Career

Agar Tak Tergantung pada Gaji Bulanan

  by: Redaksi       29/10/2013
  • Apakah Anda sering mengeluh karena uang di rekening sudah menipis di tanggal tua? Cosmo mengerti bahwa mengelola pendapatan memang tidak semudah membicarakannya. Alhasil belum sampai separuh bulan,  gaji yang tersisa sudah menipis.

    Untuk mencegah hal ini dan urusan mengelola keuangan berjalan lancar, Anda perlu membuat strategi. Berikut Cosmo berikan beberapa alternatif agar pemasukan Anda tidak tergantung hanya dari gaji bulanan.



    • Investasikan sebagian uang yang dimiliki ke dalam instrument keuangan yang memberikan penghasilan rutin, contohnya deposito.
    • Jika pendapatan Anda sebenarnya cukup berlebih dibanding pengeluaran, berinvestasilah di sebuah bisnis, seperti bisnis kuliner, garmen, atau bisnis lain yang sesuai dengan minat Anda. Dengan begitu setiap bulannya Anda bisa mendapatkan pemasukan dari omset. Jika Anda masih ingin bekerja di kantor yang sekarang, Anda dapat membayar orang lain untuk menjalankan bisnis sampingan ini, asal tetap dalam pengawasan ya.
    • Memanfaatkan harta yang dimiliki menjadi harta aktif. Contohnya, bila Anda memiliki sebidang tanah yang menganggur, tidak ada salahnya mencari investor yang berminat membuat usaha indekos. Anda dapat tentukan bagaimana mengambil keuntungannya.
    • Terakhir, seberapapun banyak pengeluaran Anda, usahakan untuk tetap menyisihkan pendapatan rutin untuk keperluan tabungan dan investasi masa depan. Anda tak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan kan, dear. Jadi tak ada salahnya menyiapkan dana cadangan untuk keperluan tak terduga. (Alde Anais/VP/Image: iStock/Thinkstock)