Better You

Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anda

  by: Redaksi       29/10/2013
  • Bingung melihat bagaimana seseorang bisa terlihat sangat lancar berbicara di depan orang banyak? Tenang saja, Anda juga bisa, kok! Pelajari saja beberapa tip dari Cosmo berikut ini.

    Utarakan Dengan Langsung
    Sekarang waktunya Anda menyampaikan maksud pembicaraan secara langsung tanpa perlu bertele-tele. Mulai dengan garis besar fokus yang ingin Anda sampaikan, lalu beri penjelasan detail dan fakta secukupnya. Kemudian tutup dengan kalimat yang kuat. Rahasianya, selalu sampaikan hal-hal yang terpenting di awal dan akhir percakapan Anda, sebab dua bagian itulah yang akan lebih diingat oleh lawan bicara.

    Penyataan Bukan Pertanyaan
    Larangan keras untuk Anda saat mengakhiri sebuah percakapan dengan pertanyaan seperti, “Bagaimana menurut Anda?” Rapatkan bibir Anda jika ingin masih saja ingin mengucapkannya. Daripada memberikan pertanyaan, lebih baik Anda melemparkan pernyataan seperti, “Saya tertarik untuk menunggu respon Anda.” Dengan membuat pernyataan Anda akan mengontrol percakapan dan terdengar lebih percaya diri.



    Bicaralah Dengan Jelas
    “Jadi sebenarnya, ummms, rencana kami, uuhs... seperti ummms...” Inilah masalah yang akan membuat Anda terlihat tidak yakin dengan apa yang Anda bicarakan sendiri. Parahnya, bagi klien penting yang Anda temui, semua itu akan terlihat kekanak-kanakan dan menyebalkan.



    Diam dan Tunggu
    Diam itu emas! Pepatah satu ini bisa Anda gunakan terlebih saat sedang bernegosiasi bisnis. Gunakan jeda untuk berdiam diri setelah Anda menyampaikan semua hal, lalu tunggu respon dari lawan bicara. Seseorang yang selalu menyela pembicaraan dan berniat menguasai pembicaraan adalah mereka yang akan kehilangan banyak hal. Good luck! (Muhtar Rais/FT/Image: iStock/Thinkstock)