Better You

Simple Steps to Solve a Problem

  by: Febrina       17/10/2012
  • Michael Dell, pendiri Dell Inc. pernah berujar, “Masalah sudah pasti muncul, yang utama adalah bagaimana kemampuan Anda untuk mengatasinya dan belajar dari masalah itu agar tidak terulang. Hal itu yang akan membuat Anda sukses.” Nah, lalu bagaimana caranya? Simak beberapa tip Cosmo untuk mengatasi masalah yang bisa Anda lakukan.

    Mencegah Selalu Lebih Baik
    Orang bilang, mengatasi masalah dengan berpikiran out of the box itu luar biasa. Tapi sesungguhnya mencegah terjadinya masalah akan jauh lebih cerdas. Tapi kalau masalah memang muncul juga, jangan panik. It's all about preparation, ladies. Persiapan Anda akan menentukan seberapa efektif Anda dalam mengatasi masalah yang timbul.

    Fokus pada Solusi, Bukan pada Masalahnya
    Tujuan Anda untuk menyelesaikan masalahnya kan, dan bukan untuk mencari tahu siapa yang salah? Jadi lupakanlah segala hal di luar masalah utamanya, termasuk mencari kambing hitam. Dengan memfokuskan diri, Anda bisa menjadi lebih kreatif dalam mencari solusi.



    Cari Sudut Pandang Baru
    Sebuah masalah pasti punya banyak sisi. Cobalah uraikan dari segala sisi dan melihat masalah tersebut dari sudut pandang yang berbeda. Voila! Solusi akan tampak dengan sendirinya.



    Jadikan Inspirasi
    Ingat ladies, selain fokus untuk menyelesaikan masalah, Anda juga harus menemukan inspirasi dan menarik pelajaran dari masalah tersebut supaya bisa diaplkasikan untuk masalah yang datang di kemudian hari. Always prepare yourself! (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/Thinkstock)