Better You

Bebas Sakit! Ini 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Setiap Hari

  by: Giovani Untari       31/1/2022
  • Sering kali kita berpikir bahwa menjaga kesehatan memerlukan effort yang besar. Padahal lewat kebiasaan sederhana sekalipun, apabila dilakukan secara konsisten dapat membawa perubahan yang besar bagi tubuh. 

    Tak perlu merasa pressure, babes! Ini dia 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan menjaga kesehatan setiap hari. Enjoy the 'hacks'!




    1. Minum jus hijau saat sarapan

    Yes, segelas jus atau smoothies hijau cukup untuk menjadi sarapan yang baik dikonsumsi. Kalau belum pernah mencobanya, kamu akan terkejut dengan rasanya yang lezat (seriously). Dengan campuran yang tepat seperti bayam, timun, seledri, air kelapa, dan anggur (ini menu favorit Cosmo!), kamu dijamin aka suka dengan menu jus ini.

    Selain rasanya enak, jus hijau tentu saja kaya manfaat bagi tubuh. "Minuman ini membuat tubuh lebih mudah menyerap vitamin, antioksidan, dan enzim. Jus hijau juga bermanfaat menambah tenaga dan pastinya menu sehat untuk memulai hari," ujar nutrisionis Naomi Mead.





    2. Hindari makanan "diet"

    Kamu mungkin sudah tahu akan hal ini, tapi jika belum ini dia faktanya: "Apabila Anda sedang berusaha menurunkan berat badan (atau bagi yang tidak), sebaiknya kamu tetap menghindari makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pemanis buatan. Zat tersebut dapat membuat tubuh selalu menginginkan gula," terang Naomi.


    "Selain tidak bernutrisi, jenis makanan tersebut juga tidak baik bagi program penurunan berat badan karena membuat kamu ingin makan lebih banyak produk gula," tambahnya. Saat ingin ngemil sesuatu, kamu bisa menggantinya dengan makan dark chocolate yang lebih sehat dibanding makanan berpengawet yang tidak baik bagi tubuhmu, dear~


    3. Makan lebih banyak lemak

    Here's the truth: mengonsumsi lemak tidak akan membuat tubuh ikut menyimpan lemak. Sebab sebenarnya lemak juga dibutuhkan tubuh untuk beberapa hal seperti: baik untuk kulit dan rambut serta membuat kamu lebih kenyang dibanding makronutrisi lainnya termasuk karbohidrat.


    "Mengonsumsi lemak baik dalam jumlah tertentu justru dapat meningkatkan metabolisme, mengenyangkan perut, dan penting untuk membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Di samping itu, setiap sel dalam tubuh membutuhkan lemak agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Lemak juga penting untuk memproduksi hormon." Phew! Jadi ini saatnya untuk bersahabat dengan lemak baik seperti minyak kelapa, alpukat, dan kacang-kacangan.






    4. Minum banyak air

    Ingat kembali bahwa urine kita sebaiknya berwarna kuning pucat sebagai tanda bahwa tubuh telah terhidrasi dengan baik. Apabila urinemu berwarna gelap, kamu mungkin sedang mengalami dehidrasi.

    "Air tidak hanya sekadar penting untuk mendukung kecantikan kulit dan pencernaan yang lancar. Dehidrasi dapat memicu banyak masalah tubuh seperti kelelahan. Usahakan untuk selalu terhidrasi agar tubuh tetap berenergi, tidak mudah lelah, dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik," tutur Naomi. Sang nutrisionis ini pun menyarankan agar kita minum paling tidak 2 liter air setiap harinya.


    5. Konsumsi multivitamin

    Kalau kamu sering mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi atau memiliki kebiasaan dan jadwal tidur buruk, multivitamin dengan kualitas yang baik jelas bisa kamu andalkan.  "Para multivitamin ini membantu tubuh tetap mendapat asupan nutrisi penting sehingga sistem imun tetap terjaga dan membuat energi tubuh terus meningkat," terang Naomi.



    Dan tahukah kamu, kalau ada beberapa kondisi tertentu yang membuat tubuh butuh lebih banyak mengonsumsi vitamin dan mineral? "Saat sedang dalam kondisi stres atau sakit, kebutuhan nutrisi juga ikut meningkat," ujar Naomi.

    Apabila kamu tidak tertarik mengonsumsi vitamin, suplemen yang berasal dari tanaman seperti spirulina, maca, dan baobab adalah cara terbaik yang bisa kamu pilih agar tetap mendapat nutrisi tinggi dari bahan alami.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Yan Krukov from Pexels, Toni Cuenca from Pexels, Lisa Fotios from Pexels, Anna Shvets from Pexels)