Better You

Perhatikan Kuku Sebagai Alat Cek Kesehatan

  by: Adya Azka       16/10/2013
  • Kuku cantik milik Anda  kini memiliki manfaat lain. Perubahan kecil yang terdapat di sekitarnya ternyata dapat menjadi tanda sebuah penyakit. Cek kesehatan Anda dengan panduan yang Cosmo berikan berikut ini.

    Kuku Berwarna
    Mendeteksi penyakit melalui perubahan warna kuku sangat sering dilakukan. Jika kuku Anda berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap kemungkinan ada yang tidak beres dengan organ hati Anda, misalnya Anda mengidap hepatitis. Jika kuku Anda terlihat pucat, penyakit serius seperti jantung, anemia, dan gizi buruk bisa jadi sedang mengintai Anda.

    Bentuk kuku
    Bentuk kuku setiap orang memang berbeda. Namun, bentuk kuku yang cukup aneh juga dapat menjadi salah satu tanda Anda mengidap suatu penyakit lho. Jika kuku Anda bengkak, kemungkinan ada gejala Anda mengidap penyakit lupus atau gangguan jaringan ikat. Sementara jika kuku Anda retak dan biasanya berwarna kuning, bisa jadi Anda memiliki masalah pada kelenjar tiroid.





    Menggigit kuku
    Siapa di antara Anda yang suka menggigit kuku? Selain karena kebiasaan, menggigit kuku juga ternyata dapat menjadi tanda Anda mengidap gangguan obsesif kompulsif. Terlebih jika Anda menggigit kuku saat dilanda rasa cemas yang berlebih. Jika memang kebiasaan ini sulit dihentikan, hmmm sudah saatnya Anda menghubungi dokter pribadi. (Adhia Azka / VP / Image:  thinkstock)

    tags: kuku, kesehatan, cek