Better You

Ayah ASI: The Voices of Breastfeeding Support

  by: RedaksiCosmopolitan       8/10/2013
  • Harus diakui, proses menyusui bukan hal mudah dan penuh tantangan. Mulai dari ASI yang tidak lancar, payudara bengkak, hingga problema puting. Anda mungkin salah satu yang mengalami hal tersebut. Nah, peran pasangan sangat diperlukan untuk sama-sama berjuang memberikan ASI bagi Si Kecil seperti yang dilakukan oleh para Ayah ASI ini. Yuk simak obrolan santai Cosmo Pregnancy bersama mereka.

    Berawal dari Twitter

    Dua tahun belakangan ini, para moms ramai membicarakan munculnya twitter bernama @ID_AyahASI. Dengan bahasanya yang nyeleneh, para ayah ini berhasil menyedot perhatian new parents, sekaligus memberikan pesan mengenai pentingnya dukungan ayah terhadap ibu menyusui. Ayah ASI terdiri dari delapan orang dads yaitu, A. Rahmat Hidayat, Dipa Andika Nurprasetyo, Pandu Gunawan, Shafiq Pontoh, Aditia Sudarto, Ernest Prakasa, Syarief Hidayatullah, dan Sogi Indra Dhuaja. Beruntung, Cosmo Pregnancy dapat berbincang dengan enam orang  di antara mereka bersama istri masing-masing.
    Pertemuan mereka terjadi karena para dads ini rajin berbagi pengalaman tentang ASI melalui media twitter. “Kami dipertemukan oleh AIMI ASI untuk membantu salah satu program mereka karena kami kerap memberi twit tentang masalah ASI. Sejak saat itu kami terbentuk menjadi keluarga besar yang sepakat untuk berbagi pengalaman seputar ASI dengan khalayak dan menerbitkan sebuah buku berjudul Catatan Ayah ASI yang diikuti dengan aktivasi akun twitter bernama @ID_AyahASI,” cerita Pandu.



    We Are in This Together



    Sebenarnya, segala bentuk dukungan yang diberikan para Ayah ASI ini kepada istri dan anak-anaknya dilandasi oleh hal yang sederhana, yaitu kasih sayang dan kepedulian. “Kami berprinsip bahwa membangun sebuah keluarga adalah tugas kami berdua, bukan hanya salah satu pihak. Oleh karena itu, saya berusaha untuk selalu ada ketika istri membutuhkan dukungan saya dalam memberikan ASI,” ujar Adit.
    Begitu pula yang mereka lakukan saat memberikan info seputar ASI, “Kami tidak pernah memposisikan diri sebagai expert, kami hanya ingin berbagi informasi berdasarkan pengalaman kami sebagai seorang ayah,” tambahnya. Rencananya, Ayah ASI akan kembali menerbitkan buku yang juga melibatkan ayah ASI seluruh Indonesia yang bercerita mengenai tantangan mereka memperjuangkan ASI di daerah masing-masing. Tunggu ya, Moms. (Karmenita Ridwan/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)




    tags: asi, baby, dad