Career

HOW TO WORK, LIVE, & LOOK BETTER!

  by: Redaksi       16/10/2013
  • Cosmo mengompilasi lima aturan sederhana untuk meningkatkan produktivitas Anda, tak hanya di tempat kerja, tapi di manapun dan apapun yang Anda lakukan!

    1. Tulis. Biasakan untuk menulis segala ide dan gagasan yang ada di kepala Anda. Ide yang dituliskan akan berubah menjadi rencana, sehingga membuat Anda lebih dekat pada aktualisasi. Mulailah dengan hal sederhana seperti apa yang akan Anda lakukan esok hari (to-do lists) saat tiba di kantor, dengan urutan yang bisa disesuaikan dengan prioritas masing-masing. Charles Darwin dan Ludwig Van Beethoven merupakan nama-nama besar yang tak pernah lupa menuliskan perencanaan mereka pada jurnal harian mereka.    

    2. Bangun Pagi. Tak hanya saat bos meminta Anda untuk menghadiri rapat penting di pagi hari, tapi setiap hari! Jadikan ini sebuah kebiasaan. Selain Anda punya waktu lebih banyak menyelesaikan semua perencanaan yang telah ditulis pada malam sebelumnya, kebiasaan ini lama-kelamaan akan membuat Anda mengetahui lebih baik (dan memperbaiki) ritme kerja. Baiknya lagi, mereka yang terbiasa bangun lebih pagi terbukti punya konsentrasi yang lebih tajam, terutama saat menganalisis alternatif kala akan mengambil keputusan.



    3. Sarapan. Bukan sekadar asal sarapan dengan menu apapun yang kebetulan ada di depan kantor Anda, tapi sarapan yang punya kandungan gizi dan nutrisi mumpuni. Tuna sandwich, omelet, atau bubur ayam, bisa jadi pilihan asupan di pagi hari.        



    4. Fokus. Tak semua yang Anda inginkan sekarang harus dilakukan sekarang! Mulai biasakan diri untuk disiplin pada apa yang penting. Godaan membuka situs jejaring sosial tentu sangat besar kala Anda tiba di pagi hari. Namun alih-alih melihat komentar dan outfit of the day di Path, waktu tersebut bisa Anda alokasikan untuk menyortir dan membalas e-mail dari klien atau atasan. Fokus adalah kunci untuk manajemen waktu yang baik.

    5. Presentasi Diri. Salah satu kolega Anda yang kinerjanya dinilai paling biasa saja kerap diminta menemani si bos meeting penting? Sebelum Anda mencabut bulu mata palsunya karena sebal, mari petik sisi positifnya. Oke, dia punya look yang representatif. Plus, dia pandai bersosialisasi. Pelajari hal tersebut dan jadikan itu sebagai kekuatan tambahan. Anda tak pernah tahu kesempatan apa yang menanti di kantor atau di manapun. Untuk itu, pastikan diri selalu siap, baik secara gagasan maupun “visual”. Hindari segala rupa bau yang tidak berasal dari pasta gigi atau botol parfum! Hindari juga sikap arogan, pemarah, dan terlalu pemalu. Ingat, Anda adalah cerminan perusahaan. (Ruben William/FT/Image: iStock/Thinkstock)