Celebrity

LUMINOUS Comeback dengan Single "All Eyes Down" & Album "Self n Ego"

  by: Alvin Yoga       19/1/2022
  • LUMINOUS, boy group arahan WIP Company yang baru saja debut pada 9 September 2021 lalu, siap comeback dengan mini-album kedua mereka yang bertajuk "Between Light and Darkness (Self n Ego)", besok, 20 Januari 2021. Meski baru empat bulan berselang sejak mereka debut, namun grup beranggotakan empat orang ini, yaitu Youngbin, Suil, Steven, dan Woobin, siap kembali menyapa para penggemar mereka dengan single terbaru "All Eyes Down".




    Dalam acara showcase eksklusif yang digelar secara daring pada hari ini, 19 Januari 2021, LUMINOUS tampil membawakan single "All Eyes Down" serta menjawab beberapa pertanyaan sehubungan dengan comeback mereka. "Saya merasa gugup dan bersemangat karena ini adalah showcase pertama kami. Kami telah mengerahkan banyak upaya untuk mini-album kedua ini, jadi nantikan, ya," ujar LUMINOUS dalam acara showcase tersebut. Untuk kamu yang penasaran, yuk, simak jawaban dari LUMINOUS selama sesi Q&A:

    Bolehkah kalian menjelaskan makna dan arah dari album ini, serta bagaimana album ini menunjukkan pandangan kalian terhadap dunia?

    Album ini menampilkan keprihatinan dan konflik batin antara diri kita sesungguhnya dan image yang kita ciptakan. Semisal, ketika memilih sesuatu, kita bertanya pada diri sendiri apakah ini merupakan sesuatu yang benar-benar kita inginkan sebagai "diri kita sendiri" atau apakah kita menginginkannya karena hal tersebut "diharapkan dari orang-orang di sekitar terhadap diri saya" atau karena kita berada di posisi tertentu.


    Pada akhirnya, kita jadi bertanya-tanya: Seperti apa diri "saya" yang sebenarnya? Dengan menanyakan hal-hal penting ini, kita berusaha untuk menangkap kebingungan dan kekhawatiran yang juga saya rasakan dalam proses menemukan jati diri di album tersebut, seperti "LUMINOUS", yang tersirat dalam judulnya "Between Light and Darkness."

    Dalam hubungannya terhadap bagaimana kami memandang dunia, album pertama kami menggambarkan "sisi muda" yang terus bergerak maju meskipun melalui banyak kesulitan dan rasa sakit, sedangkan di mini-album kedua ini kami lebih banyak berbicara mengenai "masa muda" yang mengembara untuk menemukan arah dan makna hidup yang dipilihnya.

    Kami mencoba untuk bersimpati dan menghibur para penggemar layaknya teman yang memiliki kesamaan masalah seperti kami dan juga orang-orang dari berbagai usia.


    Dalam album ini, Anda merujuk pada kekalutan antara "DIRI" seseorang yang sesungguhnya melawan "EGO" yang mereka tampilkan sebagai topeng, apakah LUMINOUS juga pernah merasa seperti ini sebelumnya?

    Tentu, ada "bagian kecil" dari kehidupan keseharian saya, semisal, ketika saya melihat diri saya setelah menggunakan riasan total, saya bertanya-tanya, "Apakah ini benar-benar diri saya?" atau "Apakah saya terlihat seperti diri saya sendiri ketika saya tidak menggunakan riasan?", juga "Seperti apa image yang perlu saya tampilkan sehingga saya bisa mendapatkan kepercayaan diri tanpa terombang-ambing?". Inilah yang saya pikirkan.

    Dan juga, "Impian saya saat ini hal yang benar-benar saya inginkan, bukan?" Saya juga sempat berpikir seperti itu. Saya yakin semua orang pasti pernah memiliki pemikiran yang sama, kan?


    (SUIL - LUMINOUS / Image: Dok. MJTONZ, BarunsonWIP Entertainment)


    Dalam teaser yang ditampilkan saya dapat melihat penampilan yang maskulin dan dewasa dari kalian semua, apakah ada sesuatu yang menjadi perhatian khusus saat kalian mempersiapkan albumnya?

    Sebagai tambahan, pertumbuhan internal kami tampaknya memiliki efek eksternal secara visual. Sejak debut tahun lalu, ada lebih banyak hal yang saya rasakan dan pikirkan saat ini, dan saya juga mendapatkan lebih banyak pengalaman dibanding sebelumnya. Ketika kami saling memandang anggota, suasananya terasa sedikit berubah dan kami menjadi lebih dewasa kini.


    Album ini mengusung penghiburan bagi para remaja yang kesepian dan kebingungan. Bagaimana cara LUMINOUS memberikan penghiburan? Dan, bolehkah Anda memberi tahu kami pesan apa yang ingin kalian sampaikan melalui album ini?

    Bicara mengenai cara LUMINOUS menghibur, saya pikir kata "simpati" menggambarkannya dengan sangat baik. Seperti, meminta seseorang mendengarkan cerita dan berkata, "Aku juga, itu juga sulit bagiku." Ada saat-saat di mana bersimpati dengan penggemar menjadi hal yang menenangkan, dan saya pikir lagu kami juga dapat memainkan peran itu.

    Kami ingin mendengarkan cerita dari penggemar kami, jadi kami berencana untuk berkomunikasi lebih sering. Baru-baru ini, kami memulai "V-LIVE Individual" dengan menyiapkan "tema komunikasi" untuk masing-masing anggota. Kami juga berharap dapat melakukannya di platform lain secara terjadwal.

