Lifestyle

Keren! H&M Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Pakaian Anak-Anak

  by: Nadhifa Arundati       22/1/2022
  • Bagaimana jika plastik bisa dijadikan material untuk fashion? Because yes, it happens! H&M bersama dengan Danone-AQUA telah meluncurkan dan membahas koleksi baru mereka yang bernama bottle2fashion dalam virtual event yang diselenggerakan pada tanggal 18 Januari lalu, bersama dengan  Dilakukan sebagai upaya untuk menanggulangi kondisi climate change – yang saat ini isu tersebut sudah cukup mendunia, dan fashion sering disebut-sebut sebagai industri yang memberikan dampak bagi perubahan iklim – maka dengan adanya kolaborasi ini, mampu  membuahkan harapan baru dan menjadi terobosan yang ‘seksi’ baik untuk lingkungan dan juga industri fashion, membuktikan bahwa sistem daur ulang plastik juga dapat menghasilkan kreasi eye-catching.


    Dengan mejadikan sampah botol plastik dari seluruh pulau di Indonesia menjadi poliester daur ulang, bahan berkelanjutan tersebut tentu bisa digunakan sebagai pakaian sehari-hari, dengan berbagai desain print dan warna yang energik. Proyek bottle2fashion ini memfokuskan pada koleksi pakaian anak-anak di H&M. They look cute and gorgeous, right!





    Kali ini, bottle2fashion mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 7,5 juta botol PET, lebih dari dua kali lipat jumlah dari tahun lalu (3,5 juta) dan koleksi pakaian anak tahun ini dibuat dari 663.869 botol PET.

    Well, proyek ini pun turut mendukung inisiatif pemerintah Indonesia melawan polusi laut sambil berkontribusi pada Sustainable Development Goals. Botol PET dikumpulkan dari seluruh pulau di Indonesia, kemudian disortir dan dibersihkan sebelum diparut menjadi serpihan untuk membuat serat poliester daur ulang.

    “Kami memainkan peran besar, dan kami ingin memimpin perubahan menuju masa depan fashion yang lebih berkelanjutan. Kita dapat dan kita harus menciptakan kolaborasi ini untuk mempercepat transformasi yang sangat penting bagi industri kita – bersama dengan merek lain, pemasok, dan pelanggan kita. Saya bangga dengan cara kami berkolaborasi dengan orang lain untuk menetapkan standar industri baru dan memungkinkan solusi inovatif — sangat menginspirasi bagaimana topik keberlanjutan dapat membuka pintu dan memotivasi orang untuk bekerja sama dan menjadi kreatif dengan cara yang sangat tidak tradisional,” sebut Karin Brinck, Sustainability Manager H&M Kidswear.



    Lalu Jeffri Ricardo, selaku Packaging Circularity Senior Manager Danone AQUA menambahkan, “Danone AQUA berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi seputar sampah plastik. Kami meluncurkan Gerakan #BijakBerplastik pada tahun 2018 dan menyadari bahwa kami dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, untuk membantu pemerintah Indonesia mengurangi 70% sampah ke laut pada tahun 2025, diperlukan upaya dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan. H&M memiliki visi yang sama, menjadi pemimpin dalam mendorong ekonomi yang lebih sirkular dan terbarukan – dan pada saat yang sama melakukan tindakan nyata untuk menghentikan sampah plastik mencapai lautan. Dengan proyek bottle2fashion, kami menunjukkan bahwa masa depan yang lebih berkelanjutan adalah mungkin, tidak hanya dari botol ke botol tetapi botol ke fashion, untuk menjadi bagian dari solusi.”

    Penasaran dengan koleksi bottle2fashion? Take it easy girls, kamu bisa mengunjungi dibeberapa gerai H&M terdekat yakni:

    • JABODETABEK: Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Gandaria City, Kota Kasablanka, Central Park Mall, Mall Kelapa Gading
    • Bandung: 23 Paskal Shopping Center
    • Surabaya: Tunjungan Plaza, Galaxy Mall Surabaya
    • Semarang: Pollux Mall Paragon Semarang
    • Yogyakarta: Hartono Mall
    • Medan: Centre Point Mall


    Less-plastic, less-worry!


    (Nadhifa Arundati / Image: Dok. PR)