Better You

Keputihan, Atasi Segera!

  by: Redaksi       11/10/2013
  • Keputihan berbau lebih tak sedap, disertai rasa nyeri saat buang air kecil, dan gatal di sekitar area Miss Cheerful pasti membuat Anda tak nyaman. Yuk, Cosmo bantu cari solusi sehat untuk masalah kewanitaan yang satu ini.

    Minimal Dua Kali
    Menjaga kebersihan organ intim tidak hanya membersihkannya dengan segala bantuan sabun pembersih. Mengganti pakaian dalam terutama undies minimal dua kali sehari juga dapat membantu menjaga kesehatan Miss Cheerful. Sebab menggunakan pakaian lembap dan basah terutama pada pakaian dalam akan menjadi tempat berkembangnya beberapa mikroba merugikan seperti bakteri, jamur, atau virus yang dapat membuat infeksi vagina.

    Pantyliner
    Selalu cek pembalut jika sedang haid, karena menggunakan pembalut yang begitu lama akan memicu pertumbuhan bakteri yang merugikan dan dapat menginfeksi vagina. Penggunaan pantyliner juga tidak dianjurkan setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama. Gunakan saja saat keputihan terlalu banyak terjadi dan jangan pilih yang beraroma karena dapat menyebabkan iritasi.



    Vagina Toilet
    Vagina toilet merupakan metode membersihkan vagina secara mandiri atau dilakukan sendiri. Cara ini merupakan salah satu metode utama dalam membantu usaha pencegahan kanker leher rahim atau serviks pada wanita. Dengan cara mencuci Miss Cheerful hingga ke liangnya serta serviks dan sekitarnya tentu akan meningkatkan kesehatan reproduksi dan akan mencegah risiko infeksi yang dapat memicu kanker leher rahim atau serviks.



    Daun Sirih
    Tanaman satu ini memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur yang dapat membantu mencegah infeksi organ kewanitaan akibat cairan keputihan. Anda cukup menyiapkan 10 lembar daun sirih segar kemudian direbus hingga mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih sebagai asupan rutin untuk diminum dua sampai tiga kali seminggu. Atau salah satu cara lain dengan menggunakan air rebusan untuk mencuci organ kewanitaan setelah buang air kecil atau sekedar membersihkannya. (Muhtar Rais/VP/Image: iStock/Thinkstock)