Beauty

Intip 21 Ide Potongan Gaya Rambut Untuk Pemilik Rambut Tipis!

  by: Astriana Gemiati       24/1/2022
  • Rambut tipis dan rambut halus adalah istilah yang sering digunakan secara bergantian, tapi mari kita luruskan—mereka bukan hal yang sama. “Ketika mengacu pada rambut halus, yang sebenarnya kamu bicarakan adalah tekstur dan kepadatan setiap batang rambut,” jelas penata rambut Adam Federico. Dengan kata lain, mungkin saja memiliki rambut yang halus—tetapi banyak. Rambut tipis, di sisi lain, biasanya mengacu pada jumlah rambut yang kamu miliki di kepala. “Itu tidak menunjukkan tekstur, tetapi mengacu pada volume,” tambah Federico. Yang mengatakan, kamu dapat memiliki rambut tipis dan rambut halus, serta ada banyak tumpang tindih sejauh keinginan dan kebutuhan penataan, jadi jangan merasa kamu harus mengklik artikel ini jika kamu punya rambut halus.


    Untuk membantu kamu (dan, juga karena Cosmo sangat membutuhkan potongan baru untuk rambut saya yang tipis dan halus), Cosmo menghubungi ahli rambut untuk menyusun daftar potongan rambut terbaik untuk rambut tipis. Baca semua saran gaya mereka di bawah ini, diikuti dengan ide potongan rambut yang akan membuat rambut kamu terlihat lebih penuh dan tebal. 






    Meet The Experts

    Jamie Brice adalah penata rambut yang berbasis di NYC dan Amika Pro education.

    Leo Izquierdo adalah penata rambut dan salah satu pendiri IGK Hair Care, serta pemilik dari IGK Salons.

    Adam Federico adalah penata rambut, VP pengembangan teknis dan pendidikan untuk R+Co, serta direktur kreatif untuk Federico Beauty Institute.


    Bagaimana cara membuat rambut tipis terkesan lebih banyak volume?

    Jika kamu tidak menggunakan produk rambut bervolume, mari ubah itu. Seperti yang dijelaskan oleh penata rambut Jamie Brice, produk yang berat dan berminyak akan membebani rambut kamu, jadi kamu sebaiknya menggunakan produk yang berlawanan. Saat rambut dalam keadaan basah atau lembap, Federico merekomendasikan untuk mengoleskan mousse dari akar ke batang tengah rambut kamu atau thickening spray tepat di akar untuk membuat rambut mengembang. “Sikat, lalu keringkan dengan sikat bundar berventilasi untuk tubuh dan ketebalan yang fleksibel,” kata penata rambut Leo Izquierdo. Jika kamu ingin menambahkan sedikit volume saat rambut kamu kering, gunakan dry volume spray untuk bantu mengangkat atau texturizing spray untuk kepadatan. Tapi produk rambut hanya setengahnya. Bahkan alat dan tips penata rambut terbaik pun tidak akan bisa memberi hasil yang diinginkan jika kamu tidak memiliki potongan rambut yang tepat untuk memulai.


    Apa potongan rambut terbaik untuk rambut tipis?

    Untuk rambut yang tipis dan menipis, para ahli sepakat bahwa semua teknik lotta layers akan menghilangkan kepadatan keseluruhan dan membuat rambut akan tampak lebih tipis. Sebaliknya, Izquierdo menyarankan untuk meminta layering "tak terlihat" yang mulus dan dapat ditempatkan secara strategis di seluruh rambut untuk mendorong gerakan. Apa pun potongan dan gaya yang kamu pilih, potong dan bentuk rambut kamu secara teratur (Brice merekomendasikan setiap enam hingga 12 minggu, tergantung pada panjang rambut kamu) adalah suatu keharusan. “Kerusakan bisa menjadi tantangan umum bagi mereka yang memiliki rambut menipis, jadi menjaga ujung rambut lebih penuh dapat membuat perbedaan yang signifikan secara visual serta mendorong retensi dengan menjaga ujung rambut bercabang,” jelas Izquierdo.


