Lifestyle

9 Cara Menghadapi Mercury Retrograde

  by: Giovani Untari       28/1/2022
  • Oh no! Kamu diharuskan untuk menandatangani kontrak, pindah ke sebuah tempat baru, bahkan membeli sesuatu yang bernilai besar, memulai pekerjaan baru, atau resmi menjalin hubungan dengan your cutie boo saat periode Mercury Retrograde- di mana hal tersebut adalah sesuatu yang sebaiknya TIDAK kamu lakukan. Hold up,bb! You can stop screaming into the existential void.


    Seandainya kamu lupa, Mercury Retrograde adalah suatu fase di mana planet komunikasi melambat dan bergerak mundur di langit. Jadi bisa dibilang ini bukanlah waktu yang tepat untuk membuat sebuah keputusan penting atau memulai suatu bagian baru dalam hidup. Mercury Retrograde adalah waktu yang tepat untuk me-review, menghitung ulang, mengkalibrasi dan kembali ke masa lalu. 



    Tapi apabila kamu terlanjur mengambil risiko untuk memulai sesuai yang baru, ini dia sejumlah tips dari Cosmo yang bisa kamu andalkan untuk menghadapi momen-momen tricky saat ini. 

    Sebab yeah, kontrak kerja tidak akan menunggu sampai tiga minggu bukan?




    1. Review semua hal dengan teliti

    Katakanlah kamu harus menandatangani kontrak baru saat Mercury Retrograde dan kamu tidak bisa menundanya lagi. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan saat periode ini adalah menggunakan jasa ahli (seperti misalnya pengacara) untuk membantu me-review kontrak tersebut.

    Cara ini membantu untuk melihat poin-poin tersembunyi yang mungkin tidak kamu ketahui. Namun apabila kamu tidak memiliki seorang penasihat hukum, pastikan untuk membaca secara teliti kontrak tersebut sebanyak 3-4 kali atau meminta bantuan temanmu untuk ikut melihat isi kontrak tersebut. Cara ini juga berlaku pada situasi yang berbeda sekalipun. Jadi selalu berhati-hatilah dan lebih teliti lagi terutama apabila kamu juga akan melakukan sebuah perjalanan.


    2. Lakukan komunikasi secara lebih jelas 

    Banyak hal membingungkan terjadi selama Mercury Retrograde dan ini bisa membuat banyak orang jadi memiliki persepsi yang berbeda. Yang perlu kamu lakukan adalah mengambil langkah ekstra saat berkomunikasi dan menyampaikan sesuatu. Tujuannya agar pesan yang ingin kamu sampaikan bisa lebih jelas dan diterima dengan baik. 

    Kalau kamu memang harus berada dalam sebuah percakapan yang tricky seperti meminta agar atasanmu mengatur kembali beban pekerjaan kamu, cobalah untuk menulis apa saja poin-poin yang ingin disampaikan. Berlatihlah sebelum menyampaikan hal tersebut bersama temanmu-atau mencoba berbicara di depan kaca.


    3. Konfirmasi kembali semua rencanamu

    Sekali lagi cek ulang semua hal secara dua sampai tiga kali, baby! Mercury Retrograde kerap membatalkan banyak rencana yang sudah dibuat. Ketinggalan pesawat, lupa membalas pesan, tidak membaca email yang masuk sering kali terjadi saat masa ini.

    Rencana semua orang jadi mudah berubah dan kita juga mudah menemukan terjadinya kekacauan di banyak aspek kehidupan. So, saat kamu berencana melakukan traveling pastikan untuk mengecek kembali jadwal penerbangan atau pemberitahuan yang diberikan oleh pihak maskapai. Sehingga kamu tahu apabila seandainya terjadi pembatalan atau penundaan jam terbang. Adalah ide yang baik pula untuk memiliki asuransi perjalanan, dear!




