Better You

Stop Bertengkar dengan Pasangan karena Masalah Finansial

  by: Redaksi       19/10/2011
  • Tak jarang uang menjadi sumber masalah yang membuat Anda bertengkar dengan pasangan. Maka dari itu, pandai mengelola keuangan menjadi salah satu faktor penting untuk membuat sebuah relationship berjalan sukses. “Seringkali hutang dan catatan kredit menjadi topik yang tabu dibicarakan dalam hubungan,” jelas Paul Lewis, Vice President dari CreditConfidential.com. Paul Lewis, Financial Journalist, memberikan tip untuk memecahkan beberapa masalah keuangan yang umumnya dialami oleh pasangan.

    Haruskah terbuka pada pasangan tentang hutang Anda?

    Terkadang Anda merasa dapat menangani semua masalah hutang sendiri. Padahal, hutang di kartu kredit Anda ternyata lebih banyak daripada uang yang ada di tabungan. Jika Anda ingin menjalin hubungan serius dengan pasangan, maka sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk terbuka tentang seberapa besar hutang yang Anda miliki. Menurut survei dari Credit Confidential, ternyata satu dari sepuluh wanita mempunyai kecenderungan untuk menyembunyikan hutang dari pasangannya. Padahal, komunikasi yang lancar adalah kunci dari keberhasilan sebuah hubungan. Dengan mengidentifikasi masalah utama dan merencanakan bersama jalan keluarnya, akan membuat jeratan hutang bisa diselesaikan dengan cepat.



    Cara menolong pasangan saat dia terjerat hutang?

    Sudah tentu Anda ingin melakukan berbagai cara untuk menolong pasangan. Namun ingat, jangan sampai Anda yang membayar seluruh hutang pasangan. Memang sih meminjamkan uang untuk orang yang Anda cintai sekilas terdengar seperti ide yang baik, namun dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai masalah, terutama jika ternyata nantinya Anda malah berpisah. Untuk itu, lebih baik jika Anda mendukung agar pasangan menolong dirinya sendiri agar keluar dari jeratan hutang. Jangan memberikan judgement terhadap perilaku buruk pasangan, namun cobalah untuk terus menerus memberikan support.



    Apa yang harus Anda lakukan sebelum memiliki tabungan bersama?

    Memiliki tabungan bersama merupakan sebuah keputusan besar dalam sebuah hubungan. Karena hal itu menyangkut komitmen bersama untuk menggapai mimpi besar di masa depan, misalnya menabung untuk membeli rumah. Mulailah dengan perlahan, jangan terburu-buru. Lakukan secara bertahap, pertama dengan menggabungkan sejumlah kecil uang untuk kebutuhan bersama seperti kencan, misalnya. Jika semua berjalan dengan baik, maka Anda dapat memulai maju ke tahap berikutnya. Segera setelah tabungan bersama dimiliki, pendapatan Anda akan terbatasi dengan perjanjian yang telah dibuat bersama. Aturlah agar kebiasaan berbelanja yang Anda miliki konsisten di jalur hemat (bukan boros!). Good luck, ladies! (Calvin/DI/Image: dok. Google)