    Butuh rekomendasi visual? Gulir untuk 21 ide potongan rambut, panjang, dan gaya rambut untuk menginspirasi potongan kamu berikutnya.

    1. A Blunt Cut

    Coba potongan blunt cut! Seperti yang dijelaskan Izquierdo, gaya ini menjaga sebagian besar beban di ujungnya, yang memberikan penampilan yang lebih tebal, lebih penuh, dan lebih sehat dibandingkan dengan tampilan yang sangat bertekstur yang menonjolkan kerusakan atau ketipisan di ujungnya. Gaya pin lurus atau coba tampilan yang lebih lembut dengan ujung membulat, seperti ini.


    2. An Asymmetrical Cut

    Brice mengatakan menjaga panjang kamu lebih pendek membantu menciptakan lebih banyak volume dan juga akan memberikan efek kepenuhan secara keseluruhan. Dan, kamu tahu apa lagi yang menciptakan kesan rambut bervolume? Potongan asimetris seperti ini dengan bagian samping yang dalam.


    3. A Classic Bob

    Untuk kepadatan maksimum, Federico merekomendasikan bob klasik dengan panjang yang sama. Ini adalah pilihan sempurna untuk potongan abadi yang tidak akan pernah kamu bosan, tidak seperti beberapa gaya rambut trendi.


    4. A Collarbone-Length Cut

    Bahkan jika kamu tidak ingin menjadi super pendek, Federico mengatakan mengenakan panjang setinggi tulang selangka atau mendekatinya akan memberikan ilusi kepadatan lebih di tepi bawah.


    5. A Graduated Bob

    Menurut Federico, bob terbalik atau bob klasik bertingkat membantu membangun sedikit kepenuhan melalui tepi bawah rambut dan mempertahankan berat melalui garis perimeter.


    6. A Few Layers at the Crown

    Jika kamu ingin mencoba potongan rambut layering, Federico menyarankan untuk mencoba sedikit lapisan di ubun-ubun kepala. Ini akan memberi kamu ketinggian ekstra di bagian atas sambil mempertahankan semua kepadatan di bagian bawah.


    7. A Pixie Cut

    Jika kamu ingin membuat rambut tampak lebih tebal tanpa harus menambah volume, pertimbangkan potongan pixie seperti ini. Mungkin diperlukan sentuhan salon untuk melakukan touch-up daripada biasanya, tetapi stylist mengatakan semakin banyak trim, semakin baik untuk ujung tipis kamu—tidak peduli panjang potongan rambut kamu.


    8. A Long Pixie Cut

    Hanya karena kamu memiliki potongan pixie tidak berarti kamu tidak dapat membangun volume. Pilih gaya pixie yang lebih panjang jika kamu menyukai tampilan yang lebih kusut dan bertekstur. Heat styling bisa sangat brutal pada rambut tipis, itulah sebabnya Brice menekankan pentingnya menggunakan heat protectant dan menggunakan suhu yang lebih rendah pada alat penata rambut kamu.


    9. An Air-Dried Blunt Cut

    Izquierdo setuju dengan seluruh hal tentang heat styling dan merekomendasikan pengeringan udara rambut kamu bila memungkinkan. Hairstylist dapat membantukamu menemukan potongan yang mengering dengan baik dengan tekstur alami kamu. Dan, setiap kali kamu mencuci rambut, pastikan untuk menggunakan sampo yang tepat untuk rambut tipis atau halus dengan formula lembut yang bantu menutrisi kulit kepala dan mempertahankan panjangnya.


    10. A Lightly Layered Cut for Curls

    Meskipun terlalu banyak layering dapat menipiskan ujungnya, beberapa layer juga dapat bantu memberikan sedikit gerakan dan peningkatan pada ikal yang tampak rata. Pastikan kamu menemui stylist yang sangat familiar dengan memotong rambut keriting sehingga kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.


    11. A Blunt Mid-Length Haircut

    Jika short blunt bob bukan untuk kamu, pilihlah dengan potongan panjang sedang. Menambahkan sedikit lekukan pada rambut dapat memberikan tekstur yang kamu inginkan tanpa banyak lapisan berombak.




