Better You

Jadilah Populer di Tempat Kerja!

  by: Redaksi       5/10/2011
  • Dear, apakah Anda kerap merasa diacuhkan di tempat kerja, atau bahkan seringkali menjadi kambing hitam saat terjadi permasalahan kantor? Well, mungkin sudah saatnya Anda pindah ke tempat kerja baru dan memulai semuanya kembali dari awal. Namun sesungguhnya ada lho caranya agar Anda menjadi pekerja yang disenangi oleh kolega. Bagaimana? Simak empat tip dari Nicholas Boothman, penulis How to Connect in Business in 90 Seconds or Less.

    Gunakan Bahasa Nonverbal Saat Berkomunikasi



    Komunikasi nonverbal adalah proses penyampaian pesan, di mana pesan tersebut disampaikan tidak hanya mengutamakan penggunaan kata-kata, tapi juga dibantu oleh gestur. “Perhatikan mata teman kerja untuk membantu kontak,” saran Nicholas Boothman. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan terlihat sebagai orang jujur. Selain itu, jangan lupa untuk tersenyum. Seseorang dengan wajah ramah akan lebih disukai dibanding orang yang memasang wajah tegang.

    Perkuat Ikatan Pertemanan

    Saat kolega Anda mengatakan bahwa dia hobi melakukan sesuatu, katakan bahwa Anda juga tertarik untuk melakukan hal yang sama. ”Seseorang akan lebih cepat terhubung dengan orang lain yang memiliki kesamaan,” jelas Boothman. Untuk itu, pada jam makan siang, sempatkan diri untuk bertanya kepada kolega dekat Anda tentang interest-nya. Dengan memiliki inisiatif terlebih dahulu, Anda akan lebih mudah untuk melakukan bonding.

    Tunjukkan Antusiasme Dalam Bekerja



    Lakukan follow-up berupa pertanyaan-pertanyaan setelah bos Anda selesai berbicara. ”Hal tersebut menunjukkan Anda turut merasa berkepentingan,” jelas Boothman. Dengan rajin bertanya mengenai masalah pekerjaan, kolega akan mengenali Anda dengan lebih baik. Namun, Anda harus menghindari bertanya mengenai hal-hal pribadi, karena terkadang hanya akan menyebabkan orang lain terganggu.

    Jangan Ragu Berikan Pujian

    Katakan kepada bos Anda bahwa Anda mengagumi hasil kerja dia yang sangat baik. “Pujian yang tulus memiliki efek dampak panjang,” tutur Boothman. Selain itu, rajin-rajinlah untuk memberikan pujian yang jujur kepada kolega yang berprestasi. Jangan lupa untuk menyebutkan namanya, karena dengan begitu mereka tahu bahwa Anda tidak hanya sekadar basa-basi saja. Kolega Anda pun akan lebih nyaman berteman dengan Anda, dan hasilnya sudah pasti Anda akan menjadi populer di tempat kerja. (Calvin Hidayat/ DI/ Images: Doc. Google)