Better You

10 Rahasia Sukses yang Tak Diberitahu Si Bos Kepada Anda

  by: Redaksi       14/10/2011
  • Menuju kesuksesan memang menjadi impian semua orang. Namun ternyata, untuk menggapainya hanya sebagian kecil saja yang bisa. Well, kali ini Anda cukup beruntung lho, karena Cathie Black yang merupakan pemimpin Hearst International, publisher dari Cosmopolitan, membagikan tip dalam bukunya Basic Black: The Essential Guide for Getting Ahead at Work (and in Life). Ini merupakan tip-tip yang dapat mendongkrak karier Anda hingga puncak tertinggi. Simak ya ladies...

    1. Bermain Aman Dapat Berbalik Menyerang Anda

    Menghindari risiko tidak menjamin Anda tetap aman, tak jarang yang terjadi malah sebaliknya. Bertahan dalam zona nyaman dapat mencegah Anda untuk berkembang.



    2. Kegagalan = Kesuksesan

    Konsekuensi kegagalan sebenarnya tidak terlalu menyeramkan seperti yang dibayangkan. Tak jarang, justru kesuksesan datang setelah kegagalan dialami.


    3. Ambil Satu Langkah ke Depan

    Jangan ragu untuk lebih maju diandingkan kolega Anda. Cobalah untuk berinisiatif mengambil selangkah ke depan dari hal yang Anda harusnya lakukan.

    4. Bersikap Fleksibel

    Banyak hal interpersonal di kantor yang tidak bisa Anda kontrol. Yang bisa Anda lakukan adalah menerima hal yang tidak bisa Anda ubah itu dan belajar bekerjasama dengan hal tersebut.

     

    5. Jangan Ragu Bertanya

    Jika Anda merasa tak paham atau ingin mempertanyakan sebuah teori atau masalah, tentu bertanya adalah salah satu elemen penting menuju sukses. Saat Anda bertanya maka sebenarnya Anda sudah satu tahap untuk lebih memahami masalah tersebut.

    6. Jika Anda Pikir Tahu Jawabannya, Coba Cek Lagi



    Anda tidak pernah bisa benar-benar yakin saat Anda memberikan sesuatu, orang lain akan merasakan apa yang Anda inginkan. Lakukan riset mendalam terhadap hal yang Anda yakini sebelumnya.

    7. Terkadang Anda Harus Mengatur Bos

    Tidak ada cara yang lebih cepat untuk memberikan impresi baik kepada bos, selain memberikannya saran yang dapat membuat perusahaan dan dirinya menjadi lebih baik.

    8. Jangan Menjadi Mengejutkan

    Jika Anda punya berita buruk, katakan kepada bos. Jika punya berita baik, ceritakan kepadanya. Buatlah pekerjaan menjadi lebih mudah dengan tidak menyembunyikan apapun.

    9. Jadilah Sedikit Nakal

    Banyak sekali orang sukses yang mendobrak aturan-aturan yang ada. Jika Anda memiliki ide yang brilian, meski itu di luar pakem yang ada, jangan ragu untuk berani mewujudkannya.

    10. Penampilan Sangat Penting

    Cara Anda menunjukkan diri Anda, membuat perbedaan besar terhadap penilaian orang lain. Selain kemampuan, kepercayaan diri dan kecerdasan Anda dapat dicerminkan dari apa yang Anda kenakan dan pembawaan diri. (Calvin Hidayat/DI/Image: dok. Google)