    4. Belajarlah untuk lebih fleksibel

    Dalam hidup, terkadang kita juga harus tahu bahwa tak semua hal berjalan sesuai keinginan kita. Saat ada di situasi yang tidak sesuai dengan rencana, itu membuat kita mudah kesal. Tarik napas, chill out, dan go with the flow.

    Yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang lalu berusaha mencari jalan keluar atas masalah yang ada. Coffee shop favoritmu tutup selama seminggu? Waktunya untuk mencari alternatif kafe lain di sekitarmu. Siapa tahu kamu malah menemukan tempat baru yang seru!


    5. Hadapi dramanya

    Yes, of course! Mercury Retrograde jelas akan membawa kita pada sejumlah drama mulai dari skandal atau rahasia bahkan bisa berupa cerita dari masa lalu yang muncul kembali. Saat drama tersebut terjadi, ingatlah bahwa hal tersebut tidak akan sepenuhnya membuat hidup kamu seperti neraka.



    Faktanya, kamu bahkan tidak perlu repot berurusan dengan itu semua. Pikirkan bahwa Mercury Retrograde adalah sebuah kesempatan untuk menjadi orang yang lebih bijak, mengakui hal-hal yang mungkin tidak berhasil dalam hidup kita, dan bersikap lebih baik. Percaya pada Cosmo, cara ini akan lebih membantu kamu menghadapi periode Mercury Retrograde.


    6. Ikuti tantangan yang ada

    Tertawa bisa membantu saat hidup sedang terasa sulit di sekitar kamu. Cobalah terus mencoba bersikap positif agar kamu bisa melalui masa ini dengan lebih baik. Saat sesuatu buruk terjadi pada hidup, jangan ikut terbawa arus dan menjadi lemah. Mundur sebentar sembari memikirkan apa pelajaran yang bisa diambil dari semua ini, lalu tersenyumlah.

    Semesta akan membawa kamu pada suatu tempat yang lebih baik lagi, janji!


    7. Ketahui bahwa kamu berharga

    Okay darling, Mercury Retrograde bukan sebuah alasan untuk menjadi orang yang egois atau bersikap pesimis dalam hidup. Momen ini justru merupakan sebuah berkah tersendiri bagi semesta. Kamu hanya perlu untuk mencoba mengubah cara pandang dan mulai berpikir out of the box. Ya, terkadang banyak hal sulit terjadi pada periode ini. Tetapi Mercury Retrograde juga bisa hadir untuk membuat hidup ke arah yang lebih benar dan selaras untuk dijalani.




    8. Bersahabatlah dengan segala perubahan

    Well, mari saling bersikap jujur. Kita tidak selalu sukses menghindari efek negatif dari Mercury Retrograde. Jadi siapkan diri untuk mengikuti alurnya. Contohnya: katakanlah kamu harus memulai pekerjaan baru selama Mercury Retrograde. Ini bukan berarti kamu kehilangan pekerjaan lamamu karena kinerja yang buruk. Bisa jadi itu terjadi karena ada perubahan yang siap menanti hidup kamu ke depannya.

    Atau saat manager kamu resign setelah kamu mulai bergabung di pekerjaan barumu, dan kamu harus beradaptasi lagi dengan manager baru. Nevermind! Cukup lakukan yang terbaik, agar tempat kerjamu menghargai kamu adalah sosok yang berkomitmen pada pekerjaan dan siap menghadapi berbagai situasi yang ada.


    9. Nikmati juga fase yang lebih melambat dalam hidup

    Terakhir, kamu juga bisa mengubah Mercury Retrograde sebagai salah satu masa menyenangkan dalam hidup. Wild, right?

    Saat kamu harus menghadapi pekerjaan yang tidak diinginkan atau kamu tanpa sengaja bertemu kembali dengan teman lamamu yang menyebalkan, jangan berlari atau bersembunyi! Rileks, babes! Gunakan waktu ini untuk memanjakan diri sendiri. Ingat, semesta akan selalu berada di sisimu.




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok Tara Winstead from Pexels, Min An from Pexels, Marta Dzedyshko from Pexels, T from Pexels).