Better You

Kenali Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

  by: Redaksi       24/10/2011
  • Kanker payudara merupakan salah satu penyakit berbahaya yang paling ditakuti oleh wanita masa kini. Bagaimana tidak, menurut data yang ditemukan oleh WHO, ternyata sekitar 8-9% wanita berpotensi terkena kanker payudara! Scary, right? Penyebab utama dari kanker payudara sendiri sampai saat ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko yang perlu Anda ketahui...

    Faktor Keturunan

    Anda harus ekstra hati-hati jika ada salah satu anggota yang terkena kanker payudara. Why? Dalam salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Toronto, ternyata wanita dengan riwayat keluarga penderita kanker payudara berisiko empat kali lebih besar daripada wanita yang tidak lho. Jadi ada baiknya melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker, bila keluarga Anda memang memiliki riwayat penyakit ini.



    Faktor Usia

    Dari data yang dimiliki National Alliance of Breast Cancer Organizations, ditemukan bahwa 78% kanker payudara terjadi pada pasien yang berusia di atas usia 50 tahun dan hanya 6% pada pasien di bawah 40 tahun. Rata-rata usia pada saat ditemukan kanker adalah 62 tahun, karena wanita yang telah melewati periode menopause memiliki risiko terkena kanker payudara semakin besar.

    Faktor Hormon



    Berbagai pengaruh hormonal, baik karena pengaruh estrogen maupun androgen, dapat memperbesar risiko Anda terkena kanker payudara. Tanda-tandanya bisa Anda lihat seperti menstruasi lebih awal, menopause lebih lambat, atau kehamilan pertama di atas usia 30 tahun. Selain itu, sebaiknya Anda mengurangi pemakaian zat penambah hormon, seperti kontrasepsi hormon sintetik jangka atau pelumas buatan untuk Miss Cheerful yang kering.

    Faktor Gaya Hidup

    Lifestyle yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan kandungan pestisida yang tinggi, konsumsi alkohol dan lemak secara berlebihan, serta kurangnya aktivitas fisik dapat memperbesar risiko Anda terkena kanker payudara. So, tidak ada salahnya kan untuk memulai gaya hidup dari usia muda? Anda bisa memulainya dengan memiliki pola tidur yang cukup dan berkualitas untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. (Calvin Hidayat/SL/Gambar: Dok.Google)