Better You

5 Mitos Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

  by: Redaksi       20/10/2011
  • Banyak informasi kesehatan yang beredar di sekitar Anda saat ini, namun demikian ternyata tidak semuanya benar lho. Tak jarang mitos-mitos yang belum pasti kebenarannya itu dipercaya oleh masyarakat umum. Untuk itu, Cosmo  membuka fakta tentang 5 mitos kesehatan yang sering Anda dengar. Cari tahu di sini sekarang, ladies!

    Makanan Low-fat Membantu Anda Menjaga Berat Badan



    Anda tentu sering mendengar jenis makanan rendah lemak ditawarkan dalam berbagai produk. Well, jika Anda percaya bahwa mengonsumsi makanan tersebut tidak membuat gemuk, sehingga Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak, maka Anda salah. Gula dan karbohidrat juga mengandung kalori yang dapat menambah tumpukan lemak dalam tubuh. Selalu ingat ladies, bahwa makan dalam porsi berlebih selalu dapat menyebabkan kegemukan, termasuk makanan low-fat.

    Makan Setelah Pukul 18.00 Membuat Gemuk

    Makan di malam hari sering menjadi nightmare bagi banyak wanita. Padahal, beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa saat tertidur tubuh juga membakar kalori dengan ukuran yang sama saat Anda terbangun. So, tak perlu merasa guilty jika Anda makan di tengah malam, namun pastikan Anda tetap melakukan diet seimbang. Lebih baik mengonsumsi makanan sehat dalam porsi sedikit di malam hari, daripada ngemil snack tidak sehat sambil melakukan dvd marathon.

    Sayuran Mentah Lebih Baik



    Beredar kabar bahwa semakin lama Anda memasak makanan, semakin banyak nutrisi yang hilang. Sehingga memakan raw-food lebih baik daripada yang sudah dimasak. Beberapa selebriti seperti Uma Thurman pun melakukan hal ini dalam dietnya. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Misalnya wortel, yang saat dimasak ternyata mengeluarkan beta carotene yang merupakan anti-oksidan untuk melindungi kulit dalam jumlah tiga kali lipat dibandingkan saat dimakan mentah.

    Daging Putih Lebih Rendah Lemak

    Anda mungkin sering menganggap bahwa daging ayam lebih sehat, karena kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan daging sapi. Namun ternyata kandungannya saling mendekati lho. Daging sirloin untuk steak mengandung 5 gram lemak per 100 gram berat daging, sementara ayam juga bisa mencapai hingga 9 gram lemak per 100 gram. So, jangan tertipu, ladies.

    Karbohidrat Menyebabkan Kegemukan dengan Cepat

    Banyak wanita berusaha sebisa mungkin menghindari karbohidrat, karena menganggapnya sebagai sesuatu yang jahat. Padahal karbohidrat memiliki peranan penting karena dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Untuk itu, konsumsilah karbohidrat yang sehat seperti whole grain (makanan padi-padian yang kulitnya masih ada) yang dapat Anda temui dalam berbagai produk roti, pasta, dan sereal. (Calvin Hidayat/DI/Gambar : Dok.Google)