Better You

Office Harmony

  by: Febrina       17/10/2012
  • Lamanya jalinan hubungan antar kolega bukanlah jaminan kalau semuanya akan berjalan dengan mulus. Kalau tidak peka, momen mengobrol santai saat istirahat kantor bisa jadi buyar lantaran terjadi miskomunikasi dengan kolega. So to avoid that, berikut beberapa tip dari Cosmo...

    Jadilah Pendengar yang Baik
    Saat kolega menyampaikan sesuatu, berusahalah untuk menjadi pendengar yang baik. Buat dia merasa dihargai dengan memperlihatkan bahwa Anda tulus ingin mendengarkan apa yang dia sampaikan. Kalau perlu, setelah dia selesai berbicara, sampaikan poin-poin yang sudah dia katakan tadi, agar dia tahu bahwa Anda sudah menyimaknya dan dia pun bisa melakukan koreksi jika ada yang terlewat.

    Jaga Attitude
    Sebelum memulai pembicaraan dengan kolega, Anda harus melepas ego terlebih dahulu, selanjutnya, hindari meremehkan atau mengkritik mereka. Pura-pura mendengarkan juga akan membuat kolega merasa tidak dihormati lho. Makanya terbukalah untuk apa saja yang mereka katakan, dan cobalah untuk lebih peka dan jujur dengan apa yang akan Anda katakan. Dan hindari kesan Anda ingin dia buru-buru menyelesaikan pembicaraannya!



    Body Language is a Must!
    Lakukan kontak mata dengan orang yang sedang Anda ajak bicara, ladies. Dan pastikan Anda tidak menyilangkan tangan selama proses itu berlangsung. Lebih baik lagi kalau Anda menyentuh lengan kolega selama percakapan, untuk menciptakan sinyal bahwa Anda merasa dekat dan bersimpati dengan apa yang dia katakan.



    Belajar Mengendalikan Emosi
    Meskipun Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan, tapi kalau Anda masih belum bisa mengendalikan emosi, semuanya akan terasa sia-sia. Bagaimanapun juga ekspresi marah yang tidak pada tempatnya akan merubah situasi menjadi lebih buruk. (Febrina/SL/Image:iStockphoto/ThinkStock)