Better You

Supporter Sejati

  by: RedaksiCosmopolitan       10/10/2013
  • Benarkah menyusui hanya urusan para wanita? Tentu saja tidak Moms, karena setiap ibu menyusui perlu dukungan penuh dari lingkungannya. Dan support terbesar yang paling diharapkan tentu dari pasangan.

    Anda tentu sependapat, banyak faktor penentu keberhasilan maupun kegagalan dalam memberikan ASI eksklusif pada Si Kecil. Untuk itu, para dads yang tergabung di akun twitter  @ID_AyahASI ini melakukan segala cara agar anak-anak mereka mendapatkan yang terbaik. Sejak awal memang delapan dads ini sudah memiliki komitmen untuk memberikan ASI kepada anak-anak mereka kelak. Beberapa Ayah ASI pun berbagi cerita mengenai perjuangan saat memberikan ASI.

    “Sejak awal saya memang sudah mempelajari tentang pentingnya ASI bagi anak. Sebelum menemukan rumah sakit yang mendukung penuh IMD (Inisiasi Menyusui Dini), kami sempat berkonsultasi di rumah sakit yang salah. Perjuangan belum selesai, setelah istri melahirkan kami masih harus menghadapi keluarga yang pro susu formula, juga bayi kami yang berat badannya kurang ideal. Tetapi semua rintangan berhasil kami lewati. Kami juga membagi tugas, mengganti popok sudah pasti menjadi tugas saya.” ujar Dipa.
    Lain halnya dengan Pandu, bayinya sempat didiagnosa kuning dan istrinya harus dioperasi setelah melahirkan akibat adanya pendarahan, tetapi pasangan ini tetap bisa memberikan ASI eksklusif bagi Si Kecil Jaseena. Perjuangan Rahmat cukup berat karena bayinya lahir prematur dan produksi ASI istri tidak cukup. “Istri saya sangat sedih karena tidak bisa memberikan cukup ASI. Namun, kami tidak menyerah dan terus berusaha selalu berpikir positif. Akhirnya kami menghubungi konselor laktasi untuk mempelajari breastfeeding basics dan posisi menyusui. Selanjutnya, menyusui jadi semakin mudah.”

    Sementara Syarief semula sama sekali tidak paham mengenai segala hal yang berkaitan dengan ASI. Berkat kesabaran istrinya, perlahan ia pun mengerti dan ikut mendukung penuh proses pemberian ASI, termasuk memasak sendiri MPASI untuk anak-anaknya. Dad Sogi mengalami hal yang cukup mendebarkan. Setelah sempat memberikan anak pertamanya ASI dari donor, pasangan ini mendapatkan calon bayi lagi. Beruntung, kali ini ASI Sang Istri sangat lancar, hingga kedua anaknya sama-sama menyusui. (Karmenita Ridwan/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)







    tags: asi, baby, dad