    Dan bicara mengenai pesan yang ingin disampaikan...Semua orang khawatir tentang masa depannya, bahkan takut akan hal itu. Namun, saya ingin mengatakan mari bersikap berani dan menempuh jalan baru yang dipersiapkan. Karena kita masih muda, maka lebih baik jika menganggap semua yang kita alami merupakan sebuah proses untuk kita nikmati. Dan karena ini bukanlah "kesimpulan" yang bisa diubah, jadi yang ingin saya katakan adalah alangkah baiknya untuk hidup tanpa rasa takut, jangan mundur dari sebuah tantangan, dan nikmati pembelajaran itu.



    (WOO BIN - LUMINOUS / Image: Dok. MJTONZ, BarunsonWIP Entertainment)


    Dibandingkan dengan album sebelumnya, apa perbedaan yang bisa kita lihat? Seperti apa image yang ingin kalian tampilkan kepada penggemar melalui album ini?

    Album debut kami merupakan langkah awal dalam mempromosikan kehadiran kami kepada dunia. Musik dan semuanya disesuaikan untuk hal tersebut. Namun, mulai dari album ini, kami ingin menunjukkan kepada kalian spektrum musik LUMINOUS yang beragam. Ini jauh lebih membuat ketagihan dibandingkan album pertama dan ada lebih banyak pesan yang mendalam.



    Saat kamu mendengarnya, kamu akan lebih banyak berpikir dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan penting yang akan membuat kamu lebih penasaran dengan album selanjutnya.

    Kami harap kamu mendengarkan semua lagu di album LUMINOUS dan memikirkan pesannya bersama kami, layaknya kita sahabat yang tumbuh bersama.


    Banyak artis yang juga melakukan comeback, jadi mengapa album baru LUMINOUS perlu ikut mendapat perhatian? Bisakah kalian perkenalkan pesona unik LUMINOUS? Lalu, kalau Anda ingin memperkenalkan album tersebut kepada kami, seperti apakah album ini sebenarnya? Apakah ada hal baru yang ingin kalian tampilkan melalui album ini?

    Ada banyak lagu yang pop dan penuh warna. Namun, poin khusus dari musik kami adalah kamu tidak akan bosan, tak peduli berapa kali pun kamu mendengarnya, dan warna musiknya keren bahkan meski kamu tidak mengikuti musiknya...Haruskah saya katakan bahwa musiknya seperti "tanpa riasan”? Dan ketika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa mendapatkan penghiburan dari musik kami.

    Penampilan kami juga memiliki banyak elemen layaknya menoton sebuah pertunjukkan musikal, dan memiliki banyak poin yang adiktif untuk diikuti. Silakan nikmati, idola yang bisa kamu percayai dan memiliki banyak sisi yang berbeda.



    (STEVEN - LUMINOUS / Image: Dok. MJTONZ, BarunsonWIP Entertainment)


    Di bulan Oktober tahun lalu, kalian berhasil melakukan konser mini bertajuk "Youth: You and I." Karena itu merupakan fan meeting pertama kalian setelah debut, hal tersebut pasti sangat bermakna. Apakah kalian berencana menggelar acara untuk bertemu para penggemar lagi tahun ini?

    Bahkan saat ini, pertunjukkan untuk di dalam dan luar negeri sedang dipersiapkan. Meskipun ada banyak variabel yang tidak dapat diprediksi karena COVID-19, kami selalu ingin bertemu dengan kalian semua. Bahkan sekarang ini, jika ada kesempatan, kami siap untuk tampil kapan saja, di mana saja. Kami berharap COVID-19 akan segera berakhir dan kami memiliki kesempatan untuk bertemu dengan penggemar kami!


    Adakah target tertentu yang ingin kalian capai dengan album ini? Dan jika berhasil, apakah kalian memiliki hal spesial untuk para penggemar?

    Target kami terhadap album ini adalah berada di 50 besar pada chart tangga lagu. Dan dimulai dengan album ini, kami akan mempersiapkan tur dunia! Jika berhasil, hmm...janji kami adalah...para anggota akan berganti peran dalam menyanyi dan tampil di atas panggung. Mohon nantikan penampilan rap dari vocal line dan nada tinggi tiga tingkat dari para anggota rap!



    (YOUNG BIN - LUMINOUS / Image: Dok. MJTONZ, BarunsonWIP Entertainment)


    Mini-album kedua dari LUMINOUS, "Self n Ego" akan menampilkan lima lagu terbaru, yaitu "MASTRYOSHKA" yang lebih hiphop dengan suguhan rap yang konfrontatif dan dinamis, "Trouble" yang groovy dengan bass yang intens di bagian intro serta keseluruhan suasana yang dark dan dreamy, kemudian lagu pop ballad "Scintillation" dengan alunan trap yang trendi, dan "Want it More" yang merupakan lagu hiphop bergaya Arabian dengan instrumen yang penuh warna. Single utama mereka kali ini, “All eyes down”, merupakan title track bertema hiphop dengan bass trap yang kuat. Liriknya sendiri menggambarkan harapan, sambil mempertanyakan tentang "harapan palsu" yang tertanam dalam hati setiap orang.

    (LUMINOUS / Image: Dok. MJTONZ, BarunsonWIP Entertainment)


    Mini-album kedua "Self n Ego" akan rilis bersamaan dengan video musik "All Eyes Down" pada 20 Januari, pukul 6 sore waktu setempat, atau pukul 16.00 WIB. Jangan lupa saksikan, ya!


    (Alvin Yoga / Image: Dok. MJTONZ, BarunsonWIP Entertainment)