Better You

Trik Bangun Pagi—Tidak Susah Kok!

  by: RedaksiCosmopolitan       29/10/2012
  • Sebagai wanita karier yang dituntut untuk bekerja office hour tentu sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk bangun lebih pagi. Masalahnya... old habit die hard—walaupun sudah sadar dengan tanggung jawab itu, tidak jarang Anda tetap memilih untuk begadang hingga larut malam yang berakibat kesulitan untuk bangun di pagi harinya. Well, apapun alasannya, bangun pagi tentu lebih akan baik kan, dear. So, untuk membantu merubah siklus tidur Anda, berikut Cosmo berikan triknya.

    Tidurlah Jika Anda Lelah
    Saat tubuh Anda sudah mulai merasa lelah, segeralah rebahkan tubuh di tempat tidur.  Tak lama Anda pasti akan terlelap. Sebaliknya, jangan paksakan diri Anda untuk tidur saat belum lelah. Why? Selain akan menimbulkan perasaan frustrasi, waktu Anda pun akan terbuang sia-sia lantaran mata tetap terjaga.  So, tunggu saja sampai Anda lelah, lalu bangun pada waktu yang sama setiap hari, dan akhirnya siklus baru pun akan tercipta dengan sendirinya.

    The 90 Minute Rule
    Selama ini kita selalu mendengar bahwa jam tidur yang ideal adalah delapan jam sehari, tapi teori ini ternyata bertentangan dengan penelitian tentang tidur yang mengatakan bahwa siklus tidur yang baik itu sebenarnya setiap kelipatan dari 90 menit. Jika Anda penasaran dengan efeknya, tidak ada salahnya untuk mencobanya mulai nanti malam.



    Tanamkan Motivasi
    Sulit memang merubah kebiasaan yang sudah terbentuk sejak lama. Jadi, kalau dua trik sebelumnya belum berhasil, mungkin bisa mencoba trik ini: mulailah dengan memberikan pikiran Anda alasan-alasan yang baik untuk bangun lebih pagi di esok hari. Saat tahu bahwa alasan bangun lebih pagi adalah untuk menghadiri interview di perusahaan impian Anda selama ini, apakah Anda akan tetap menolak untuk tidak bangun pagi?



    Let The Light In
    Membiarkan tirai sedikit terbuka akan membantu Anda untuk bangun lebih pagi. Cahaya matahari pagi yang masuk ke dalam kamar akan memberikan isyarat alami kepada otak Anda bahwa sudah waktunya untuk bangun. Sebaliknya ketika gelap, tubuh akan merespon dengan memproduksi melatonin, hormon yang akan membantu meningkatkan kualitas tidur. (Febrina/VP/Image:iStockphoto/ThinkStock)