Beauty

Wajib Tahu! Apakah Rosemary Oil Dapat Tumbuhkan Rambut?

  by: Astriana Gemiati       25/1/2022
  • Tepat ketika Cosmo hampir menyerah pada harapan untuk memiliki rambut yang lebih panjang, lebih tebal, dan lebih penuh, Cosmo sempat mendengar beberapa kesaksian yang cukup meyakinkan tentang sesuatu yang disebut rosemary oil. Rumor mengatakan bahwa minyak esensial ini (alias ekstrak daun minyak rosemary, atau minyak daun rosmarinus officinalis, jika kamu melihat label bahan) konon dapat mencegah kerontokan rambut, mengurangi kerusakan dan ujung bercabang, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.


    Sebelum Cosmo mendapatkan harapan itu, Cosmo beralih ke para ahli untuk mencari tahu apa yang nyata dan apa yang fiksi. Di sini, Yoram Harth, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri MDhair yang baru diluncurkan, dan Gretchen Friese, trichologist bersertifikat BosleyMD, berbagi ilmu di balik penggunaan rosemary oil untuk pertumbuhan rambut dan apa yang perlu diketahui sebelum mencobanya sendiri.




    Apakah rosemary oil baik untuk pertumbuhan rambut?

    Rosemary (ya, seperti dalam ramuan pada kentang yang dimasak atau setangkai dalam koktail mewah kamu) adalah bagian dari keluarga ramuan aromatik yang juga mencakup kemangi, lavender, dan sage. Menurut Friese, minyak kualitas terbaik diperoleh dari pucuk tanaman berbunga, dan bahannya tidak hanya dikenal karena aromanya yang harum dan kegunaannya di dapur, tetapi juga karena sifatnya yang merangsang, menenangkan, dan menghilangkan rasa sakit.



    Untuk sedikit teknisnya, Dr. Harth menjelaskan bahwa bahan utama rosemary oil adalah -Pinene, 1,8-cineole, camphor, carnosic acid, dan borneol. “Senyawa alami ini terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, antijamur, antibakteri, antioksidan, dan analgesik—pengurang rasa sakit,” kata Dr. Harth.


    Berkat semua khasiatnya, rosemary oil telah digunakan selama berabad-abad untuk merangsang sirkulasi darah di kulit kepala, mencegah rambut rontok, memperlambat rambut beruban, dan membantu mengatasi kulit kepala kering dan berketombe, menurut Dr. Harth. Seolah-olah daftar manfaat itu tidak cukup mengesankan, Dr. Harth menambahkan bahwa mengoleskan minyak rosemary pada helai rambut bahkan dapat mengurangi kerusakan rambut dan ujung bercabang. Dan coba tebak? Itu punya bukti untuk mendukungnya.


    Dr Harth menyoroti satu studi pada tikus di mana ekstrak daun rosemary efektif dalam kerontokan rambut terkait DH. Baik Friese dan Dr. Harth menunjukkan penelitian lain yang membandingkan efek ekstrak minyak rosemary dan minoxidil pada orang dengan kerontokan rambut terkait androgen genetik dan menemukan kemanjuran yang serupa. “Studi itu juga menemukan minyak rosemary lebih efektif daripada minoxidil dalam mengurangi iritasi kulit kepala dan gatal-gatal,” catat Dr. Harth.


    Bisakah menggunakan rosemary oil untuk rambut rontok?

    Fries menunjukkan bahwa minyak rosemary tidak hanya berpotensi bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, tetapi juga terlihat menjanjikan untuk rambut rontok. “Minyak rosemary telah dibandingkan dengan minoxidil karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan bahkan mendorong pergantian sel, yang keduanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan membantu mencegah kerontokan rambut,” kata Friese. Dan berkat sifat anti-inflamasinya, Friese menambahkan bahwa itu berpotensi membantu mencegah berbagai bentuk alopecia dan kondisi rambut rontok lainnya juga.


    Bagaimana cara menggunakan rosemary oil untuk pertumbuhan rambut?

    Tergantung pada preferensi kamu, ada beberapa cara untuk menggunakan minyak rosemary untuk pertumbuhan kembali rambut —satu melibatkan pengenceran minyak esensial murni sendiri dan yang lainnya melibatkan menerapkan produk yang sudah mengandung minyak rosemary. Karena DIY bisa jadi rumit (Dr. Harth memperingatkan agar tidak menggunakan terlalu banyak, yang dapat menyebabkan iritasi, atau meneteskan minyak esensial ke mata), mungkin itu ide terbaik dan termudah untuk menggunakan produk yang sudah diformulasikan dengan rosemary oli dan ikuti petunjuk dari pabriknya.


    Bisakah mengoleskan rosemary oil langsung ke rambut?

    Karena minyak esensial dalam bentuk murni sangat terkonsentrasi, mereka dapat dengan mudah mengiritasi kulit kamu dan terkenal karena melakukannya. Itu sebabnya jika kamu memilih untuk menempuh rute DIY, baik Dr. Harth dan Friese merekomendasikan kamu untuk mengencerkan minyak rosemary terlebih dahulu dalam minyak pembawa, seperti minyak biji anggur atau minyak kelapa, atau dalam produk lain, seperti sampo, daripada mengoleskannya secara langsung ke rambut atau kulit kepala kamu.




    Menurut Dr. Harth, rasio pengenceran yang optimal adalah 15 tetes minyak rosemary untuk setiap enam sendok teh minyak pembawa kamu (olive oil, argan oil, dan jojoba oil juga merupakan pilihan yang bagus). Setelah tercampur, pijatkan ke kulit kepala dan biarkan selama 10 menit sebelum dicuci. Jika kamu memilih untuk mencampurkannya ke dalam sampo, Dr. Harth menyarankan untuk menambahkan dua hingga tiga tetes minyak rosemary ke dalam sampo kamu seukuran almond dan memijatnya ke kulit kepala setidaknya selama tiga menit sebelum membilasnya.


    Apakah aman menggunakan rosemary oil pada rambut setiap hari?

    Jika kamu menggunakan minyak rosemary yang diencerkan dalam minyak pembawa, Dr. Harth merekomendasikan untuk melakukannya beberapa kali seminggu. Friese mengatakan kamu dapat mengoleskan campuran tersebut hingga dua kali sehari, tetapi kamu harus sering mencuci rambut untuk memastikan minyak tidak menyumbat folikel.


    Produk yang mengandung ekstrak daun minyak rosemary, seperti serum perawatan kulit kepala, dapat digunakan setiap hari atau sesuai anjuran produsen, dan Dr. Harth bahkan menyarankan untuk membiarkannya di kulit kepala semalaman untuk hasil yang optimal.


    Kesimpulannya:

    Ternyata rumor rosemary oil itu mungkin ada benarnya. Tidak seperti kebanyakan obat penumbuh rambut, yang satu ini memiliki penelitian untuk mendukungnya. Tapi seperti kebanyakan obat penumbuh rambut, jangan mengharapkan hasil dalam semalam. Sehebat ramuan minyak rosemary untuk menenangkan peradangan, itu bukan koktail rambut ajaib — tapi hei, itu mungkin patut dicoba.





    ( Artikel ini disadur dari /www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: @freepik.com )