Better You

Menurut Ahli, Ini Alasan Mengapa Lagu Galau Bikin Perasaan Jadi Lega

  by: Nadhifa Arundati       20/1/2022
  • Ahh….Adele, atau yang cocok dijuluki dengan Queen of sad songs, telah merilis album terbarunya pada bulan November 2021 lalu—kembali memborbardir industri musik hingga masuk ke top charts! Dan kita semua pasti setuju kalau kesedihan yang Adele tuang dalam albumnya membantu kita untuk healing dari rasa patah hati karena putus hubungan, kehilangan seseorang, dan rasa sedih lainnya (the worst feeling ever!). Lalu seberapa sering sih kamu (atau sahabat terdekatmu) menjadikan lagu galau sebagai ‘pelipur lara’? Turns out, semua ini bisa terjawab melalui kacamata seorang ahli.

    Seorang Mental Health Coach, Aamish Dhingra, mengatakan “musik mampu membangkitkan beberapa emosi para pendengar. Kita semua pernah berada di fase hidup seperti ini: saat sedang sedih, kita memilih untuk menetap dalam perasaan pahit tersebut sembari mendengarkan lagu galau, dan setelah itu…boom, perasaan malah jadi semakin membaik. Musik melankolis justru dapat memicu kenangan positif, yang otomatis akan membangkitkan mood.”

    Menurut Aaamish, ini dia beberapa alasan mengapa lagu galau sangat menggugah untuk didengar.



    Menciptakan rasa empati

    To be clear, alasan seseorang mendengarkan lagu ialah: karena mereka merasa lagu tersebut memiliki relasi yang kuat terhadap kehidupannya, merasa kalau mereka tidak sendirian saat menghadapi beratnya hidup. “Musik melankolis memiliki kemampuan untuk mengendalikan rasa duka—atau secara garis besar, mampu mempersiapkan tubuhmu beradaptasi dengan situasi traumatis di masa lalu atau secara jangka panjang, yang pada akhirnya mengantarkan energi positif ke ruang emosional,” ucap Aamish.



    Memberi pengalaman baru yang menyenangkan

    Dengan mendengarkan musik, kamu bisa mengeluarkan neurotransmitter dari tubuh, atau dikenal dengan hormon dopamin, yang memegang kendali atas puncak emosi seseorang.

    Seseorang yang mengalami depresi cenderung memilih untuk mendengarkan musik melankolis, karena bagi mereka, hal tersebut mampu meredakan perasaan negatif, yesit can make them feel happy. Dengan kata lain, lagu galau merupakan jalan pintas untuk melepaskan rasa sakit dan kecewa dengan cara yang menyenangkan.


    Musik menjadi cara yang kreatif untuk meluapkan perasaan sedih

    Tampaknya lagu galau telah menjadi ‘imaginary friend’ yang didambakan oleh semua orang—karena tak pernah menghakimi kita di saat sedang merasa sedih. “Musik melankolis memang menggambarkan perasaan lonely dan sendu, namun kenyamanan dan perasaan lega juga turut kita rasakan setelah mendengar lantunan tersebut. Lagu galau seakan memberikanmu kekuasaan penuh untuk merasakan rasa sedih di saat kamu sedang merasa lepas kendali,” jelas Aamish.




    Mendukung sikap emosional in a healthy way.

    Obat mujarab saat sedang galau? Well, lagu galau adalah jawabannya—sekejap sikap emosional jadi lebih stabil. Menurut Aamish, mendengarkan lagu galau dapat menjadi metode detoks untuk membersihkan hal-hal negatif yang selama ini menetap di dalam pikiran, serta memfasilitasi penjalanan emosionalmu menuju keikhlasan. Just let it go…let it go!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh Penulis / Alih Bahasa: Nadhifa Arundati / Image: Dok.  Mariana Vusiatytska on Unsplash)