    12. Face-Framing Layers

    Cara lain untuk mencoba layering jika kamu tidak menyukai blunt cut adalah dengan layering pembingkaian wajah dan poni. Izquierdo mengatakan poni sangat bagus untuk menonjolkan fitur wajah dan menciptakan lebih banyak tubuh sehingga rambut tidak menempel rata di wajah kamu dan dapat mengalir lebih bebas.


    13. A Little Layering and a Little Color

    “Jika kamu memiliki rambut tipis, kamu pasti ingin memastikan bahwa rambut diberikan cinta sebanyak mungkin,” kata Brice. Dengan kata lain, lebih banyak perawatan trim dan reparatif, dan lebih sedikit layanan kimia. Jika kamu memilih layanan pewarnaan, pastikan stylist kamu menggunakan teknologi bond-building, seperti Olaplex, agar tetap kuat dan sehat.


    14. A Voluminous Bob Haircut

    Seperti yang dijelaskan Izquierdo, rambut akan terasa lebih ringan dan lapang dengan tubuh dan gerakan, jadi jangan takut untuk potong rambut. Kamu mungkin terkejut betapa tebal dan penuh rambut kamu terlihat dan terasa dengan potongan rambut bob seperti ini.


    15. A Blunt Cut with Lightly Layered Ends

    Izquierdo mengatakan blunt cut dengan sedikit gerakan di ujungnya adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang memiliki rambut halus, jadi mintalah stylist kamu untuk memotong ujungnya sedikit dengan potongan seperti ini.


    16. A Bob with Bangs

    Dalam hal poni, Brice adalah penggemar berat poni untuk mereka yang memiliki rambut lebih tipis, tergantung pada bentuk wajah dan gaya pribadi kamu. Jika kamu selalu bermimpi mencoba poni dan bob, mengapa tidak mencoba keduanya?!


    17. A Side Part

    Jika bagian tengah membuat akar rambut kamu terlihat rata atau jarang, coba ganti bagian rambut. Setiap kali rambut terlihat terlalu nyaman, coba untuk mengubahnya dan menciptakan lebih banyak volume secara instan, jadi pertimbangkan untuk membuat perubahan serupa untuk potongan kamu berikutnya.


    18. A Short Curly Cut With a Side Part

    Untuk mempertahankan tampilan ikal yang sehat dan bouncy, perhatikan ujungnya. "Rambut tipis cenderung terlihat berserat ketika kehilangan bentuknya," kata Federico. “Jika kamu menjaganya tetap terawat, itu bisa terlihat lebih padat.”


    19. A Reshape

    Tidak tahu apa yang kamu inginkan? Mintalah bentuk shape-up. Pada janji temu, tak hanya lebih dari sekadar trim, tetapi biarkan stylist kamu melakukan apa pun yang dibutuhkan rambut agar terlihat penuh dan sehat kembali. “Klien cenderung ingin membiarkan rambut mereka tumbuh selama mungkin dan tidak memotong cukup panjang, tetapi pemotongan dan pembentukan ulang yang signifikan akan menghilangkan bobot mati, mempertahankan garis bobot yang lebih penuh di ujungnya, dan menambahkan gerakan kembali ke rambut,” Izquierdo menjelaskan.


    20. A Subtle Cut and Color

    Terkadang kamu tidak perlu melakukan banyak hal untuk membuat perbedaan besar, jadi jangan meremehkan potongan bob lurus dan warna yang sederhana. Menurut Federico, satu proses warna atau deposit warna dapat membantu membuat helaian rambut yang lemas terasa lebih padat.


    21. A Long Cut with Full Ends

    Jika kamu menyukai rambut panjang, tentu saja! Seseorang dengan rambut tipis benar-benar dapat menumbuhkan rambut mereka lebih lama, dan jika kamu memilih yang lebih panjang, konsistenlah dengan potongan rambutmu. Izquierdo mengatakan ini sangat penting untuk tetap berada di atas kerusakan atau ujung bercabang dan mempertahankan bentuk yang baik saat tumbuh.








    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram )