Better You

Kesalahan Umum Saat Interview Kerja

  by: Redaksi       25/10/2011
  • Tahukah Anda, keputusan untuk menerima pegawai baru hanya butuh waktu kurang dari 15 menit. Scary? You betcha. Untuk  Human Resource Management, melakukan survei terhadap 500 orang recruiter untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang umumnya dilakukan oleh calon pekerja wanita.

    Terlalu Klise
    Banyak kalimat yang walaupun Anda benar-benar memaknainya, akan dianggap oleh 69% recruiter sebagai kalimat cliché yang tidak jujur, seperti mengatakan bahwa “Ini pekerjaan impian saya” atau “Saya berpikir outside of the box”. Sebagai gantinya coba untuk menjelaskan seberapa besar Anda bisa berguna bagi perusahaan.



    Menjelek-jelekkan Bos Lama

    Walaupun mungkin saja bos lama Anda merupakan yang terburuk di dunia, Anda tetap akan terlihat lebih buruk saat membuka semua keburukannya. Sembilan puluh lima persen recruiter bahkan setuju saat Anda mengatakan hal tersebut Anda akan dinilai tidak respek pada atasan, termasuk bos baru Anda nantinya.

    Meminta Jatah Cuti

    Cuti memang merupakan hak Anda, namun mengungkapkan kepada calon bos untuk meminta cuti supaya bisa berlibur bersama pasangan bukanlah ide yang baik. Enam-puluh sembilan persen recruiter setuju jika Anda meminta liburan untuk pekerjaan yang belum Anda miliki akan membuat penilaian Anda menjadi buruk.

    Anda terlihat Sexy
    Sembilan puluh lima persen recruiter mengaku bahwa berpakaian terlalu sexy dapat membuat Anda dicoret dari daftar pekerja potensial. Ya, Anda datang bukan sebagai model majalah dewasa, kan? Memang Anda tidak harus berdandan layaknya seorang geek, namun bukan berarti Anda bebas menunjukkan cleavage dan memakai rok mini ketat lho.

    Terlalu Santai



    Memiliki chemistry dengan calon bos memang sangat penting dalam sebuah interview, namun bukan berarti Anda bebas berbicara dengan mereka. Sebanyak 83% recruiter mengungkapkan kalau Anda menganggap interviewer sebagai seorang teman is a big no no! Anda akan dianggap tidak sopan.

    Berpakaian Tidak Rapi

    Walaupun kantor tempat Anda akan bekerja nantinya memiliki dress code yang bebas, 95% recruiter mengharapkan Anda datang dengan berpakaian formal saat interview. Gunakan rok hitam, kemeja, dan blazer jika Anda ingin dinilai sopan oleh interviewer.

    Tidak Mematikan Ponsel

    Dering dari panggilan masuk atau SMS dapat membuat peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan hilang begitu saja. Karena bukan saja dianggap tidak sopan, Anda juga akan dianggap tidak serius. Sebanyak 91% recruiter mengatakan mereka akan segera mencoret Anda jika Anda kedapatan melakukan hal ini.

    Terlambat

    Tak peduli apapun alasannya, 91 % recruiter mengatakan bahwa mereka yang datang terlambat saat interview akan langsung ditolak. Selain akan dianggap sebagai orang yang tidak disiplin, Anda juga akan dinilai sebagai orang yang tidak peduli dengan pekerjaan yang akan diterima. Pastikan selalu on time ladies...(Calvin Hidayat/SL/Gambar: Dok.Google)