel E-Concierge



    ( Astriana Gemiati / Image: Dok. Chanel, Dok. Instagram / Layout: Rhani Shakurani )