Better You

5 Makanan Agar Kulitmu Semakin Glowing

  by: Giovani Untari       20/1/2022
  • Selain menggunakan skincare agar kulit selalu terjaga dan sehat, kita juga tidak boleh melupakan fakta bahwa apa yang kita konsumi nyatanya ikut berpengaruh pada kondisi kulit. 

    Segala makanan nikmat yang kita konsumsi setiap harinya (hallo es kopi gula aren atau pizza) berpotensi mengandung banyak gula, tinggi lemak, dan rendah serat. Akhirnya makanan tersebut justru membuat kondisi kulit semakin buruk bahkan kusam meski kita telah menggunakan skincare terbaik sekalipun.




    Berikut Cosmo telah mencatat 5 makanan yang sebaiknya kamu konsumsi agar membantu kulitmu semakin glowing, dear:


    1. Alpukat

    Tambahkan buah satu ini ke dalam roti panggang dan voilaa.. alpukat tidak hanya membuat makananmu terlihat lebih Instagramable tetapi juga membuatnya semakin bernutrisi.


    Alpukat kaya akan kandungan vitamin E, antioksidan yang powerful untuk melindungi kulit dari efek buruk eksternal seperti polusi, penggunaan kosmetik, alkohol, dan makanan olahan. Alpukat juga tinggi kandungan lemak tak jenuh tunggal (yang merupakan jenis lemak baik) yang menjaga kandungan moisturizer di dalam kulit dan membuat kulit tetap lembut dan terhidrasi.


    Tak hanya ditambahkan ke dalam makanan atau smoothies, kamu juga bisa menggunakan alpukat sebagai bahan campuran masker wajah. Cukup hancurkan alpukat dan tambahkan satu sendok teh yogurt alami, lalu oleskan ke wajah sekitar 15 – 20 menit untuk mendapatkan wajah yang lebih halus. 



    2. Tomat

    Buah satu ini mengandung hingga 90% kadar air yang baik untuk menghidrasi kulit (tentu saja ini apa yang kita butuhkan setiap harinya!). Tomat pun kaya vitamin C di mana jumlahnya banyak ditemukan di lapisan kulit bagian atas. Vitamin C juga dibutuhkan untuk memproduksi kolagen untuk menjaga kulit tetap halus, kencang, dan plump.


    Warna merah gelap dalam buah tomat juga menandakan adanya kandungan likopen yang membantu menjaga kulit dari penuaan dini. Bukan penggemar tomat? Tenang, likopen juga bisa kamu temukan di buah jambu, pink grapefruit, semangka, dan pepaya.


    3. Minyak Kelapa

    Aplikasikan langsung pada kulitmu, babes! Minyak kelapa merupakan agen moisturizer terbaik dan mengandung manfaat sebagai anti bakteri dan anti jamur alami. Selain itu minyak kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai makeup remover dan lip balm. Tapi pastikan kamu selalu memilih minyak kelapa yang raw dan berasal dari organic virgin coconut oil yang bebas dari bahan tambahan apapun.

    Selain minyak kelapa yang memiliki manfaat fantastis bagi kesehatan kulit, segelas air kelapa juga bisa menambah asupan elektrolit dan menghidrasi tubuh dengan baik. Apabila kulit mengalami dehidrasi, kamu akan merasakan kulit kering, ketarik, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.


    Kembalikan kulit glowing kamu dengan mencoba resep smoothie berikut:

    1 cup air kelapa

    1/2 alpukat



    1/2 cup mangga 

    dan perasaan jeruk nipis.

    Blender semua bahan hingga halus.



    4. Pumpkin Seeds

    Pumpkin seeds merupakan salah satu bahan makanan yang bisa langsung membangkitkan energi saat dikonsumsi. Selain itu pumpkin seeds juga tinggi zinc dan mineral yang membantu meremajakan kulit dan membantu produksi kolagen dan pembaruan sel kulit. Bahan makanan satu ini juga mengandung selenium, anti oksidan yang membantu menjaga elastisitas yang membuat kulit tetap halus dan kenyal.

    Tambahkan tiga sendok pumpkin seeds ke salad atau sereal. Atau kamu juga bisa menjadikannya sebagai topping dari roti panggangmu.


    5. Ikan makarel

    List makanan untuk membuat kulit glowing tentu belum lengkap tanpa memasukkan minyak ikan di dalamnya. Lemak dari Omega-3 di dalam ikan makarel atau minyak ilan lainnya memegang peranan penting untuk kesehatan kulit.

    Kandungan minyak ikan membantu memperkuat sel kulit, menjaga asupan kadar air dan nutrisi di dalamnya, serta membuang racun keluar dari tubuh. Kurangnya kadar lemak baik dalam makanan dapat memicu sel kulit sulit untuk menyimpan air dan kehilangan kekenyalannya. Hal ini mengakibatkan kulit jadi kering dan kurang glowing. Lemak Omega-3 juga merupakan zat anti inflamasi dan membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Photo by ready made from Pexels, Tijana Drndarski from Pexels, KoolShooters from Pexels).