Love & Sex

6 Tanda Red Flags yang Harus Kamu Waspadai di Awal Hubungan

  by: Giovani Untari       21/1/2022
  • Toxic relationship bisa jadi salah satu istilah yang sering kali kita dengar saat ini. Meski istilah tersebut terkadang sulit untuk diketahui seperti apa arti pastinya. Apakah hubungan kita atau orang terdekat kita masuk ke dalam toxic relationship? Atau tidak ada yang salah dalam hubungan yang dijalani?


    Menurut psikolog, toxic relationship adalah hubungan yang tidak sehat sehingga membuatkamu atau pasanganmu atau bahkan kedua belah pihak mengalami luka secara mental atau fisik. 



    Sheelaa M Bajaj, penulis The Love Mirage, seorang life coach sekaligus ahli numerologi mengatakan bahwa ada alasan mengapa banyak sekali orang tidak tidak sadar bahwa mereka sedang terjebak di hubungan yang toksik karena "mereka hidup di lingkungan yang toksik dalam beberapa poin di hidup mereka. Banyak dari mereka yang juga akhirnya menoleransi bentuk kekerasan dalam hubungan karena melihat apa yang terjadi di sekitar mereka, bagaimana orangtua mereka memperlakukan satu sama lain, serta berdasarkan apa yang mereka lihat di TV ataupun film." 



    Sheela pun menjabarkan sejumlah red flags yang wajib kamu waspadai terutama apabila ini sudah terjadi di awal hubungan bersama si dia:


    1. Ia mencoba mengontrol kamu

    Mulai dari memberitahu bagaimana cara kamu harus bersikap, apa yang kamu lakukan dan gunakan, cara berbicara, dengan siapa kamu pergi, dan berbagai pola mengontrol lainnya.

    Di awal hubungan perilaku seperti ini mungkin akan terasa ia serius mencintai kamu dan bersikap posesif saja, tetapi ke depannya hal-hal tersebut bisa membuat hubungan kalian terganggu. Jadi lebih baik bersikap waspada dan mempertimbangkan dengan bijak apabila pasanganmu ada potensi bersikap seperti ini sejak awal hubungan.


    2. Memberikan terlalu banyak cinta

    Atau istilahnya ia melakukan love bombing. "Sosok tersebut membuat kamu gembira dengan memberikan begitu banyak perhatian, cinta, dan hal-hal romantis yang membuat kamu merasa diinginkan," ujar Sheelaa. Well..when something is too good to be true it probably is not true.


    3. Selalu mencoba mencari kesalahanmu

    Perhatikan apabila pasanganmu melakukan red flag satu ini. Awalnya si dia mungkin akan mengatakan betapa sempurnanya kamu, tetapi lama kelamaan ia akan mencari-cari kesalahan atas semua hal yang kamu lakukan. Akhirnya kamu pun mencoba untuk berubah mengikuti apa yang ia mau karena tidak ingin menciptakan konflik dengannya.




    4. Membuatmu jauh dari teman dan keluarga

    Kalau kamu merasa harus selalu meminta izin sebelum bertemu keluarga atau sahabat baikmu, pasanganmu sudah termasuk tipe yang posesif, dear!



    Ini adalah tanda ia ingin mengisolasi kamu dari orang lain supaya kamu tidak bisa 'keluar' dari hubungan kalian. Pasanganmu akan terus membuat kamu berada di bawah kendalinya.


    5. Bersikap seolah ia adalah korban

    Ia sering melakukan playing victim! Dalam toxic relationship, kamu akan menyadari bahwa pasangan akan selalu menyalahkan kamu sehingga kamu merasa bersalah atas hal yang mungkin bukan menjadi kesalahanmu. Pasangan yang toxic juga sering kali tidak ingin mengakui kesalahannya. Selain bersikap menjadi korban, pasanganmu juga bisa melakukan manipulasimu secara emosional. 



    6. Sulit menepati janji

    Saat kamu menegurnya melakukan hal yang tak seharusnya ia lakukan, ia selalu berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Tapi faktanya ia selalu melakukan kesalahan tersebut. Ini adalah tanda-tanda awal toxic relationship. Kamu harus bertindak sebelum semuanya terlambat. 




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. cottonbro from Pexels, MART PRODUCTION from Pexels, Polina Zimmerman from Pexels).