Lifestyle

Festival Internasional OK Video yang Kelima Telah Dibuka!

  by: Redaksi       7/10/2011
  • Selama 30 hari, mulai tanggal 29 September hingga 29 Oktober 2011, bertempat di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jakarta International Video Festival yang ke-5 resmi dibuka. Acara bertajuk OK Video Festival ini diadakan dengan tujuan mengajak siapapun untuk sama-sama merefleksikan pemikiran: sejauh mana video dalam sifatnya yang organik, bersinggungan dengan aspek sosial, politik, hingga budaya kontemporer.

    Festival yang menghadirkan lebih dari 150 video dari 130 seniman dari 30 negara ini memilih tema DAGING (“Flesh”) sebagai tema utama. Video FLESH melihat “daging” sebagai metafora dari entitas biologis tubuh manusia yang berubah menjadi entitas digital berupa video(citraan, suara, teks) melalui perkembangan teknologi audiovisual. OK. Video FLESH hadir dengan menggunakan empat buah sudut pandang sebagai pendekatan yakni Face Dominated, [in]corporeal, Digital Viral, serta Surveillance & Self Portrait.

    Selain empat sesi pameran tersebut, juga diadakan kompetisi internasional yang membuka kesempatan bagi seniman, mahasiswa, dan masyarakat luas untuk mengirimkan karya videonya, yakni Video Out, untuk memperluas jaringan dan mempromosikan seniman-seniman muda. OK. Video yang digelar oleh organisasi seni Ruangrupa ini juga melibatkan galeri-galeri dan ruang-ruang alternatif di Jakarta. Selain itu, dalam rangka mengajak masyarakat yang lebih luas, OK. Video selalu mengadakan program-program acara untuk dinikmati oleh banyak orang dalam beberapa program publik. Untuk Anda yang berminat atas informasi lebih lanjut mengenai OK.Video Flesh, kunjungi website-nya di www.okvideofestival.org (Calvin Hidayat/DI/Gambar: dok. Google)